Cara Membuat Bika Ambon Medan Sederhana di Rumah

Sipendik.com – Bika ambon merupakan makanan atau bisa dibilang jajanan tradisional khas nusantara yang sangat digemari masyarakat luas. Meskipun namanya bika ambon, tapi kue satu ini bukan berasal dari Ambon lho, tetapi berasal dari ujung barat negara Indonesia yaitu Medan. Bika ambon memiliki cita rasa yang manis dan lezat, teksturnya yang lembut, legit serta memiliki serat dan lubang – lubang kecil pada setiap bagiannya yang menjadikan ciri khas dari kue ini. bika ambon sering dihidangkan saat acara – acara tertentu, saat kumpul bersama keluarga, ataupun saat santai dengan ditemani secangkir teh hangat. Tak jarang sebagian orang memburu makanan ini sebagai salah satu oleh – oleh mereka saat bepergian. Bagaimana ? Apakah Anda tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah ? Jangan khawatir, pada artikel kali ini sipendik akan memberikan resep dan tips mengenai cara memuat bika ambon Medan sederhana di rumah. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kue bika ambon khas Medan

Bahan adonan biang :

  • Ragi instan 1 sendok makan
  • Air putih hangat 60 ml
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Tepung terigu 1 sendok makan

Bahan adonan dasar :

  • Kelapa 2 butir, parut
  • Daun jeruk segar 20 lembar
  • Daun pandan 6 lembar, buat simpul
  • Serai 2 batang, ambil bagian batang yang putih kemudian memarkan
  • Garam ½ sendok teh
  • Kuning telur 10 buah
  • Gula pasir 250 gram
  • Tepung kanji 150 gram

Langkah – langkah membuat bika ambon :

  1. Membuat adonan biang. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melarutkan ragi instant ke dalam air, kemudian tambahkan gula pasir dan tepung terigu, aduk – aduk sampai rata. Biarkan selama 15 menit, sisihkan.
  1. Membuat adonan dasar. Peras kelapa parut dan ambil santannya sebanyak 400 ml. Rebus bersama dengan daun pandan, daun jeruk, serai, dan garam. Masak hingga kental dan menjadi areh sekitar 300 ml kemudian angkat lalu saring dan sisihkan. Saat merebus usahakan nyala api dalam keadaan sedang, jangan terlau besar dan jangan terlalu kecil.
  1. Siapkan wadah, kocok kuning telur bersama dengan gula pasir sampai keluar buih dan kental. Tambahkan tepung kanji, santan yang sudah Anda masak tadi, dan adonan biang. Aduk – aduk dengan tangan hingga adonan merata sambil di tepuk – tepuk. Diamkan adonan sekitar 2 – 3 jam agar mengembang.
  2. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius, pasang dengan posisi api baawah. Jangan lupa untuk memberi alas pada loyang yang akan digunakan menggunakan kertas roti dan diolesi dengan margarin. Loyang yang disarankan brukran 7 x 18 x 18 cm.
  3. Masukkan loyang yang telah diberi alas dan olesan margarin ke dalam oven, pastikan loyang benar – benar panas, lalu keluarkan loyang dan mulai tuangkan adonan ke dalam loyang panas.
  4. Masukkan kembali loyang yang berisi adonan ke dalam oven dan panggang selama 40 menit dengan pitu oven sedikit terbuka sampai permukaan adonan membentuk lubang – lubang.
  5. Lanjutkan memanggang adonan hingga permukaan kue bika ambon berwarna kuning kecoklatan (sekitar 5 – 10 menit ). Keluarkan kue bika ambon dari oven dan biarkan dingin.
  6. Kue bika ambon buatan Anda siap untuk dinikmati. Potong – potong sekitar 6 x 1,5 cm, bisa untuk 36 potong bika ambon.

Itulah tadi cara membuat bika ambon Medan sederhana di rumah yang sangat prakktis dan cocok untuk pemula. Untuk ukuran potongan – potongan kuenya, bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda.