cara membuat kompos

Cara Membuat Kompos Dengan Mudah

Cara Membuat Kompos Dengan Mudah dan Praktis โ€“ Kompos merupakan salah satu pupuk organik yang banyak dimanfaatkan oleh para petani. Apabila dibandingkan dengan pupuk anorganik, pupuk kompos jauh lebih aman dan efisien. Bahkan pupuk kompos juga sangat mudah dalam hal pembuatannya.

Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil pertanian melimpah, berikut ini sipendik sajikan cara membuat pupuk kompos sederhana dengan mudah dan praktis.

Cara Membuat Pupuk Organik Sederhana Dengan Mudah

Bahan-bahan:

– Kotoran ternak dari sapi, kerbau, kambing dan domba sebanyak 2 ton atau 2.000 kg (bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

– Jerami yang dicacah terlebih dahulu kurang lebih 5-10 cm secukupnya saja

– Arang sekam sesuai dengan kebutuhan (secukupnya), akan tetapi usahakan sekam yang sudah terbakar dan belum menjadi abu.

– Air sebanyak 20 liter saja

– EM4 sekitar 7 sendok makan

– Gula pasir sebanyak 7 sendok makan

– Dedaunan yang sudah kering, bubuk gergaji, atau bahan organik-organik lainnya.

Alat-alat yang diperlukan:

– Sekop

– Cangkul

– Sarung tangan

– Karung goni

Cara membuat pupuk kandang organik dengan mudah:

  1. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu tempat untuk pembuatan pupuk tersebut. Usahakan tempat pembuatan pupuk terlindung dari sinar matahari langsung dan teduh dari hujan (apabila ada hujan).
  2. Selanjutnya kita akan membuat dekomposer atau pengurai. Caranya campur antara EM4 dan gula kedalam air secukupnya saja. aduk-aduk sampai tercampur secara merata.
  3. Sekarang kita akan membuat pupuk kompos melalui beberapa lapisan. Pada lapisan pertama campurkan kotoran ternak tadi dengan arang sekam, lalu aduk-aduk sampai semua tercampur secara merata. Setelah itu campurkan dengan dekomposer yang telah kita buat tadi secukupnya saja, aduk-aduk kembali agar semua tercampur secara merata.
  4. Pada lapisan kedua masukan dedak, jerami, bubuk gergaji, dan berbagai bahan organik lainnya. Siram lagi lapisan kedua tersebut dengan menggunakan dekomposer sisanya tadi sampai merata.
  5. Setelah semua sudah selesai, tutup bahan-bahan tadi dengan menggunakan karung goni atau tumpukan jerami. Pastikan Anda menutupnya dengan rapat, hal ini bertujuan agar bakteri pengurai dapat bekerja secara maksimal.
  6. Selanjutna setelah dua hari, buka pupuk tersebut dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur secara merata. Lalu tutup rapat kembali dan pastikan jangan sampai ada lubang di bagian wadah tersebut.
  7. Sekarang kita tinggal menunggu dan melakukan pemantauan. Untuk mengecek apakah pupuk tersebut sudah siap pakai atau belum, silahkan masukan tangan Anda (dengan sarung tangan) kedalam pupuk tersebut, Apabila tangan tidak mampu menahan panasnya pupuk tersebut, maka silahkan tutup kembali dan tunggu hari berikutnya.
  8. Biasanya pada hari keempat dan kelima, pupuk tersebut sudah siap untuk digunakan. Namun silahkan cek terlebih dahulu dengan menggunakan tangan (pakai sarung tangan). Manakala sudah hangat dan tidak terlalu panas, maka pupuk kompos organik telah siap untuk digunakan.

Bagaimana, mudah sekali bukan? maka dari itu segera terapkan cara membuat pupuk kandang organik diatas sekarang juga.

Itulah sajian informasi singkat seputar cara membuat pupuk kompos organik yang dapat kami sampaikan. Pupuk tersebut sangat cocok untuk segala jenis tanaman, mulai dari padi, palawija, sampai tanaman-tanaman yang ada di kebun pekarangan rumah kita.

Sekian informasi pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi pembuatan pupuk bagi Anda, salam. ๐Ÿ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *