Cara Budidaya Kroto dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar

ilustrasi - budidaya kroto dalam toples

Sipendik.com – Peluang bisnis budidaya kroto atau yang biasa disebut semut rangrang sepertinya belum begitu populer bagi masyarakat kebanyakan. Sebetulnya prospek bisnis budidaya kroto ini terbilang sangat bagus. Sebagai contoh, jika Anda membeli kroto di toko makanan ternak, sebagian besar hasil dari tangkapan dari alam, bukan dari hasil peternakan kroto. Inilah sebuah peluang bisnis yang bisa Anda tumbung kembangkan. Berdasarkan hal tersebut, tidak ada salahnya sipendik mengulas mengenai Cara Budidaya Kroto dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar

Kroto atau biasa disebut telur kroto umumnya dipakai untuk sebagai pakan burung yang memiliki kandungan banyak gizi yang amat diperlukan untuk menghasilkan burung dengan kwalitas paling baik. Anda pun tahu bahwasanya usaha yang terkait dengan hewan burung yaitu usaha yang didasari dari hoby, bila hoby jadi landasan utama maka duit tak jadi persoalan. Inilah salah satu aspek mendasar kenapa peluang bisnis budidaya kroto ini sangat cerah untuk kedepannya.

Di pasaran, Anda akan mendapatkan kroto dengan harga berkisar Rp. 250.000,- per kg, tentunya sebuah nilai yang amat mencengangkan untuk sekadar makanan burung. Namun sayangnya ketersediaan kroto di pasaran dinilai sangat kurang mengingat selama ini kroto didapatkan dari berburu di alam liar.

Lihat keadaan ini, muncul satu inspirasi usaha untuk yakni kesempatan usaha usaha budidaya ternak kroto, dengan sedikit modal serta ketelatenan, kita bisa membuahkan kroto dari rumah kita sendiri. Modal yang di butuhkan juga terbilang kecil cuma sekitar 200 ribu. Untuk analisis biayanya akan sipendik jabarkan di bawah ini :

Analisis Usahatani Budidaya Kroto Di rumah

Usaha ternak kroto kita asumsikan dengan ketetapan seperti berikut :

  1. Jumlah induk yang bakal kita memelihara yaitu 200 sarang/Koloni
  2. Periode usaha ini sekitar 2 bulanan yang nantinya akan menghasilkan  4 kali lipat sarang hingga jadi 800
  3. Untuk 200 sarang maka diperlukan ruang seluas 4 mtr. persegi

Investasi

  • Pembuatan kandang ternak 2 @ Rp. 250. 000 = Rp. 500. 000
  • Toples/tempat sarang 200 buah @Rp. 3. 000, – = Rp. 600. 000
  • Perlengkapan kandang 40 buah @Rp. 2000 = 80. 000

Keseluruhan total pembiayaan (biaya ini adalah modal pokok untuk memulai bisnis budidaya kroto dan Anda cukup mengeluarkan biaya hanya satu kali saja, Anda tidak membutuhkan biaya ini untuk produksi selanjutnya)

Biaya Produksi setiap bulan budidaya kroto

Cost produksi untuk budidaya kroto kita asumsikan menggunakan dana untuk pakan dan cairan manis sekitar Rp. 400. 000

Pendapatan

Untuk pendapatan kita prediksikan tiap-tiap sarang bisa membuahkan 1 ons kroto dengan harga per kg kroto yaitu Rp. 200. 000, hingga bisa kita kalkulasi pendapatannya seperti berikut :

  • Keseluruhan Kroto = 1 Ons x 800 sarang = 800 ons = 80 Kg
  • Keseluruhan pendapatan usaha = 80 Kg x Rp. 200. 000 =Rp. 16. 000. 000.

Keseluruhan pendapatan itu yaitu hasil sepanjang dua bln hingga bisa kita kalkulasi bahwas dalam satu bln kita memperoleh omzet sekitar 8 juta.

Hingga keuntungan bersih per bulannya yaitu :
Keuntungan perbulan = Pendapatan per bln – cost produksi
= Rp. 8. 000. 000 – Rp. 200. 000, – = Rp. 7. 800. 000, –
Tentunya angka yang amat lumayan bukan?

Cara Budidaya Kroto

Bahan yang di butuhkan untuk 1 buah toples budidaya kroto toples adalah :

  • 1 buah Toples 10 Lt dengan harga Rp 13.000
  • 1 buah Nampan plastik diameter agak besar, dengan harga Rp 7.000

Membuat Media Toples untuk Sarang Kroto

ilustrasi 1 – cara membuat toples untuk budidaya kroto
ilustrasi 2 – cara membuat toples untuk budidaya kroto
ilustrasi 3 – budidaya kroto di dalam toples
ilustrasi 4 – budidaya kroto dalam toples

Lubangi bagian bawah toples dengan diameter 7 cm. cukup 1 lubang. Kemudian letakan nampan plastik dengan posisis datar, isi air hingga hampir 1/2 bagian nampan. Lalu taruh batu bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples.

