Cara Membuat Bonsai Beringin Dengan Mudah

cara membuat bonsai

Cara Membuat Bonsai Beringin Dengan Mudah – Bonsai beringin sekarang ini telah menjadi cukup populer di kalangan pecinta tanaman kerdil atau bonsai. Sebab selain bentuknya indah, bonsai beringin juga tergolong tanaman yang mudah sekali hidup dalam keadaan apapun.

Sayangnya untuk mendapatkan bonsai beringin kita harus merogoh kocek yang cukup besar, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa membuat bonsai beringin sendiri di rumah.

Dalam pembuatan bonsai beringin sebenarnya agak sedikit sulit, sebab untuk mendapatkan bentuk bonsai beringin yang indah Anda harus melakukan perawatan secara konsisten dan telaten. Berikut ini sipendik informasikan cara membuat bonsai beringin yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Mudah Membuat Bonsai Beringin Sendiri di Rumah

Bahan-bahan:

– Bonggol tanaman beringin, carilah yang sudah cukup besar dan sesuaikan keindahan dengan selera masing-masing.

– Siapkan sebuah pot kecil untuk menanam bonsai beringin nantinya

– Media tanam untuk bonsai beringin nantinya

– Kawat dari bahan stainlesteel ukuran 3 mm.

– Gunting khusus untuk tanaman.

Langkah cara membuat bonsai pohon beringin dengan mudah:

  1. Langkah pertama bonggol tanaman beringin tadi Anda tanam pada media tanam. Usahakan memilih media tanam yang lebih padat dan tidak memiliki unsur hara berlebihan. Hal tersebut bertujuan agar tanaman bonsai nantinya tidak mendapatkan unsur hara berlebih, karena jika mendapatkan hara berlebihan nanti kita sulit melakukan pembentukan pada bagian batang beringin tersebut.
  2. Selanjutnya kita akan membentuk dahan pohon beringin tersebut, caranya dengan menggunakan kawat berbahan stainlesteel. Penggunaan kawat bahan ini bertujuan agar nantinya ketika kita diamkan tidak menjadi berkarat. Sebab kita nanti akan mendiamkan lilitan kawat tersebut selama beberapa hari kedepan.
  3. Untuk membentuknya, silahkan lilitkan kawat tersebut mulai dari pangkal hingga ujung dahan pohon beringin. Agar hasilnya semakin maksimal lilitkan kawat tersebut secara melingkar dengan menggunakan tang. Namun pastikan jangan sampai dahan menjadi patah. Penggunaan kawat akan membuat bentuk bonsai beringin Anda nantinya semakin indah dan terlihat unik, terutama bekas sisa lilitan kawat tersebut.
  4. Langkah berikutnya adalah dengan melakukan pemupukan. Meski sebenarnya bonsai tidak memerlukan unsur hara berlebih, tetapi penambahan pupuk sangatlah berguna untuk menjaga kesehatan bonsai tersebut. Adapun pupuk yang baik untuk merawat bonsai beringin antara lain nitrogen, potassium, dan fosfor.
  5. Setelah pemberian pupuk, kini kita hanya tinggal menunggu dan melakukan perawatan terhadap tanaman tersebut. Usahakan secara rutin Anda melakukan pemotongan daun dan dahan yang melenceng. Hal ini bertujuan agar pohon bonsai beringin memiliki bentuk sesuai indah dan sesuai dengan selera Anda.

Dengan pemotongan dahan dan daun secara rutin menggunakan gunting khusus tanaman, maka Anda akan mendapatkan bonsai beringin yang cukup indah. Bahkan jika bentuknya menarik dan unik, bonsai beringin Anda akan memiliki harga jual yang cukup fantastik. Sehingga bisa kit manfaatkan juga untuk lahan bisnis atau usaha.

Itulah serangkaian cara membuat bonsai beringin dengan mudah dan praktis. Agar mendapatkan bonsai dengan bentuk indah, kami sangat menyarankan Anda melakukan perawatan secara rutin dan konsisten.

Demikian sajian informasi yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi diatas dapat menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan sampai jumpa. 🙂