Cara Membuat Kacang Telur Sederhana yang Renyah

Sipendik.com – Camilan yang ada saat ini sangatlah beragam mulai dari camilan yang kering hingga makanan basah. Makanan ringan yang renyah merupakan salah satu jenis makanan ringan yang cukup banyak di gemari di kalangan masyarakat seperti kacang telur. Kacang telur merupakan hasil olahan berbahan dasar kacang tanah yang di balut dengan adonan telur dan tepung serta tambahan beberapa rempah. Proses memasak kacang telur umumnya dengan cara di oven atau bisa juga dengan cara di goreng. Sebagian besar dari kita sudah bisa dipastikan pernah melihat dan mencicipi kacang telur, tetapi apakah Anda tahu bagaimana proses pembuatannya ? jika Anda tertarik untuk mencoba membuat kacang telur sendiri di rumah, Anda bisa mencoba resep dan cara membuat kacang telur sederhana dari sipendik dengan bahan dan cara pembuatan yang sangat mudah. Kacang telur yang ada di pasaran saat ini ada beberapa varian rasa seperti kacang telur manis, kacang telur asin, kacang telur renyah dan masih banyak lagi. Langsung saja kita simak cara membuat kacang telur berikut ini.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat kacang telur :

  • Kacang tanah kualitas bagus 400 gr, kupas kulitnya
  • Telur ayam 4 butir
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Garam halus 2 sendok teh
  • Santan kental 200 ml
  • Tepung maizena 85 gr
  • Tepung terigu 350 gr
  • Air putih 200 ml
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kacang telur

Bahan bumbu halus yang diperlukan :

  • Bawang putih 10 siung ukuran sedang
  • Kemiri 2 butir
  • Ketumbar ¼ sendok teh

Langkah – langkah membuat kacang telur :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah sangrai kacang tanah yang tekah dikupas, sangrai sampai kacang tanah matang. Jangan lupa untuk mengaduk secara terus – menerus agar kacang tanah tidak gosong dan matangnya merata. Angkat dan tiriskan, tunggu beberapa saat sampai kacang dingin. Saat proses sangrai usahakan nyala api dalam keadaan sedang.
  2. Siapkan wadah dengan ukuran besar untuk membuat adonan kacang telur. Masukkan bumbu halus, garam, dan gula pasir. Aduk sampai rata.
  3. Tambahkan kacang tanah sangrai ke dalam campuran bumbu
  4. Masukkan 1 butir telur ayam, lalu aduk. Selanjutnya tambahkan 3 butir kuning telur aduk- aduk kembali sampai rata, kemudian masukkan santan kelapa dan aduk sampai rata
  5. Masukkan tepung maizena dan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya. Aduk hingga merata, hindari adanya butiran – butiran kacang, usahakan kacang tidak menempel satu sama lain. Tambahkan tepung kanji lagi sampai semua bagian kacang tertutup.
  6. Panaskan minyak secukupnya, masukkan kacang telur dan goreng hingga matang. Angkat lalu tiriskan. Saat proses penggorengan usahakan nyala api dalam keadaan kecil agar matangnya merata.

Itulah tadi cara membuat kacang telur sederhana yang renyah yang bisa Anda coba di rumah untuk menghidangkan camilan yang enak dan bergizi. Meskipun saat ini acang telur sangat mudah untuk dijumpai, tetapi tidak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri di rumah karena Anda tidak perlu khawatir dengan bahan baku yang digunakan untuk membuatnya. Agar kacang telur tetap terjaga kerenyahannya, simpanlah pada tempat atau wadah yang tertutup rapat dan simpan pada udara ruang. Makanan satu ini sangat cocok dinikmati saat santai dengan segelas teh hangat bersama dengan keluarga, kerabat, dan sahabat.