Cara Bisnis Internet Marketing Untuk Pemula

ilustrasi - rahasia sukses internet marketing

Sipendik.com – Sebetulnya tema yang kami bahas kali ini sudah sering dibicarakan oleh para internet marketer. Namun masih saja berbagai kendala mucul dalam berbisnis ini. Hal ini memang sering terjadi di kalangan internet marketer karena melupakan poin-poin penting kesuksesan bisnis Internet Marketing. Nah, kali ini sipendik berkesempatan membahas untuk Anda tentang Cara Bisnis Internet Marketing Untuk Pemula.

Sejujurnya, sipendik sangat semangat menuliskan artikel ini, karena memang kami dan Anda berkecimpung dalam dunia bisnis yang sama. Pembahasan kami akan mengerucut pada seputar Internet marketing dan Peningkatan penjualan via media sosial. Sebenarnya banyak cara menuju roma alias banyak cara dalam pemasaran melalui media sosial. Namun sering kali hal dasar ini yang sering dilupakan oleh para Internet Marketer. Padahal media sosial merupakan bagian penting dari Internet marketing.

Berikut ini kami akan mengulas lebih lanjut prinsip-prinsip dasar yang harus dipenuhi oleh Anda para Internet Marketer;

Rahasia Kesuksesan Internet Marketing

1. Kepercayaan, Kepercayaan dan Kepercayaan

Kita mengetahui pengakses internet sekarang jauh meningkat pesat, apalagi sekarang didukung dengan berbagai macam teknologi canggih seperti smartphone, tablet, smartwear semakin memudahkan konsumer untuk mengakses internet. Peningkatan jumlah pengguna internet juga didukung oleh kemampuan intelektual seseorang, jadi jika Anda bergelut di dunia Internet Marketing maka Anda sekarang sedang berbisnis dengan para konsumer cerdas.

Jika Anda sudah berbisnis Internet Market dari beberapa tahun yang lalu, mungkin Anda merasakan bagaimana perjuangan Anda dalam penjualan produk di Internet. Anda harus bisa lebih menyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda, karena memang beberapa tahun yang lalu konsumen tidak semengerti sekarang dalam bertransaksi di dunia maya.

Sekarang konsumen sudah lebih terbiasa dalam bertransaksi online, karena didukung oleh perkembangan teknologi yang begitu pesatnya. Namun demikian, konsumen juga harus tetep berhati-hati dalam bertransaksi dengan mengecek terlebih dahulu bagaimana track record si seller ketika bertransaksi di dunia maya. Selain itu konsumen juga harus jeli dalam melihat kualitas produk yang ditawarkan, salah-salah bukan produk yang berkualitas yang kita dapat namun ternyata hanya mendapat produk abal-abal.

Tentunya melihat pengalaman konsumen seperti di atas, Anda juga harus jeli dalam berbisnis Internet Marketing. Jadi success key yang pertama adalah 3K yaitu Kepercayaan, kepercayaan dan kepercayaan ! Mulai sekarang lihat diri Anda, Apa yang sudah saya berikan ke konsumen ? Kepercayaan dan kualitas atau malah keragu-raguan dan service yang buruk ?

Dalam membangun 3K bisa memakai banyak cara, contohnya meminta para pelanggan untuk memberikan testimoni terhadap produk kita lalu kumpulkan testimoni tersebut untuk promosi penjualan berikutnya, memberikan bukti resi pengiriman dari jne,kantor pos, tiki dan lain sebagainya. Selain itu bangun brand Anda dengan memberikan informasi atau deskripsi produk yang ditawarkan memang betul-betul berkualitas baik dan terpercaya. Apalagi sekarang ada sarana media sosial yang berguna untuk membangun sebuah komunitas yang bisa membantu Anda dalam menyampaikan informasi positif seputar usaha/bisnis Anda.

Hanya saja perlu diingat bahwa media sosial bisa saja menjadi pisau bermata dua untuk Anda. Alih-alih Anda bisa mendapatkan citra positif dari konsumen namun justru informasi negatif yang bisa diterima seputar bisnis Anda. Oleh karenanya, salah satu pakar dunia marketing Philip Kotler sudah mewanti-wanti untuk selalu menngontrol arus komunikasi yang terjadi antara Anda dan pelanggan. Jangan sampai melalui media sosial terjadi komunikasi negatif yang bisa menjatuhkan bisnis Anda.

Sebaiknya lakukan komunikasi-komunikasi yang ofensif untuk meredam beberapa komentar negatif dari konsumen. Caranya yaitu dengan cara memberikan respon atau tanggapan yang cepat ketika ada konsumen yang memberikan komentar yang negatif, segera lakukan klarifikasi dan menjelaskan lebih detil bagaimana keunggulan produk Anda. Jika komentar negatif tersebut dapat Anda kelola dengan baik maka komentar tersebut bisa menjadi sebuah saran atau masukan yang membangun untuk kemajuan dan bisa sebagai langkah perbaikan dari pelayanan Anda terhadap konsumen.

2. Jangan Lupakan SEO ( Search Engine Optimization )

Kalau kita bicara tentang Internet Marketing, akan terasa lucu jika kita tidak membicarakan tentang SEO. Karena pada dasarnya, Anda menempatkan sebuah brand atau produk ke dalam sebuah jejaring internet tentunya hal ini tidak bisa terlepas dari sistem pencarian semisal google, bing, ask.com.  Oleh karenanya, Anda harus menganalis berbagai macam faktor yang menjadi sebab dan bagaimana cara supaya konsumen Anda dapat menemukan produk jualan Anda ketika melakukan mencarian di mesin pencari semisal google .

