Mohammad Baedowy

Bisnis Daur Ulang Sampah , Pria ini Untung Miliaran Rupiah

Sipendik.com – Pada kesempatan kali ini, sipendik tidak akan mengulas trik maupun tips berbisnis namun akan membagikan sebuah profil pengusaha sukses yang bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang sedang memulai usaha. Judul artikel yang kami ulas yaitu Bisnis Daur Ulang Sampah , Pria ini Untung Miliaran Rupiah.

Sebagian orang menilai sampah hanyalah barang bekas yang tak ternilai, mungkin bisa dikatakan bernilai walaupun dihargai dengan nilai yang rendah. Namun siapa sangka dari hasil kerja keras serta ketekunannya, Muhammad Baedowy mengolah limbah-limbah plastik, membuat jaringan kemitraan kemudian mengekspor produknya. Hasil miliaran rupiah pun didapat dari hasil bisnis ini.
Ketika kita membeli sebuah produk, tentunya kita akan segera membuangnya jika produk tersebut sudah habis isinya. Kemasannya kita buang begitu saja, jarang sekali orang memikirkan bagaimana barang tersebut jika dimanfaatkan. Padahal, apabila kita melihat dari kacamata wirausaha kemasan tersebut bisa menjadi lahan bisnis dan punya peluang besar untuk dikembangkan.

Jika Anda ingin melihat bagaimana bisnis daur ulang sampah ini beroperasi, lokasinya berada di Jl. Raya Cimuning Kec. Mustika Jaya, Bekasi. Puluhan karung berukuran jumbo berisi barang-barang bekas berjejer di pinggiran kanan kiri jalan raya. Walaupun banyak tumpukan sampah, namun tidak tercium adanya bau yang menyengat.

Mohammad Baedowy (40 tahun) hampir 13 tahun menggeluti bisnis daur ulang sampah plastik di bawah label C.V Majestic Buana. Dalam setahun saja uang miliaran rupiah bisa ia kantongi dari bisnis pengolahan sampah yang diekspor ke China ini.

Sudah hampir 13 tahun Mohammad Baedowy (40) berkecimpung “mengurusi” limbah plastik di bawah bendera CV Majestic Buana. Dalam setahun, miliaran rupiah bisa dikantongi dari bisnis yang produknya sudah diekspor ke Cina ini.

Resign Jadi Pegawai, Mencoba Peruntungan Berwirausaha

Kesuksesan Baedowy bukanlah tanpa proses yang panjang, Pria kelahiran kota Balikpapan ini memutuskan untuk resign dari pegawai lantaran terjadi krisis ekonomi yang melanda Tanah Air, pada tahun 1998 yang lalu. Selain itu dia ingin mendapatkan kemampuan finansial yang tidak terbatas, serta bisa membantu orang lain dalam menyediakan lapangan kerja.

Salah satu mantan auditor bank terkemuka di Royal Bank of Scotland ini sempat juga mencoba peruntungan usaha menjadi penjual jangkrik hingga cacing. Akan tetapi banyak kegagalan yang ditemui dan ia tidak memperoleh keuntungan dari bisnisnya itu. Hingga akhirnya, ia pun memutuskan untuk memulai usaha yang memiliki resiko yang minim.
Sebenarnya inspirasi mengenai bisnis daur ulang sampah ia peroleh ketika melihat aktivitas pemulung mengumpulkan sampah. Tanpa malu ia ikut mengumpulkan sampah-sampah botol plastik. Botol-botol plastik tersebut dipilh-pilah berdasarkan warna serta jenisnya kemudian dicacah lalu dijual. Aktivitas tersebut ia jalani tiap hari.

“Saya aktivitas pemulung, dari situlah saya kemudian mempunyai ide untuk membuka usaha daur ulang sampah. Apabila dibandingkan usaha makanan kalau tidak laku kan bisa basi. Usaha buah-buahan kalo gak laku ya busuk, kalo beternak sih resikonya bisa mati. Nah, kalau sampah kan gak ada resikonya, ” ujar dia.

