Peluang Usaha Budidaya Pepaya California Sangat Menjanjikan

ilustrasi - Budidaya pepaya california

Sipendik.com – Apakah Anda termasuk penyuka buah pepaya? Jika iya, tidak ada salahnya Anda menyimak ulasan sipendik tentang Peluang Usaha Budidaya Pepaya California Sangat Menjanjikan. Kenapa peluang usaha budidaya pepaya california begitu menjanjikan? Yang pertama pastinya buah ini sangat diminati oleh masyarakat, dengan jumlah permintaan akan buah pepaya california dari tahun ke tahun semakin tinggi bukan saja dari Indonesia namun juga luar negeri. Sebetulnya kebutuhan pasar akan ketersediaan buah pepaya california sangatlah tinggi, namun disayangkan petani kita hanya sanggup menyediakan 30%  dari jumlah permintaan buah pepaya 80 – 100 ton dalam seminggu.

Keunggulan Buah Pepaya California

Buah pepaya memiliki banyak varian jenis, namun jenis yang paling unggul tentunya Pepaya California. Keunggulannya sebagai berikut :

  • Ukuran buahnya tidak terlalu besar sehingga praktis untuk dikonsumsi dan trasportasi
  • Jenis kulit yang cukup tebal dan berbentuk lonjong dengan tekstur daging buah yang tebal dan kenyal
  • Mempunyai berat sekitar 0,8-2kg,
  • Bentuk batangnya pendek, sehingga memudahkan kita untuk melakukan perawatan dan pemanenan
  • Buah ketika matang berwarna kuning dan rasanya manis.
  • Sering digunakan dalam acara-acara jamuan makan untuk acara tertentu

Itulah alasan kenapa peluang usaha budidaya pepaya california begitu menjanjikan. Simak pula artikel yang lain tentang Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

ilustrasi – pepaya california

Langkah-langkah Menanam Pepaya California

1. Kondisi Iklim

Merupakan syarat mutlak dalam berbudidaya Pepaya California, karena usia dari buah pepaya ini lebih pendek dari jenis lainnya atau maksimal 4 tahun. Iklim yang cocok yaitu tumbuh di 700m dpl ( di atas permukaan laut), kelembapan tanah 6-7 pH dengan sushu udara 25 – 30 °C . Sebaiknya curah hujan sekitar 1000 – 2000 mm per tahun

2. Kondisi Lahan

Sebaiknya kondisi lahan terbuka yang memiliki sistem pengairan yang bagus. Bersihkan lahan dari rerumputan dan gulma. Untuk luasan lahan bisa menyesuaikan  bisa skala besar dengan luasan lahan besar atau bahkan skala kecil dengan luasan lahan kecil. Kemudian buat lubang tanam dengan ukuran 60x60x50 cm. Jarak tanam yang dianjurkan 2,5×2,5 m. Persiapkan lubang tanam dan biarkan selama 15 hari sebelum ditanam.

3. Pembibitan

Bibit bisa dibeli pada lokasi pembudidaya bibit pepaya california. Apabila Anda ingin membibitkan sendiri, sipendik akan memberikan tutorial kepada Anda, bagaimana cara membuat bibit Pepaya California. Yang jelas Anda harus mempersiapkan benihnya. Perkembangbiakan buah pepaya california ini menggunakan cara generatif atau menggunakan biji.

Jika Anda ingin pembibitan secara manual, Anda bisa mengambil biji dari buah yang secara sengaja dibiarkan matang di pohon. Kemudian biji tersebut direndam di air, jika ada biji mengambang buang saja karena tidak layak tanam. Selanjutnya diperam di dalam kertas koran yang sebelumnya dibuat lembab lalu simpan di tempat yang teduh sampai tumbuh tunas dan pindah polybag yang dikasih media tanam tanah lalu dicampur pupuk kandang.

4. Proses Menanam

Sehari sebelum tanam, lakukan pengairan pada lahan terlebih dahulu. Hati – hati dalam memindahkan bibit pepaya california dari polybag ke lubang tanam, sebabnya tanah pada polybag harus tetap utuh dan tidak boleh hancur, sehingga bibit tidak layu bahkan mati. Selanjutnya tutup lubang tanam memakai pupuk kandang / kompos. Bibit yang telah siap tanam berumur 5 bulan. Proses penanamannya dilakukan ketika sore hari.