Lubang toples yang telah dibuat kita tutup menggunaka lakban untuk mencegah lari kroto setelah kita pindah kroto dari sarang sebelumnya ketoples yang telah kita sediakan tutup rapat dengan tutupnya ( disini kita siapsiap untuk diserang dan digigit oleh kroto karena mereka pasti merasa terancam)

Letakan toples ke media rantang / batu bata dengan posisi tutup pada bagian bawah setelah posisi baik dan benar buka lakban yang tadi menempel . maka segeralah para kroto tersebut akan berlarian lewat lubang itu. bila kita membeli bibit dari penjual yang sudah bermedia toples maka kita tinggal memposisikan terbalik kemudian membuka lakbannya lebih aman dan praktis sebagai media pakan kita bisa menggunakan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung ukuran kecil, tempat minum bisa dari tutup botol air mineral, sebagai pakan awal bisa kita beri ulat hongkong, minum dengan air gula agak kental.

Kita terangkan perihal kerajaan kroto,  memiliki 4 elemen pemerintahan:

  1. Ratu kroto: memiliki bentuk besar sepeti lalat hijau atau tawon.
  2. kroto jantan: memiliki bentuk lebih kecil dari ratu, warna kehitaman, waktu hidup juga singkat barangkali 1 minggu.
  3. kroto pekerja: ini yaitu kroto betina yang mandul tinggal disarang, tugasnya menjaga telur kroto.
  4. kroto prajurit: ini sangat banyak jumlahnya dikarenakan tugasnyaa juga banyak, melindungi keamanan koloninya.

Dikarenakan sesudah pemerintahan pastinya mempunyai ketentuan, lantas intinya apabila anda mempunyai atau bisa bibit sarang rang rang yang tidak sama area, janganlah segera di satukan dikarenakan dapat segera berkelahi serta mati. Ada dua cara apabila anda mempunyai koloni yang tidak sama, yang pertama, berikanlah area sendiri-sendiri yang ke dua menjadikan satu koloni tersebut lewat cara mengambil krotonya mencampurkan serta meletakkannya di setiap sarang yang berbeda/ditukar, sesudah telur menetas serta dewasa anda dapat berikan jembatan supaya mereka bersatu.

Baiklah segera saja kita ulas bagaimana sih cara beternak kroto gunakan media toples? Yang pertama anda siapkan dulu bahannya, toples anda lubangi dengan diameter 2 – 5 cm pada bagian pantatnya. Lantas kroto yang ada ratunya serta baiknya apabila ada krotonya di ambil dulu untuk menunjukkan kurun waktu 1 hingga 3 bulan ada pergantian.

Untuk Lebih Jelasnya ikuti bawah sini :

  • Toples

Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk kroto dan sebagai tempat udara sarang kroto.

  • Nampan
  • Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.

Fungsinya untuk menutupi toples agar kroto cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah kroto mau bersarang, bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya.

  • Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air.

Cara Budidaya Kroto

Kita bisa mencari kroto yang ada di pohon sekitar rumah. caranya???
Kendala pertama kali dalam membudidayakan atau ternak kroto adalah ketika harus memindahkan sarang kedalam suatu tempat. Resikonya pasti akan digigit. Banyak sekali dari sekian cerita yang mengalami masalah ini.

Cara Pertama:

  • Potong batang sarang kroto (tentunya akan sedikit mengalami kesulitan).
  • Masukan kedalam karung / plastik / toples dan apa saja yang sekiranya ada celah / lubang udaranya.
  • Siapkan ember plastik besar yang tepi nya sudah di kasih tepung. Supaya kroto tidak bisa naik keatas.
  • Masukan sarang kedalam ember plastik tersebut dengan #catatan harus di buka / buang daun daun beserta jaring jaringnya agar ketika bersarang membuat sarang baru tidak membawa jaring yang lama. Pengalaman kalau tidak di bersihkan nantinya toples akan terlihat kotor.
  • Buat jembatan penghubung antara ember dengan toples dengan menggunakan sapu lidi atau penghubung yang lain (pastinya ada jembatanya) terserah mau pakai apa saja bisa.

Setelah itu tingggal saja, tidak sampai satu hari kroto akan bersarang secara alami.
#Catatan : toples sudah tersedia makanan dan minuman.