Baedowy ketika awal merisntis bisnis, ia memakai mesin buatan pabrik, dan kemudian hasilnya ia kirimkan ke seorang rekanan untuk memenuhi permintaan ekspornya. Tidal lama kemudian, usaha di bawah c.v Majestic Buana yang ia dirikan terpaksa harus terhenti dikarenakan terdapat kerusakan pada mesin produksi. Papan plakat “Pabrik dijual” terpaksa ia pasang.

Namun berkat dukungan dan semangat istrinya Ajeng Ririn Sari , Ia berhasil untuk bangkit dari keterpurukan. Hanya dengan waktu satu tahun, lulusan sarjana ekonomi ini akhirnya berhasil membuat mesin pencacah walaupun tidak punya keahlian di bidang teknik.Ia pun kembali memulai usaha daur ulang sampah dengan memilah-milah botol plastik berdasarkan jenis dan warnanya, lalu dicacahnya. Hasil dari serpihan-serpihan botol plastik yang dicacah kemudian dikeringkan

Peraih penghargaan Dji Sam Soe Awards tahun 2009 ini mendesain mesin yang bisa berputar dengan kecepatan yang tinggi hampir mirip dengan mesin cuci. Sesudah serpihan plastik dikeringkan kemudian masuk kembali ke dalam oven, barulah kemudian siap untuk dijual.
Di China produk Baedowy digunakan sebagai bahan baku untu membuat benang polyester. Bahan pembuatannya diperoleh dari limbah botol plastik minuman dengan jenis PET (polyethylene terephthalate). Sedangkan untuk sampah plastik gelas minuman berjenis PP (polypropylene) dipakai sebagai bahan dasar pembuatan tali rafia.

Selain untuk memenuhi permintaan ekspor, dia juga menciptakan produk daur ulang sendiri. Botol-botol plastik oli dia daur ulang menjadi lokop sapu.
“Ternyata Firman Tuhan itu benar. Di balik sebuah kesulitan pasti ada kemudahan. Dari situlah, saya kemudian bisa memproduksi sendiri banyak mesin,” ujarnya.

serpihan plastik botol - sumber:marketing.co.id
serpihan plastik botol – sumber:marketing.co.id

Membentuk Jaringan Mitra Usaha

Keberhasilan finansial Baedowy apabila kita hitung di atas kertas nilainya begitu menggiurkan. Dengan mesin ciptaanya, ia bisa memperoleh hasil olahan sebesar tiga ton per hari. Dalam kurun waktu sebulan, pemenang Industri Hijau Tingkat Nasional 2009 itu bisa meraup hingga miliaran rupiah dalam satu tahun.

Seperti tidak mau sukses sendiri, dia mengakomodasi permintaan masyarakat yang ingin sukses seperti dirinya. Jaringan mitra kerja yang dia bentuk telah menyebar dari Aceh hingga Papua.
Kepada mitra nya, peraih penghargaan Soegeng Sarjadi Award on Good Governance 2010 ini menjual tiga macam bentuk penggiling. Harga tiap mesinnya berkisar antara Rp33 juta sampai Rp47 juta. Hingga kini, ada lebih dari 100 mitra yang dia miliki.
“Siapa pun yang ingin usaha seperti saya, saya siap berbagi ilmu. Ilmu-ilmunya akan saya berikan semua. Mulai dari bangunan, pelatihan kerja, dan untuk hasilnya wajib saya beli. Saya dapat pastikan ada buy back guarantee,” janji Baedowy dengan suara lantangnya.

Membagi 90% Keuntungan Untuk Karyawan

Berhasil menjadi seorang pengusaha sukses, bagi Baedowy tak bisa dilakukan seorang diri. Ia berpendapat, keberhasilan bisa diperoleh karena peran serta para karyawannya.
Peraih Penghargaan Kalpataru 2010 ini berjanji, tepat pada tahun 2018 akan membagi rata hasil 90% keuntungan yang ia peroleh dari pabrik untuk semua karyawan, untuk minimal masa kerja 5 tahun. Dengan cara inilah ia berharap bisa terus mensejahterakan karyawan, dan mencipatkan manajemen keuangan perusahaan yang lebih transparan.