5. Pemeliharaan atau Perawatan

Apabila ada bibit yang mati atau cacat sebaiknya segera diganti dengan bibit yang lain (disulam), karena bisa menyebabkan penyakit / hama. Sebagai langkah antisipasi, Anda harus memiliki bibit cadangan. Yang menjadi fokus perawatan adalah pengairan dan pemupukan. Untuk pengairan sebaiknya dibuatkan saluran irigasi / parit disekitar lubang tanam untuk menghindari air yang menggenang, karena batang bisa membusuk.

Untuk pemupukan dilakukan saat penanaman dengan pupuk kandang atau kompos. Seminggu setelah tanam menggunakan pupuk NPK sebanyak 200 gram /pohon. Kalau memasuki usia 3 bulan berikan pupuk NPK 300 gram /pohon. Usia 6, 9, dan 12 bulan pupuk NPK 500 gram ditambah pupuk kandang 40 kg /pohon. Setelah tumbuhan berbuah bisa diberikan pupuk KCI supaya daya tahan lebih kuat dan buahnya lebih manis

6. Hama dan Penyakit

Beberapa macam hama yang biasa menyerang buah Pepaya California antara lain hama kutu putih, untuk pengendaliannya bisa dengan menyemprotkan Regent, Bestox, Pestisida Akothion secara bergantian. Kemudian ada Aphid dan juga tungau, biasanya hama ini menyerang dengan cara menghisap semua cairan yang ada pada daun muda, untuk pengendaliannya dengan disemprotkan pestisida curacron, mesurol dan akarisida.

Ada pula penyakit yang cukup ditakuti yaitu Phytphora Parasitica, Palmivora, Collectricum dan Pythium. Penyakit ini menyerang daun, akar, batang hingga buah, biasanya terjadi pada musim penghujan. Cara pengendaliannya bisa dilakukan melalui penyemprotan larutan fungisida yang dicampur dengan air sebanyak 1 liter. Lakukan kegiatan tersebut hingga sembuh.

7. Panen dan Pascapanen

Buah pepaya california dipanen ketika terlihat tanda-tanda matang yaitu terlihat ada semburat berwarna kuning dibagian buah pepaya yang sering terlihat di ujung buah. Panen sebaiknya dilakukan dengan cara memotong bagian tangkai yang menggunakan gunting pangkas atau pisau yang tajam. Dengan periode waktu 10 hari sekali. Buah pepaya yang telah dipanen, sebaiknya di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langusng dan diberi alas misalnya plastik.

Demikianlah artikel kami tentang Peluang Usaha Budidaya Pepaya California Sangat Menjanjikan. Semoga artikel sipendik di atas dapat membantu Anda dalam menyiapkan usaha budidaya buah pepaya california. Salam sukses..

Tampilkan Komentar (27)

  • Saya dilombok! Taun kmrin saya nanam hasilnya limpah ruah sayangnya pasaran di lombok kurang! Mohon info untuk pasarnya di luar lombok?

    • bisa minta nomor hapenya, saya butuh banyak pepaya california. 2 ton per minggu. sms ke 081999263354

  • saya juga kepengin coba budidaya pepaya california ,dimana ya bisa dapetin bibitnya ?Singaraja Bali

    • Untuk pemesanan bibit di polybag umur 30 sampe 45 hari 5ribu per polybag. Bibit dijamin f1,trims
      Sms 085739259555

  • min.. kalau tanah persawahan untuk menanam pepaya itu bagus ga? akhir akhir ini padi kurang menguntungkan buat petani

  • Sy punya beberapa pohon, kendalanya: bakal buah menguning lalu rontok. Apa penyebab dan bgm cara mengatasinya? Maturnuwun

  • yg bth bibit pepaya calina silahkan hub 085702141505 untk wlyh BlOra dan sktrnya,hrg 3500/plybag (tdk trmsuk ongkir)

  • aslm maz admid, minta pencerahanya kalau saya di lampung khususnya wilayah mesuji lampung pemasaranya gmna, per kilogram berapa, minta pencerahannya bibit dan cara pemasaranya ada kontek yang bisa dihubungi maz

  • Assalamu'alaikum admint... mohon infonya dimana saya bisa mendapatkan alamat penjualan/distributor buah pepaya california yang ada di daerah sidoarjo, surabaya dan sekitarnya... terima kasih atas infonya.