Cara Berhenti Merokok Ampuh dan Cepat

Sipendik.com – Bagi perokok aktif mungkin akan menjadi kebiasaan yang sulit untuk berhenti menghisap rokok. Tanpa dijabarkan panjang lebarpun mungkin Anda sudah mengetahui banyaknya bahaya yang ditimbulkann akibat rokok. Tidak hanya di iklan, materi penyuluhan, seminar tetapi di bungkus rokok itu sendiri sudah dijabarkan peringatan bahayanya dari rokok. Tidak heran jika hampir setiap orang yag telah merasakan rokok akan kecanduan karena dalam rokok itu sendiri terdapat kandungan berupa zat adiktif yaitu semacam zat yang jika dikonsumsi akan menimbulkan efek ketergantungan. Berhenti merokok bagi sebagian orang memang sangat sulit dilakukan, tergantung dari niat dan kesungguhan setip individu. Bahkan ada yang mengaku mulutnya asam atau kepalanya pusing bila mereka berhenti merokok. Nah, jika Anda yang memiliki niat untuk berhenti merokok, berikut ini sipendik akan mengulas tentang cara berhenti merokok ampuh dan cepat.

1. Bulatkan niat

Sebaiknya Anda membulatkan niat sebelum Anda melakukan dan memutuskan untuk berhenti merokok. Percayalah bahwa cara untuk berhenti merokok sebaik apapun tidak akan bisa menghentikan kebiasaan Anda jika Anda tidak mengawalinya dengan niat yang sungguh-sungguh.

2. Menetapkan target waktu

Buatlah target waktu selama 2 sampai 3 minggu dimulai saat Anda mengambil keputusan berhenti merokok. Pastikan bahwa saat itu tidak bertepatan dengan kondisi stres agar usaha Anda berhenti merokok lebih mudah dijalani. Cobalah secara bertahap untuk mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap dalam beberapa minggu yang akan datang sampai akhirnya Anda berhenti pada target waktu yang Anda tetapkan.

3. Buat jadwal

Buatlah jadwal tertentu, yang tidak terlalu ketat atau terlalu pendek durasinya untuk mentoleransi adanya kemungkinan Anda untuk merokok lagi.

4. Buatlah kegiatan merokok menjadi hal yang repot

Buatlah merokok ini menjadi suatu kegiatan yang sangat merepotkan. Hal ini dilakukan untuk membuat Anda malas merokok. Anda dapat membungkus rokok pada plastik dan diselotip hingga rapat, tempatkan rokok pada wadah tertutup di tempat yang jarang Anda jangkau. Dengan demikian Anda akan merasa malas untuk merokok. Tapi jangan coba-coba untuk membeli rokok lagi.

5. Jaga jarak dengan teman yang merokok

Kebiasaan kita sangat dipengaruhi dengan adanya teman. Tidak jarang dari kita untuk bisa menolak ajakan teman, salah satunya adalah merokok. Alasannya, karena kita merasa tidak enak, takut dibilang tidak gaul, tidak setia kawan dan akhirnya membuat keteguhan hati dan niat kita runtuh. Untuk menghindari adanya hal tersebut sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan nongkrong dengan teman perokok yang belum mau berhenti.

6. Ganti kegiatan merokok dengan hal yang lebih bermanfaat

Sebagian dari Anda mungkin sudah merasakan kecanduan rokok, sehingga Anda selalu ingin menghisapnya. Setelah memutuskan untuk berhenti merokok sebaiknya Anda mengganti kebiasaan dengan makan makanan ringan atau camilan yang rasanya asin sehingga tidak membuat mulut tambah asam. Selain itu Anda bisa menggantinya dengan permen karet untuk menjadi cara untuk berhenti merokok yang efektif.

7. Perbanyak makan buah dan sayur

Bagi perokok yang baru berhenti merokok menyatakan bahwa tubuh mereka menjadi lemas. Agar tubuh Anda tetap segar perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Buah dan sayur akan memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi tubuh Anda.

8. Olah raga

Mungkin sebagian besar orang menganggap tidak ada hubungannya antara merokok dan olah raga. Percayalah dengan pergerakan fisik, Anda akan semakin sehat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Anda harus melakukannya secara rutin dan terus menerus. Cara yang satu ini dijamin tidak akan merugikan diri Anda.

9. Beri penghargaan untuk diri sendiri

Hadiahi diri Anda untuk upaya yang telah dilakukan setiap hari tanpa rokok. Misalnya menggunakan uang yang biasanya untuk membeli rokok sebagai uang saku untuk jalan-jalan atau piknik bersama keluarga, kerabat dekat, maupun sahabat.

Nah, itulah tadi tips-tips cara berhenti merokok ampuh dan cepat yang perlu Anda coba untuk mengurangi kebiasaan merokok. Semoga bermanfaat.