Cara Efektif Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Sipendik.com – Mengantuk merupakan hal alamiah yang sering dialami oleh manusia. Tetapi jika mengantuk menyerang seseorang dalam waktu yang lama serta pada jam kerja tentu akan sangat mengganggu. Nah, apakah Anda juga pernah mengantuk saat di tempat kerja bahkan saat hari masih pagi ? Tentu hal ini terjadi bukan tanpa penyebab, ada beberapa faktor atau penyebab yang perlu Anda ketahui. Selain begadang atau kurang tidur saat malam hari, kejadian mengantuk di pagi hari juga disebabkan oleh faktor makanan yang salah saat kita konsumsi untuk sarapan. Kebanyakan orang sarapan dengan menu makan yang padat seperti nasi, daging, ataupun aneka gorengan. Ternyata jenis makanan ini justru membuat kita sering menguap karena mengantuk yang diakibatkan oleh tubuh bekerja ekstra antara mencerna makanan padat yang kita konsumsi dan membuang sisa – sisa makanan yang menyebabkan tubuh menjadi lelah dan berakibat pada kondisi mengantuk. Tentu saja kita sangat terganggu dengan keadaan seperti ini. Ada beberapa cara menghilangkan ngantuk yang sangat sederhana dan efektif untuk di coba. Penasaran apa saja rahasianya ? Jangan khawatir pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang
cara menghilangkan ngantuk di pagi hari dengan beberapa langkah. Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mengkonsumsi makanan sehat secara teratur

    Sebaiknya Anda sarapan dengan menu yang tidak padat dan mudah untuk dicerna tetapi kaya akan potein dan serat. Selain itu makanlah secara teratur dengan makan yang teratur tentu akan membuat pola tidurmu teratur serta memperbaiki ritme tubuh. Ada juga bisa menyediakan camilan, keripik pedas, kacang – kacangan, ataupun permen untuk mengusir rasa ngantuk.

  2. Minum air putih yang cukup

    Minumlah air putih yang cukup, karena mengantuk juga bisa disebabkan oleh kekurangan cairan atau dehidrasi.

  3. Perbaiki posisi duduk dan berjalan – jalanlah sebentar

    Rasa kantuk juga bisa disebabkan oleh posisi duduk yang salah sehingga tubuh mudah lelah dan akhirnya mengantuk. Cobalah untuk mengubah posisi dudukmu dan jika perlu berjalan – jalanlah sebentar untuk menghilangkan rasa kantuk.

  4. Olahraga yang teratur

    Sempatkan diri Anda untuk olahraga secara rutin dan teratur minimal 30 menit setiap harinya. Bisa juga dengan aerobik karena kegiatan ini dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari sehingga tidak akan kurang tidur. Olahraga juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tajam untuk berpikir.

  5. Usahakan jangan tidur pada sore hari

    Menurut beberapa penelitian, tidur pada sore hari dapat menyebabkan kantuk pada keesokan harinya, karena tidur saat sore hari dapat mengganggu tidur pada saat malam harinya.

  6. Jauhkan beberapa hal yang dapat mengganggu tidur

    Menurut sebuah penelitian aktivitas lain di tempat tidur tidak diperkenankan karena dapat mengganggu konsentrasi tidur. Hal yang perlu dihindari saat berada di tempat tidur seperti membaca buku, menonton TV, menonton video, bermain HP, dan lain sebagainya.

  7. Pergi ke dokter atau spesialis

    Rasa kantuk yang berlebihan disiang hari dan berlangsung lama merupakan salah satu gangguan tidur yang perlu di tangani agar tidak mengganggu suatu aktivitas. Tetapi jika cara – cara di atas tidak lagi bisa dilakukan, Anda dapat pergi ke dokter atau spesialis untuk menyembuhkan kebiasaan mengantuk di siang bahkan di pagi hari ini.

Itulah tadi cara efektif menghilangkan ngantuk di pagi hari yang bisa Anda coba agar rasa kantuk berkurang bahkan bisa dihilangkan. Selamat mencoba dan jangan lupa kunjungi terus sipendik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *