Cara Membuat Kacang Bawang Renyah dan Empuk di Rumah

Sipendik.com – Salah satu makanan ringan atau camilan yang umum kita jumpai adalah kacang bawang. Bukan Cuma sebagai camilan atau sekedar makanan ringan, kacang bawang juga sering digunakan pada acara – acara tertentu, saat lebaran, natal, pernikahan, upacara adat, dan acara penting lainnya. Kacang bawang merupakan hasil olahan berbahan dasar kacang tanah yang telah dikupas kulitnya dan dibersihkan dari kulit arinya yang diberi bumbu utama berupa bawang putih yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan makanan yang lezat. Proses memasaknya ada berbagai metode seperti di oven, sangrai, dan yang paling umum adalah dengan cara di goreng menggunakan minyak panas. Seiring berjalannya waktu kacang bawang kini tersedia dengan berbagai variasi seperti kacang bawang asin, kacang bawang balado, kacang bawang rasa mete, kacang bawang pedas, dan masih banyak lagi. Bagaimana ? Penasaran dengan cara membuat kacang bawang renyah dan empuk dengan bahan dan cara pembuatan yang sangat sederhana ? Langsung saja kita simak ulasan berikut tentang cara membuat kacang bawang.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat kacang bawang renyah dan empuk :

  • Kacang tanah kupas, 1 kg
  • Santan kelapa kental 500 ml
  • Bawang putih 10 siung, iris tipis lalu goreng sampai matang untuk bahan taburan
  • Bawang putih 5 siung, haluskan
  • Garam halus 2 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kacang bawang
  • Air mendidih 1 liter

Langkah – langkah untuk membuat kacang bawang renyah dan empuk :

  1. Cuci bersih kacang tanah kupas, lalu rendam ke dalam air mendidih beberapa saat. Tunggu sampai air agak dingin lalu mulailah untuk membersihkan kulit ari kacang tanah. Lakukan sampai semua kacang tanah habis lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci ukuran sedang, mulailah untuk merebus santan bersama dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang dan garam. Aduk perlahan – lahan dan rebus sampai mendidih lalu angkat.
  3. Selanjutnya yaitu masukkan kacang tanah yang telah dibersihkan kulit arinya ke dalam rebusan santan. Diamkan beberapa saat sampai meresap dan santan menjadi dingin. Angkat lalu tiriskan.
  4. Siapkan wajan penggorengan, panaskan minyak secukupnya saja. Goreng kacang tanah ke dalam minyak panas, yang sebelumnya kacang telah di rendam ke dalam santan dan bumbu halus. Goreng sampai matang ditandai dengan warna berubah menjadi kecoklatan. Jangan lupa untuk mengadu – aduk agar kacang tidak gosong. Angkat lalu tiriskan.
  5. Siapkan nampan atau tampah besar yang telah dialasi kertas atau tisu untuk menyerap minyak.
  6. Tuang kacang tanah ke dalam nampan kemudian taburi dengan bawang goreng. Aduk rata dan diamkan beberapa saat sampai dingin. Setelah dingin segera simpan ke dalam toples lalu tutup.

Itulah tadi cara membuat kacang bawang renyah dan empuk di rumah yang bisa Anda coba untuk menghidangkan camilan sehat bagi keluarga. Untuk proses penggorengan usahakan menggunakan nyala api sedang dan sering di balik agar tidak gosong. Setelah kacang bawang buatan Anda dingin langsung masukkan ke dalam toples dan tutup rapat kemudian simpan pada udara ruang, hal ini dilakukan agar kacang bawang mampu bertahan lama. Hindari penyimpanan dalam toples saat kacang bawang masih panas, karena akan menyebabkan kacang bawang tidak renyah. Selamat mencoba dan jangan lupa mengunjungi sipendik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.