Karena kemahirannya, BBC Indonesia sering menggaet Baedowy untuk memberikan  pelatihan-pelatihan wirausaha di seluruh Indonesia. Peraih piagam Indonesia ASEAN Young Green Soldier Award 2011 ini juga  mempunyai satu prinsip hidup. Ia percaya, apabila seseorang mengerjakan sesuatu dengan penuh ketekunan, hal kecil pun bisa mendatangkan peluang yang besar.
“Janganlah kamu ingin cepat bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang besar. Karena pekerjaan tersebut jarang kamu temui. Yang sering kamu temui yaitu pekerjaan-pekerjaan yang kecil. Bagaimana kamu dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan besar jika sesuatu yang kecil saja kamu tidak latih. Sekecil apa pun itu suatu pekerjaan, itu semua datangnya dari Tuhan. Lakukanlah secara ikhlas dan dengan kesungguhan,” pesannya.

Demikian lah ulasan tentang profil pengusaha sukses Bisnis Daur Ulang Sampah , Pria ini Untung Miliaran Rupiah, semoga bisa menambah semangat dan inspirasi bagi Anda yang memulai sebuah usaha. Salam sukses..

Disadur dari Majalah Marketing

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Online di Media Sosial

86 thoughts on “Bisnis Daur Ulang Sampah , Pria ini Untung Miliaran Rupiah”

    1. Ass pak Baedowy apa sy bs belajar ttg bgmn cara mengolah smph plastik dr Bpk dan menjadi mitra bpk? tks sblmnya cp sy 082130555035…mhn dgn sangat jawabnya tks

  1. Saya sangat antusias dengan usaha limbah plastik ini. Kalau saya ingin belajar dan mendalami usaha ini. Apa saya boleh belajar dari mas? Kalau memang diizinkan saya siap belajar. Karna saya pribadi tidak suka melihat sampah yang menumpuk dan brantakan

    1. assalamu ‘alakum wr.wb.
      semoga mas Baedowy selalu dalam lindungan alloh swt, amin..
      mas, klo mau bermitra gimana caraya? sya berminat……..
      mohon replaynya via email saya ini, dan No HP mas Baedowy..
      mksh, sya tunggu.
      wass.

  2. Sebenarnya saya tertarik juga dg bisnis ini.Yg saya pingin tahu berapa keuntungan bersih per kg, dan berapa lama mesin bisa dipakai.

    1. Sebaiknya sebelum Anda menjalin mitra kerja, analisa terlebih dahulu mitra kerja Anda kemudian apakah sudah sesuai dengan potensi yang Anda miliki. Tidak hanya itu saja, utamakan seberasa besar passion Anda pada bidang yang mau Anda geluti.
      Terima kasih sudah berkunjung. Salam

      1. Salam kenal dari kami, saya danu dari purwokerto. Dan sekarang ini saya sedang menjalani program bank sampah di kampung saya. Apakah saya dapat menjadi mitra dan dapat bekerja sama dalam pengelolaan dan pemanfaatan limbah tersebut.
        berikut kontak dan email saya : [email protected] | 085 842 530 005,
        harapan saya mendapatkan respon dari bapak. Terima kasih

  3. Saya kebetulan sedang merintis usaha yang sama, saya memerlukan tambahan mesin daur ulang, bagaimana cara saya menghubungi beliau ini??

  4. Gimana caranya pak saya bisa belajar dengan bapak,saya juga sangat berminat sekali dengan usaha ini,sekarang saya sudah mengumpulkan barang bekas,tpi saya bingung dimana saya harus menjual,saya dari bangka belitung

  5. makasi inspiasi bapak saya sangat berminat menjalin kerjasama ama bapak, mohon no kontakx… (agus balikpapan)

