cara membuat batik

Cara Membuat Batik Dengan Mudah dan Praktis

Cara Membuat Batik Dengan Mudah dan Praktis – Batik merupakan hasil budaya dan kesenian bangsa Indonesia yang sudah ada sejak jaman dahulu. Sekarang batik telah diakui atau dipatenkan sebagai kebudayaan bangsa Indonesia.

Ada banyak sekali jenis batik saat ini, masing-masing jenis batik tersebut berbeda menurut asalnya. Mulai dari batik Jawa, batik Bali, batik Sumatera, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk pembuatannya, ada 2 jenis yang berbeda yakni batik cap dan batik tulis. Batik cap jelas sangatlah mudah dalam pembuatannya, bahkan hanya dalam 1 jam kita dapat membuat ribuan batik cap.

Namun harga batik cap lebih murah dari batik tulis, sebab batik tulis memerlukan waktu yang lebih lama untuk membuatnya, mungkin 1 Minggu kita hanya bisa menghasilkan 1 batik tulis saja.

Nah bagi Anda yang ingin membuat batik sendiri di rumah, berikut sipendik sajikan informasi singkat mengenai cara membuat batik tulis dengan mudah dan praktis.

Cara Mudah Membuat Batik Tulis yang Berkualitas

Bahan-bahan:

– Kain mori, bisa juga kain yang terbuat dari sutra atau katun

– Canting (alat pembentuk motif batik)

– Gawangan (tempat untuk mamaparkan kain batik nantinya)

– Lilin (malam) yang dicairkan secukupnya saja

– Panci dan kompor kecil ( berguna untuk memanaskan)

– Larutan pewarna sesuai dengan selera masing-masing.

Cara membuat batik tulis dengan mudah dan praktis:

  1. Langkah pertama kita lakukan dengan membuat motif batik terlebih dahulu atau sering disebut molani. Silahkan gunakan pensil untuk membuat motif diatas kain yang telah dipersiapkan. Untuk desain motif sebenarnya sesuai dengan selera masing-masing. Bisa membuat desain sendiri ataupun meniru yang telah ada sebelumnya.
  2. Setelah selesai molani silahkan lanjutkan dengan melukis menggunakan lilin atau malam. Caranya dengan memasukan lilin tersebut kedalam canting, kemudian melukiskan lilin secara perlahan-lahan mengikuti pola dari desain/motif yang telah Anda buat tadi.
  3. Langkah selanjutnya adalah menutupi bagian kain yang ingin terlihat polos (tidak terkena warna) dengan menggunakan larutan lilin atau malam, Anda bisa menggunakan canting secara halus ataupun menggunakan kuas. Tujuan pemberian lilin ini agar bagian kain tersebut ketika dicelupkan ke warna tetapi menjadi polos.
  4. Nah kita akan masuk ke proses pencelupan yang pertama, caranya celupkan kain yang telah dilapisi lilin tadi kedalam warna pertama. Untuk masalah warna bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Setelah dicelupkan, paparkan kain tersebut diatas gawangan sampai kering.
  5. Selanjutnya setelah kering, kembali lakukan proses pembatikan dengan melukiskan lilin malam menggunakan canting pada bagian pola tertentu. Hal ini bertujuan agar kita dapat mempertahankan warna yang pertama.
  6. Setelah proses pembatikan selesai, celupkan lagi dengan menggunakan warna kedua. proses pembatikan lilin malam dengan pencelupan ini akan terus berlangsung tergantung dari banyaknya kombinasi warna yang Anda inginkan.
  7. Proses membuat batik selanjutnya adalah nglorot. Langkah satu ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan lilin malam yang ada dikain tersebut. Caranya rebus kain dengan panci diatas kompor, tidak perlu khawatir warna akan luntur sebab masih ada lapisan lilin yang cukup tipis.
  8. Terakhir setelah lilin hilang, jemur batik tersebut sampai menjadi kering dan siap untuk digunakan.

Itulah langkah-langkah cara membuat batik tulis mudah dan praktis yang dapat kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *