5 Cara Menumbuhkan Usaha Kecil Hingga Mencapai Kesuksesan

ilustrasi menumbuhkan usaha kecil hingga sukses

Sipendik.com – Anda punya rencana untuk memulai usaha kecil? Anda memerlukan langkah-langkah praktis untuk memulai sebuah usaha. Kali ini sipendik akan membagikan 5 tips menumbuhkan usaha kecil anda hingga mencapai kesuksean.

Anda tentunya tahu dengan Bill gates ataupun mark Zuckenberg, dua orang pengusaha kaya raya yang masuk top 10 orang terkaya di dunia. Pastinya anda akan tergiur dengan kesuksesannya membangun usaha. Namun sadarkah anda, mereka pastinya memulai sebuah usaha dari kecil juga. Hingga akhirnya mereka tak menduga bakal mencapai kesuksesan seperti sekarang.

Berikut ini 5 tips untuk memulai sebuah usaha kecil ;

1. Anda Harus Lebih Realistis
Ketika anda membuat sebuah model bisnis, cobalah perhatikan sekeliling dan lihat contoh sukses model bisnis yang akan anda kehendaki kemudian pelajari. Jika Anda tidak menemukan model bisnis yang anda kehendaki mungkin saja anda tidak akan pernah sukses di dunia nyata.

2. Hindari Investasi Menggunakan Uang Pribadi.
Sebagian besar kegiatan bisnis rawan akan resiko. Sebaiknya Anda mencari partner, jika bisnis Anda berjalan tidak sesuai dengan rencana, Anda tidak akan bangkrut karena dana awal tadi dan pastinya tidak akan dikejar hutang.

3. Pekerjakan diri sendiri.
Apabila anda tidak berkeinginan untuk bekerja keras, lembur sepanjang waktu, kehilangan sebagian waktu untuk keluarga, maka wirausaha tidak untuk anda. Awal mula memulai usaha pastinya Anda tidak mampu membayar karyawan, walaupun itu karyawan murah. So, Anda sendirilah yang akan berperan sebagai karyawan.

4. Hargailah Waktu.
Hargai waktu Anda dengan memberikan nilai uang, misal Rp. 20.000 per jam. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengambil sebuah keputusan. Apabila sebuah toko mematok biaya Rp. 10.000 untuk pengiriman tiap minggu, dan Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk datang ke toko itu sendiri, maka terus ongkos pengiriman dari perusahaan tersebut, karena jadi lebih murah. Sebenarnya ini bertentangan dengan aturan ketiga, akan tetapi budak sekalipun memiliki sebuah nilai ekonomi.

5. Lakukan Perekrutan Karyawan Dengan Cara yang Baik
Berapapun ukuran usaha yang Anda punyai, Pada akhirnya membutuhkan karyawan baru dari luar. Maka dari itu, ketika Anda melakukan proses perekrutan karyawan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Perlakukan poin ini sepenting saat Anda akan memulai sebuah usaha. Akan sangat disayangkan jika visi yang dibangun pemilik usaha terhambat oleh rekrutmen karyawan yang salah, hingga visi tersebut tidak tercapai.

Begitulah artikel sipendik tentang 5 Cara Menumbuhkan Usaha Kecil Hingga Mencapai Kesuksesan. Lakukan dengan kerja keras hingga visi yang ada bangun tercapai. Selamat Berwirausaha..