  6. Mt mlm pa.. Sy ibu imelda dr manado.. Sy sngat trmotivasi dgn perjalanan karir bapa.. Sy sdh sekitar 10 thn mmbeli limbah plastik di seputara tpa sumompo manado.
    Sehari limbah yg bisa sy kumpulkan paling kurang 1000 kg lbh nya sampai 2,5 ton. Sdh trmasuk pet, hd, pp, emberan dll..
    Juga besi, almenium tembaga, kuningan, acu juga..tapi semua barang yg sy belih, tdk sy pilah, karena sy tdk tau mmbdakan jenis2 plstik yg ada. Dan sy juga tdk mmpunyai mesin utk memotong. Shinggah brang yg sy beli, sebagaimana sy beli, setiap hari lngsung d angkut ke gudang yg ada mesin potong nya..
    Sy px keinginan, klau Tuhan brkrhendak, ingin mmbuka usaha ini sendiri pa.. Tapi terus terang, sy tdk pnya modal lbh utk mmbeli barang klo sampai berpuluh2 ton..
    Tapi sy yakin suatu saat nnt sy bisa dan pasti bisa!!!
    Yg mnjdi pertanyaan sy,,
    Klo sy sdh bisa buka usaha sy sendiri, dan sdh bisa mengim barang / kontener, bisa kah sy msukan barang sampah plastik yg sdh di pilih, dan d pitong2 ke pabrik bapa??
    Kemudian, klo bisa tolong bp kirim daftar harga semua jenis plastik limbah daur ulang ke sy, spya sy sdh bisa mulai belajar utk mngkalkulasi berapa harga yg harus sy beli, dan mmbyar karyawan.. Mohon info x ya pa.. Sblm dan ssdh nya sy ucapkan byk2 trima kasih, n Gbu n fmly..

  7. Malam pak.sya tertarik sekali dengan usaha yang bapak jalani.karena sudah lama saya pengen wira usaha sendiri.budi.senayan

  8. m arfan meliala

    Pak saya mau usaha daur ulang plastik, saya tinggal di pekan baru yg sy tanyakan jenis platik apa aja yg bisa di daur ulang dan yg laku utk di jual krn saya blm begitu tau jenis plastik dan kemana akan sy jual krn sy blm tau utk menjualnya tolong sy di bantu kmn saya akan jual plastik daur ulang yg saya kelolah.tks

  9. Terimah kasih inspirasi nya pak.saya berminat untuk membuka usaha ini.tlg bimbingan n kerja sama nya.
    terima kasih..

  10. Saya berniat untuk.usaha sendiri dan risegn dari perusahaan.saya tertarik dengan usaha yg bapak tekunin.mohon bimbingannya.trm ksh

  11. Semangat pagi,, target awal penghasilan saya 2jt per bulan…. mohon bimbingan pak…. saya msh awam tentang plastik…. saya ingin serius memulai, mudah mudahan menjadi pintu rezeki saya.. amin.. inbox please!

  12. Persyaratan menjadi mitra gimana pak ? untuk lebih jelasnya saya bisa menghubungi kemanak pak? Mitra bpk di jogja dan saja? Saya anas di jogja… matur sembah nuwun

  13. Saya berminat untuk menjalin kemitraan dengan bapak. Bagaimana caranya pak? Mohon konfirmasinya karena saya lihat di tempat saya belum ada yg memanfaatkan bisnis limbah botol plastik ini. Terimakasih

  14. Assalamu alaikum
    Saya mahasiswa Teknik Industri semester 6 di semarang, saya mulai tertarik dengan pengolahan sampah saat mendapat tugas survey industri wktu smester 4 kmrin. Yg saya dapatkan disana hanya pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos. Dari situ saya sangat tertarik dengan bisnis pengolahan sampah baik organik dan anorganik. Insyaallah kedepan saya ingin sekali membuka bisnis pengolahan sampah seperti bapak. Saya ingin belajar langsung dari bapak bagaimana cara memulai, memilah bisnis sampah hingga bisa meraih keuntungan seperti bapak. Mungkin disini bisa share alamat usaha bapak dan kontak bapak. Matur suwun.

  15. Salam sukses gan, numpang coment ya.
    Mohon info jika ada yg jual limbah bekas botol air mineral / pet / bodong info ya, saya sedang mencari atau membutuhkan pet dalam jumlah banyak.
    Khusus wilayah bekasi, tambun, cibitung, cikarang dan jakarta.
    Saya hanya membeli botol bekas air mineral saja, di tunggu ya.
    Call / sms 0856 9115 7140

  16. Saya mencari botol bekas air mineral atau PET dalam jumlah banyak dan kontinew, lokasi saya di bekasi.
    Saya beli dalam jumlah banyak khusus botol bekas air mineral, mohon info jika ada yg mah jual.