Cara ke dua:

Setelah sarang dimasukkan kedalam ember dan sudah di bersihkan dari daun beserta jaringnya. Anda bisa langsung meletakan kedalam toples dengan menggunakan tangan. Tentunya tangan sudah ada pelindungnya.. Tidak sampai menunggu habis kroto di dalam ember.

Bagaimana cara memberi makanan ternak kroto pada media toples. Makanan adalah bagian terpenting dan utama. Salah memberi makan akan mengakibatkan ternak kroto kita akan mengalami perkembangan yang kurang maksimal. Setelah mengetahui apa saja makanan yang harus di berikan kroto. kali ini akan mencoba share cara memberi makanan pada kroto dan sekaligus makanan tidak terbuang. Sehingga kita bisa memantau persedian makanan, apakah kroto mau makan atau tidak. Tentunya untuk melatih kroto untuk mencari atau berburu makanan sendiri walaupun sudah kita siapkan.

Cara memberi makanan kroto

kita bisa buatkan tempat khusus untuk menampung makanan. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yang di potong kemudian sisakan sedikit kira kira kurang lebih 2 cm lalu letakkan di atas toples. Dimana penggunaan botol plastik adalah supaya makanan tidak keluar. Kususnya untuk makanan yang berjenis ulat ( hongkong, kandang dll). Untuk makanan yang bisa terbang atau meloncat seperti jangkrik dan belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples atau bisa juga kita lumpuhkan dulu kemudian di masukan di tempat yang telah kita sediakan.

Kemudian untuk cara memberi makanan yang menggunakan rak toples. Sebenarnya hampir sama seperti cara di atas. Cuma tempat makanan kita letak kan di samping toples. Karena dengan media rak , tempat untuk manaruh tempat makanan sangat luas di banding dengan menggunakan toples dengan tatakan nampan ( tempat sangat terbatas ).

Panen Kroto

Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak kroto. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 kroto saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah kroto rangrang ratusan bahkan sampai ribuan.

Kiat Pemasaran Budidaya Kroto

Anda dapat pasarkan hasil dari ternak kroto dengan memakai cara-cara yakni :

1. Jual segera pada Customer. Ini pasti menghasilkan keuntungan makin besar
2. Jual Di toko kita sendiri, ini bakal bikin harga kroto kita lebih mahal serta keuntungan lebih besar
3. Menjualnya lewat tangan ketiga semacam pengepul atau mungkin yang memiliki kios.

Keunggulan dari langkah nomer 3, Anda tak akan dipusingkan bagaimana memperoleh customer. Anda tinggal menjualnya ke pengepul yang pastinya telah mempunyai pasar sendiri tetapi, kekurangan langkah kiat pemasaran ternak kroto ini yaitu kroto anda bakal dihargai lebih murah sebab pihak pengepul pun inginkan keuntungan hingga keuntungan anda dipotong untuk pengepul.

Itulah Cara Budidaya Kroto dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar , semoga dapat menginspirasi Anda dalam memulai usaha budidaya kroto. Salam sukses

Baca juga artikel sipendik tentang Cara Praktis Budidaya Belut di Rumah

Sumber Referensi :

_http://youdknow.blogspot.com/2014/07/peluang-bisnis-budidaya-ternak-kroto.html

_http://www.carabeternak.com/

Tampilkan Komentar (33)

  • Saya sangat tertarik budidaya kroto,pertanyaan saya adakah buku yg mengulas budidaya kroto.....tks

  • Assalammualaikum mas pendik saya mau bertanya, misalkan kita mempunyai 20toples yang sudah siap untuk budidaya pertanyaan saya apa kah dalam setiap toples memiliki satu pasang indukan semut atau hanya butuh satu pasang indukan semut untuk 20 toples atau lebih?

    jika jawaban nya butuh satu pasang indukan semut untuk masing masing toples, berarti stiap panen kita harus mencari indukan baru atau bagaimana mas pendik saya mohon sekali jawaban nya trimakasih

  • Salam kroto...
    Mau tanya mas...saya bru belajar 15hr mulai ternak kroto,untuk pakannya saya kasih ikan laut mentah hsil dri memancing..apakah itu akan jauh lbih baik..?
    Dan baikny berapa hari sekali saya hrus gnti air gula...?

    Mksh sblmnya...saya mohon penjelasanya...

  • senang dengan artikel budiya kroto dan ingin mencoba tapi mengalami kesulitan mendapatkan bibit mohon dibantu hubungi kami 089502466659

  • Salam sukses budidaya kroto....mas singkat saja nih....ada no yang bisa dihubungi lah biar penjjelsan mengenai budidaya kroto bisa lebih detail....ni no q 082243900156 maksih sebelumnya