Cara Diet yang Baik dan Sehat Dengan Mudah

cara diet yang baik dan sehat

Cara Diet yang Baik dan Sehat Dengan Mudah – Diet merupakan serangkaian kegiatan yang berguna untuk menjaga berat badan tetap ideal. Bagi Anda yang mengalami obesitas (kegemukan), melakukan program diet sehat sangatlah penting dari sekarang juga.

Dalam melakukan program diet sehat, Anda tidak boleh asal-asalan menerapkannya. Sebab apabila salah, bukannya berat badan Anda turun tetapi malah justru akan naik secara drastis.

Berikut ini kami sajikan beberapa cara diet yang baik dan sehat sesuai dengan anjuran para ahli herbalis dan kesehatan.

Cara Melakukan Diet yang Baik dan Sehat

1. Menjaga asupan cairan yang masuk

Tubuh kita pada dasarnya terdiri dari cairan sekitar 70 % lebih. Apabila cairan tersebut tidak terpenuhi, maka tubuh kita akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan.

Mungkin banyak diantara kita yang berfikir konsumsi air putih banyak akan menyebabkan berat badan naik, namun hal tersebut sebenarnya salah besar. Sebab justru dengan konsumsi banyak air putih berat badan kita akan menjadi lebih ideal.

Pastikan setiap harinya Anda minimal konsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas. Semakin banyak mengonsumsi air putih, maka akan semakin baik lagi.

2. Mengatur porsi makan

Inilah yang harus Anda perhatikan ketika ingin menerapkan cara diet baik dan sehat. Konsumsi makanan berkalori secara berlebih akan menyebabkan berat badan Anda meningkat drastis. Karena kalori dalam jumlah besar sebenarnya dalam tubuh akan diubah menjadi lemak.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang atur porsi makan Anda setiap harinya. Batasi makanan-makanan yang mengandung kalori tinggi. Selain itu hindari pula konsumsi makanan lebih dari jam 8 malam (sebelum tidur) dan sarapan kurang dari jam 8 pagi.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan yang wajib untuk dikonsumsi saat Anda menjalani program diet sehat. Baik itu diet seminggu, diet mayo, diet makanan berkalori, ataupun jenis diat lainnya.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka Anda akan mendapatkan asupan serat, vitamin, mineral, dan berbagai macam nutrisi lainnya secara optimal. Kandungan nutrisi inilah yang mampu memaksimalkan metabolisme tubuh dalam membakar kalori dan lemak.
4. Hindari makanan dalam kemasan

Junkfood, makanan dalam kemasan, makanan awetan, dan instan sangatlah tidak baik bagi kondisi berat badan Anda. Meskipun hanya mengonsumsi sedikit saja, tapi makanan tersebut akan menyebabkan tubuh Anda semakin membengkak.

Tidak hanya menyebabkan berat badan meningkat saja, namun konsumsi makanan tersebut secara berlebihan juga akan menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan di dalam tubuh, termasuk salah satunya adalah kanker mematikan.

5. Lakukan olahraga secara rutin

Olahraga merupakan serangkaian kegiatan fisik yang sangat berguna untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Sehingga dalam menjalani program diet penurunan berat badan, olahraga sangatlah penting untuk selalu dilakukan.

Selain membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak, olahraga juga akan membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan dalam tubuh Anda.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan jalan sehat atau jogging 30 menit saja Anda sudah mampu membakar banyak lemak sekaligus kalori dalam tubuh.

Itulah informasi sipendik seputar cara diet yang baik dan sehat dengan mudah. Meski nanti hasilnya berbeda-beda setiap individu, tetapi cobalah untuk melakukan tips-tips diatas secara rutin agar Anda mendapatkan berat badan ideal secara makismal. Semoga berhasil, salam. 🙂