Cara Membuat File PDF Dengan Foxit Reader 6

Cara Membuat File PDF Dengan Foxit Reader 6 – Foxit Reader 6 merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk membuka file berformat PDF. Namun selain berguna untuk membuka file PDF, kita juga bisa membuat sebuah file menjadi PDF menggunakan aplikasi tersebut.

Foxit Reader 6 tidak hanya akan memudahkan kita dalam convert file dokumen word ke PDF saja, tetapi aplikasi satu ini juga bisa kita gunakan untuk mengubah gambar ke file PDF. Penasaran? Simak beberapa ulasan dari sipendik cara membuat file PDF dengan Foxit Reader 6 berikut ini.

Cara Mudah Membuat File PDF Dengan Foxit Reader 6

Sebelum kita beranjak ke pembahasan cara mengubah file ke bentuk PDF, silahkan Anda download terlebih dahulu aplikasi Foxit Reader 6 dan lakukan proses instalasi. Apabila sudah, silahkan ikuti langkah berikut ini.

# Cara 1

  • Langkah pertama buka aplikasi Foxit Reader 6 yang telah Anda download tadi. Kemudian masuk ke menu File – Create – Create From File.
  • Perhatikan tampilan aplikasi tersebut, tepat pada bagian sebelah kanan Create From File Anda klik From File. Cara ini berguna untuk mengubah file yang sudah ada dalam komputer Anda.
cara membuat file pdf step 1
cara membuat file pdf step 1
  • Secara otomatis aplikasi tersebut akan menuju ke tempat penyimpanan file-file komputer Anda. Carilah file yang ingin Anda convert ke PDF, bisa dalam bentuk doc, docx, txt, ataupun yang lainnya.
  • Setelah selesai melakukan pencarian silahkan klik Open. Nah sekarang file tersebut sudah berubah menjadi PDF. Untuk menyimpannya silahkan klik menu File – Save atau Save As.

# Cara 2

Apabila cara membuat file ke PDF yang pertama masih sulit, tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menggunakan cara kedua. Cara ini digunakan dengan menggunakan klik kanan langsung pada file yang ingin diubah menjadi PDF, kali ini saya akan mengubah gambar JPG menjadi PDF.

  • Pertama langsung tuju tempat penyimpanan file yang ingin diubah menjadi PDF (lihat gambar). Kemudian klik Kanan tepa pada bagian file tersebut.
  • Secara otomatis komputer Anda akan mengeluarkan semacam pop-up kontek windows explorer, nah srcoll kebawah dan cari Convert to PDF in Foxit Reader.
cara membuat file pdf step 2
cara membuat file pdf step 2
  1. Setelah Foxit Reader terbuka, silahkan Save As file yang telah Anda ubah tersebut.

# Cara 3

Cara terakhir untuk membuat PDF adalah dengan menggunakan media printer. Sebenarnya setelah Anda melakukan penginstalan Foxit Reader, aplikasi tersebut langsung terhubung ke virtual printer Anda, sehingga ketika mencetak file kita bisa memilih output dalam bentuk PDF.

Sebagai contoh saya akan membuat file gambar menjadi PDF dengan cara menggunakan fasilitas print di Paint, berikut selengkapnya.

  • Jalankan terlebih dahulu aplikasi Paint di komputer Anda.
  • Lalu buka gambar target yang ingin diubah ke PDF, pilih menu File – Print.
cara membuat file pdf step 3
cara membuat file pdf step 3
  • Disana terdapat sebuah menu opsi print, pilihlah printer Foxit Reader PDF Printer.
  • Setelah selesai pilih lokasi penyimpanan dan akhiri dengan klik Save.

Catatan: selain Paint, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain untuk mengubah file melalui fasilitas print tersebut. Baik itu Photoshop, CorelDraw, ataupun aplikasi lainnya.

Itulah beberapa cara membuat file PDF melalui Foxit Reader 6. Pilihlah salah satu cara dari ketiga cara diatas yang menurut Anda paling mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, salam. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *