Cara Membuat Kue Cucur Lezat dan Berserat

Sipendik.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan warisan kuliner yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Salah satu makanan tradisional yang saat ini bisa dibilang jarang kita temui adalah kue cucur. Kue cucur merupakan salah satu hasil olahan yang berbahan dasar dari tepung terigu dan tepung beras dengan campuran berbagai bahan pelengkap lainnya. Cara pembuatannya adalah dengan cara menggoreng adonan tadi hingga mengembang dan membentuk serat. Rasanya yang manis, gurih dengan tekstur lembut dan renyah pada bagian pinggirnya membuat kue cucur sangat digemari dan banyak di cari. Sekilas tekstur bagian dalam dari kue cucur ini mirip seperti bika ambon dengan serat – serat di dalamnya. Kue cucur biasanya dihidangkan pada acara – acara tertentu seperti acara adat tetapi seiring berjalannya waktu, kue cucur tidak hanya dihidangkan saat acara tertentu tetapi bisa dinikmati kapan saja saat santai dan berkumpul bersama keluarga, teman, dan kerabat. Kali ini sipendik akan membahas tentang kue cucur mulai dari bahan yang akan digunakan hingga cara pembuatan yang sederhana dengan cita rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Langsung saja kita simak cara membuat kue cucur berikut ini.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue cucur :

  • Tepung terigu protein sedang 30 gram
  • Tepung beras 125 gram
  • Gula merah 125 gram, sisir halus
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam halus ¼ sendok teh
  • Air bersih 230 ml

Langkah – langkah untuk membuat kue cucur :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siapkan panci untuk merebus air. Masukkan air bersih ke dalam panci, tambahkan gula merah yang sudah di sisir, dan daun pandan yang sudah dibuat simpul. Rebus hingga mendidih kemudian angkat dan saring. Diamkan beberapa saat hingga hangat – hangat kuku.
  • Siapkan wadah ukuran sedang untuk membuat adonan. Masukkan tepung terigu, tepung beras, dan garam halus. Tuangkan larutan gula yang sudah Anda buat tadi, tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni. Lakukan hingga mendapatkan adonan yang kental setelah itu tepuk – tepuk sekitar 15 menit. Kemudian diamkan adonan selama 40 menit.
  • Siapkan wajan penggorengan, panaskan 4 sendok makan minyak goreng. Setelah panas tuangkan adonan kue cucur secukupnya saja. Jangan terlalu tebal agar kue cucur bisa matang merata. Siram – siram bagian kue cucur sampai mengembang dan membentuk serat. Tusuk – tusuk kue cucur sambil diputar agar bagian dalam kue yang belum matang bisa keluar. Siram – siram kembali kue cucur sampai benar – benar matang. Balik kue cucur sebentar saja kemudian angkat.

Itulah tadi cara membuat kue cucur lezat dan berserat yang sederhana dan sangat mudah untuk dicoba. Meski terbilang udah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses pembuatannya agar mendapatkan hasil yang bagus. Saat menggoreng kue cucur sebaiknya gunakan minyak yang benar – benar panas agar kue cucur yang dihasilkan dapat mengembang dan berserat. Jika minyak sudah menyusut atau berkurang tambahkan lagi seperti semula dan tunggu hingga benar – benar panas. Saat adonan akan dituangkan, aduk – aduk terlebih dahulu agar bahannya tercampur merata. Agar kue terlihat menarik Anda bisa menambahkan pewarna makanan secukupnya saja. Anda juga dapat menambahkan irisan buah nangka untuk menghasilkan kue cucur dengan cita rasa yang berbeda dari biasanya serta menambah aroma wangi. Selamat mencoba.