Cara Membuat Crepes yang Renyah dan Lezat

Sipendik.com – Crepes merupakan salah satu jajanan yang banyak di sukai di berbagai kalangan. Crepes merupakan salah satu jajanan yang berasal dari benua Eropa tepatnya negara Prancis. Biasanya crepes digunakan sebagai dessert ataupun sebagai menu sarapan. Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing dengan makanan satu ini. Nah, sebenarnya apa sih crepes itu ? Crepes merupakan hasil olahan yang terbuat dari adonan tepung terigu, susu dan bahan pelengkap lainnya yang dimasak dengan cara dipanaskan di atas api sedang dengan bentuk bulat, tipis, dan pipih. Crepes sebenarnya hampir mirip dengan kue dadar yang membedakan adalah teksturnya yang lebih renyah dan kering. Crepes umunya merupakan bahan pelapis yang di dalamnya diberi isian yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bagi Anda yang suka manis, bisa ditambahkan aneka buah, susu, taburan gula, meses atau yang lainnya, tetapi jika Anda ingin menikmati yang gurih Anda bisa menambahkan toping seperti sosis, keju, atau yang lainnya. Selain bahan pelengkap tersebut bisa juga ditambahkan aneka sayuran untuk menambah cita rasa serta kandungan gizinya seperti daun seledri atau peterseli. Crepes saat ini banyak kita jumpai di kedai, tempat makan, ataupun penjual jajanan di pinggir – pinggir jalan. Jika Anda ingin mencicipi dan mencoba membuat crepes sendiri di rumah dengan bahan dan cara pembuatan yang sederhana Anda bisa mencoba resep dari sipendik tentang cara membuat crepes berikut ini.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat crepes :

  • Tepung terigu 100 gram, ayak terlebih dahulu
  • Telur ayam 2 butir
  • Susu cair 300 ml
  • Minyak sayur 1 sendok makan
  • Lemon, iris tipis – tipis
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam ½ sendok teh

Langkah – langkah untuk membuat crepes :

  • Siapkan wadah atau mangkok berukuran besar untuk membuat adonan. Masukkan tepung terigu, telur ayam, susu cair, dan garam halus lalu aduk atau kocok adonan sampai merata dan didapatkan tekstur yang halus. Diamkan adonan selama 30 menit agar mendapatkan tekstur yang lebih baik. Tetapi adonan juga bisa dimasak langsung tanpa di diamkan terlebih dahulu jika Anda tidak memiliki waktu banyak.
  • Siapkan wajan yang akan digunakan untuk memasak crepes. Olesi wajan dengan sedikit minyak sayur lalu panaskan di atas api sedang.
  • Setelah panas, tuangkan adonan crepes kemudian ratakan tipis pada wajan. Tunggu dan diamkan hingga warnanya menjadi coklat keemasan sekitar satu menit. Pastikan nyala api dalam keadaan sedang, jangan terlalu besar apinya agar tidak gosong.
  • Setelah warna berubah menjadi kecoklatan, tambahkan irisan lemon dan taburi menggunakan gula pasir lalu lipat crepes atau bisa juga dibiarkan membentuk lembaran.
  • Crepes siap untuk dinikmati, sajikan selagi hangat.

Itulah tadi cara membuat crepes yang renyah dan lezat di rumah dengan bahan dan cara pembuatan yang sederhana. Sangat mudah bukan ? Buah lemon yang digunakan sebagai bahan pelengkap tadi hanya bersifat opsional artinya bisa diganti dengan bahan lainnya sesuai dengan selera Anda. Meskipun terbilang sederhana dan mudah tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti saat mencampurkan tepung terigu dan susu cair usahakan hingga mendapatkan adonan yang licindan didiamkan sekitar 30 menit sampai satu jam dan lebih baik lagi jika di diamkan dalam kulkas semalaman sehingga adonan memiliki waktu cukup untuk adonan membentuk emulsi yang baik. Selamat mencoba.