    Call / sms 0856 9115 7140 sandy

    1. Saat ini saya membuka usaha daur ulang plastik, gudang dan gilingan berlokasi di bekasi.
      Saya giling khusus PET, saya menjual hasil gilingan saya, di cari pembeli yg dapat membeli secara rutin.
      Call / sms 0856 9115 7140

  17. Sri Wulan Ningrat

    Kami sedang mencari mitra usaha pengelolaan limbah di bandara soekarno hatta. Tolong hubungi kami atau kasih kami alamat dan nomor telp yang jelas untuk dapat kami hubungi segera. Krn waktu nya mendesak. Ini no hape saya 085314687200/ 087782832427. Email [email protected] PIN bb 7fa4474d

  18. sayatertarik sekali mohon informasinya kemanda dan dimana saya bisa mendapatkan mesin pengolah dan penghancur plastik tersebut dan kemana saya bisa menjual limbah plastik yang sudah dihaluskan

  19. nelson jayadinata

    Hallo mas M. Baedowy. setelah saya baca artikel tentang mas, saya jadi tertarik dengan usaha daur ulang plastik ini . Mohon petunjuknya bagaimana menjadi mitra usaha anda. terima kasih.

  20. Salam sukses mas baedowy..saya sangat tertarik dengan bisnis ini..bagaimana caranya untuk bisa menjadi mitra anda,tks.

    1. Ass,pak hari ini sy lihat tayangan ttg Bpk Baedowy di TV dan sy ingin kali menjadi menimba ilmu dr Bpk…apakah sy bs jd mitra bpk? Mhn contak yg bs dihubungi tks atas waktunya …sidoarjo jatim

  21. kusworo saputra

    Siang Pak, mohon info persyaratan menjadi mitra Bapak.
    saya tinggal di solo, mohon info alamat mitra yang di solo maupun Jogja.

    terima kasih

  22. Assalamualaikum wr. wb
    Saya sedang merintis usaha bank sampah, namun hanya masih menjual k pengepul hasil sampah dari nasabah. Saya sangat tertarik untuk belajar mengolah plastik seperti mas Mohammad Baedowy rintis. Mohon nomor kontaknya mas.
    Terima kasih.

  23. saya berminat usaha seperti anda bagaimana cara bergabung dan tolong no kontak yg bisa dihubungi.trims dr Pekalongan.

  24. assalamualaikum pak baedowi saya fitri berminat dengan kemitraan bapak ,bagaimana ya caranya bergabung dengan kemitraan bapak ? tolong di emailkan prosedurnya ke [email protected].
    Terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum

  25. assalamu ‘alakum wr.wb.
    semoga mas Baedowy selalu dalam lindungan Alloh swt, amin..
    mas, klo mau bermitra gimana caraya? Saya sangat berminat sekali….
    saya tinggal didaerah jepara.
    ini email sayang [email protected] dan No HP saya 082327104448
    mas Baedowy..mksh, sya tunggu.
    wass.

  26. Selamat malam mas. Saya tertarik dengan usaha mas, saya butuh info detail lagi, saya mohon No HP nya, dan No HP saya 0812 648 6868.. Lokasi saya di Medan Sumatera Utara.. Tks. Wass.

  27. Assalamualaikum wr. wb

    Sukses untuk mas baedowy..saya sangat tertarik dengan bisnis ini..bagaimana caranya untuk bisa menjadi mitra anda berapa noor yang bisa saya hubungi..?

    Terima kasih
    Rianto

  28. Salam 🙂

    Mas, how to start?

    Mohon alamat dan waktu untuk saya bisa belajar bisnis ini.

    my contact :
    (08111010659 – 087878282856)

    Best Regards,
    Syamsul

  29. Assalamualaikum,
    Selamat Pagi/malam saya mahasiswa biologi tingkat akhir tertarik dengan dunia limbah organik dan anorganik. ingin belajar langsung pengolahan anorganik dan bermitra dengan bapak baedowy. mohon informasinya 082298066919 atau [email protected]. terimakasih pak.