Sipendik akan membagi menjadi tiga bagian dalam ulasan Analisis Internet Marketing. Pertama yang harus Anda lakukan yaitu analisis umum. Dalam analisis umum Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui KW ( keywords) yang sering digunakan oleh Netter dalam menemukan produk jualan dan untuk mengetahui dari mana saja asal netter yang berkunjung ke halaman produk jualan Anda. Dengan begitu kita bisa mengoptimasi halaman jualan kita supaya akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen Anda.

Kedua adalah menganalis menggunakan Google AdWords Keyword Planner, analisis ini digunakan oleh para Internet Marketer dalam menemukan KW ( Keywords ) untuk memudahkan mencari tahu kata kunci yang sering digunakan oleh netter dalam menemukan produk Anda. Dengan cara analisis ini, Anda merusaha menggiring netter untuk berkunjung ke halaman jualan produk Anda dengan memakai umpan-umpan berupa kata kunci yang terkait dengan produk jualan Anda. Oleh karenanya, jika Anda tepat menggunakan alat analisis ini, Anda bisa mendatangkan banyak calon konsumen ke lapak jualan Anda. Jika ingin belajar lebih lanjut tentang SEO, Anda bisa mencarinya dengan mengetikkan ke google search “trik optimasi seo” , karena kami tidak akan membahas terlalu jauh tentang dunia SEO. Untuk Anda yang sudah cukup mahir dalam analisis keywords, Anda bisa menggunakan layanan berbayar semisal market samurai dan semrush untuk hasil yang lebih profitable. Berikut ini kami beri contoh screenshot Google AdWords Keyword Planner :

ilustrasi – Google AdWords Keyword Planner

Ketika kami menuliskan artikel ini, kami jadi teringat dengan pepatah kuno yang menyebutkan “pembeli membeli karena alasan mereka”. Jadi salah satu prinsip penting dalam berbisnis Internet Marketing adalah cari tahu apa yang mereka cari dan apa yang mereka butuhkan.

Ketiga yaitu Analisis Media Sosial. Dalam analisis ini kita harus paham betul bagaimana cara menyusun sebuah strategi pemasaran internet yang merujuk pada kesesuaian media sosial yang digunakan. Dengan kata lain berbeda media sosialnya berbeda pula juga cara strategi pemasarannya. Saat ini sudah ada layanan Klout yang bisa kita gunakan untuk menganalisis efektifitas sebuah media sosial dalam menjaring konsumen.

Media sosial paling populer saat ini adalah Twitter dan Facebook, kedua jenis media sosial ini jelas memiliki perbedaan kharakteristik dalam pemasaran di internet. Jika di facebook kita bisa menentukan calon konsumen atau target pasar dengan melihat jenis gender, tempat domisili maupun pekerjaan dan sebagainya. Sedangkan di twitter, kita tidak bisa memakai strategi yang sama yang diterapkan di Facebook. Media sosial twitter paling efektif digunakan untuk membangun brand awarness atau untuk menguatkan branding produk memalui sebuah komunitas yang memiliki kecintaan atau kegemaran pada informasi tertentu, dibandingkan dengan media facebook yang lebih sesuai untuk menampilkan display foto yang menampilkan produk/kegiatan suatu perusahaan.

Lain halnya dengan layanan Google Plus, business page yang dimiliki oleh raksasa internet Google ini lebih SEO karena memiliki banyak kemudahan dalam integrasi pagenya ke dalam layanan web atau blog. Boleh dibilang Google plus adalah anak emas yang dimiliki oleh Google, sehingga jika kita mempunyai produk/jualan sebaiknya selalu diintegrasikan ke dalam business pagenya Google Plus. Setiap halaman produk yang Anda koneksikan dengan G+ (sebutan lain untuk Google Plus) akan langsung masuk dalam mesin pencarian Google. Jadi Anda bisa lebih fokus dalam mengoptimasi content produk Anda supaya sesuai dengan target marketnya. Disini kami tekankan bahwa analisis SEO sangat penting untuk pemasaran internet, apalagi didukung dengan adanya media sosial yang bisa mempermudah dalam mentarget market.

3. Berfikirlah Lebih Strategis

Jika sebelumnya sipendik menyampaikan hal-hal teknis dan taktis supaya lapak jualan online Anda bisa mudah ditemukan oleh calon konsumen, maka pada pembahasan kali ini sipendik akan mengajak Anda untuk lebih berfikir secara strategis guna memantapkan Anda dalam menyusun sebuah strategi Internet Marketing.

Sebagian besar penjual online itu sering membayangkan bahwa jika kita mempunyai lapak online maka kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Padahal jika kita coba hitung lebih teliti lagi misalkan dari satu pieces produk, kita mendapatkan keuntungan 50.000,- , apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan senilai 5.000.000,- maka Anda harus menjual produk sebanyak 100 pieces per bulan! Seperti yang dikatakan oleh pakar sosial media, Nukman Lutfie bahwa dengan target penjualan sebanyak itu maka tidak realistis jika kita berbisnis online tidak dibantu oleh orang lain.

Solusi terbaik yang bisa kita ambil yaitu mempergunakan media Internet Marketing untuk memperkuat dan membangun sistem agen pemasaran berbasis online. Dengan sistem online marketing yang giat dibangun dapat mempermudah Anda dalam menguatkan nama citra brand di mata konsumen sekaligus untuk menarik Orang lain untuk ikut bekerja sama dalam bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini.

Demikianlah Rahasia Sukses Internet marketing yang bisa sipendik sampaikan, pahami betul bagaimana Aspek 3K ini untuk menyusun sebuah strategi pemasaran dan pembangunan brand untu mempermudah Anda dalam proses penjualan berikutnya. Terima kasih atas perhatiannya. Salam sukses..

Baca juga: Trik Rahasia Promosi Online Paling Efektif