  30. Maaf, 085641520302 ini cp sya and sya berminat untuk menjadi mitra bapak..
    Kira2 sya bs bertemu bapak kpn?

  31. menarik n ingin jd mitra. apa di lombok bpk punya mitra klo ada alamatnya dmna. soalnya saya ingin buat bank sampah dibawah naungan bumdes. klo bapak berkenan menjawab. bs lewat email saya. [email protected]. saya ingin n akan menunggu jawaban bapak. trms

  32. Fuad Maulvi Ahmad

    Assalamu’alaikum
    Semoga pak baedowy selalu diberikan kemudahan untuk bermanfaat bagi orang banyak.. aamiin.. pak saya sangat berminat menjadi mitra bapak di daerah lampung.. ini nmor saya.. 085330530970 dn email: [email protected] … mnta tlong drespon ya pak

  33. assalamu’alaikum..
    luar biasa usahanya, kebetulan kami sedang merintis usaha bang sampah untuk pemuda.
    saya tertarik untuk usaha ini.
    mohon kiranya bisa bergabung dengan bapak, ini nomor kontak saya 085888554417.
    terima kasih

  34. assalamualaikum warahmatullah hiwabarakatu

    semoga ALLAH memberi kesehatan dan keselamatan utuk abang
    saya orang aceh bang,daerah saya tinggal terlalu banyak sampah sehingga warga sulit membuangnya ketempat pembuangan dikarnakan jauh dan mobil pengangkut sampah tidak masuk
    jadi saya sangat tertarik untuk bergabung dengan bisnis abang apa lagi disini belum ada bisnis olahan sampat seperti abang jalani
    ini kontak saya :085270709366
    email : [email protected]
    wasssalam mualaikum warahmatullah

  35. Pak saya arif dari pasuruan ingin seperti bapak saya minat dan ingin sekali berbisnis dengan bapak ini wa saya 082336237121

  36. Gue minat cara prinsif bapak.gwe juga kerja di olahan sampah.wa mau jadi fatner bisnis bapak.0167987891

  37. saya berminat sekali dengan usaha bapak dan ingin jadi partner bapak, tolong hubungi saya di 087880460963

  38. Darsono Asmat

    Ass,pak saya menonton you tube bapak Baedowy dan sy ingin
    sekali menimba ilmu dr Bpk besar harapan saya bapak membantu
    saya dan menjadi mitra bpk? terima kasih sebelumx no.kontak saya
    081310283760 Asmat Papua

  39. Sofyan Matoneng

    Asalammuallaikum,
    Saya telah membaca artikel bapak dn pernah nonton di TV Suwasta tentang bisnis yang bapak kelolah.
    saya ingin sekali belajar bisnis daur ulang botol bekas.
    kebetulan di Papua khususnya di Kab. Timika, botol-botol aqua banyak terbuang.
    Pak bagai mana saya bisa bekerja sama dengan bapak.
    dan untuk harga mesinnya sampai di Papua Timika berapa harganya.

    Terima kasih
    Salam,
    Sofyan. M
    Hp.081240048887

  40. Nunut hendra efendi parapat

    Pak saya ingin sekali memulai usaha dan saya berniat untuk memulai usaha plastik ini.saya harap bpk memberi saya cara untuk saya memulai nya. Gbu

  41. Nama saya Dedik sutarman. Saya ingin bergabung di usaha bapak no hp. 088225188521
    WA. 0895 3492 30178

  42. Saya terinspirasi oleh bapak.
    Saya sudah berapa kali usah tapi gagal dan saya memberanikan diri untuk bergabung di perusahaan bapak

  43. Assalamualaikum pak.. Saya tertarik bergabung diusahanya bapak.. Gimana caranya.. Ini nomor wa saya 082188048348.. Terima kasih

  44. Saya berminat bermitra dengan usaha bapak. Perkenalkan nama saya Tri Atmojo Lampung. No kontak saya 0852-6877-8202

  45. Salam hormat,

    Terima kasih atas informasi yg diberikan krn sangat berguna buat saya. Saya tertarik utk belajar & bermitra bisnis dg Bpk. Mohon dpt dibantu. Berikut Nomor WA saya : 081809148950.

    Terima kasih

  46. Assalam mualaikum… saya dari kota lubuklinggau sumsel… dan disini masih belum ada pengelolaan sampah yang baik… dan saya pikir peluang usaha pengelolaan sampah disini sangat menjanjikan… saya berharap dapat mendapatkan informasi yang tepat dalam bisnis pengelolaan sampah ini… ini no. Hp saya pak.. 085268808762… mudah2an harapan saya dapat bermitra dengan bapak dapat tercapai…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *