Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Sederhana

Sipendik.com – Membahas tentang makanan tradisional khas nusantara memang tak ada habisnya. Mulai dari makanan ringan seperti jajanan hingga makanan berat yang kini banyak sekali jenis dan varian rasa, bentuk dan ukurannya. Salah satu makanan tradisional yang sering kita jumpai adalah kue lumpur. Kue ini tergolong kue basah atau jajanan pasar. Kue lumpur banyak kita jumpai di pasar, penjual jajanan pasar yang ada di pinggir jalan, toko roti, kedai, dan lain sebagainya. Biasanya kue ini di hidangkan sebagai snack, sebagi sajian saat acara tertentu, ataupun camilan untuk menemani waktu santai. Tak heran jika kue lumpur ini menjadi salah satu jajanan yang banyak dicari dan digemari, karena memiliki cita rasa yang enak, manis dengan tekstur kue yang lembut dan mampu membuat orang yang menikmatinya ketagihan. Kue lumpur ini berbahan dasar dari campuran tepung terigu dengan kentang dan diberi bahan pelengkap sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat. Kue lumpur pada umumnya berbentuk bulat dan diberi tambahan toping di atasnya berupa taburan kismis. Untuk toping yang digunakan tidak harus kismis, Anda dapat mengganti toping ini sesuai dengan selera Anda seperti parutan keju, meses, coklat, kacang almond, dan lain sebagainya. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba membuat kue lumpur di rumah? Bahan yang digunakan untuk membuat kue lumpur sangat mudah kita jumpai dan cara pembuatannya pun tidak sulit untuk dipraktekkan. Langsung saja kita simak cara membuat kue lumpur kentang sederhana berikut ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kue lumpur kentang :

  • 125 gr kentang, kukus kemudian haluskan
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 400 ml santan cair
  • 125 gr margarin yang telah dilelehkan
  • 2 butir telur ayam
  • 125 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • Daging kelapa muda, secukupnya atau sesuai selera
  • Keju cheddar, potong kecil – kecil secukupnya atau sesuai selera

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang :

  1. Siapkaan wadah, campurkan gula pasir, telur dan vanili kemudian aduk menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama 10 menit. Kemudian masukkan kentang yang telah dihaluskan dan aduk – aduk hingga semua rata, masukkan tepung terigu perlahan – lahan sambil diaduk hingga merata.
  2. Tuangkan santan cair, masukkan garam dan margarin cair lalu aduk lagi hingga rata kemudian saring adonan supaya lembut dan pastikan tidak ada gumpalan – gumpalan.
  3. Siapkan cetakan kue lumpur kemudian panaskan dan jangan lupa olesi dengan margarin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah cukup panas, pastikan nyala api kecil saja saat memasak agar matangnya merata. Isi adonan setengah cetakan saja. Tunggu beberapa saat hingga adonan setengah matang.
  4. Setelah adonan setengah matang beri taburan serutan daging kelapa muda secukupnya kemudian beri potongan keju di atasnya. Tunggu hingga bagian atas kue padat dan matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Kue lumpur kentang yang lembut buatan Anda siap untuk dihidangkaan bersama keluarga dan kerabat.

Itulah tadi cara membuat kue lumpur kentang sederhana, sangat mudah untuk dicoba di rumah bukan? Untuk menikmati kue lumpur ini Anda pun tidak perlu pergi keluar rumah untuk mencari penjual kue lumpur, Anda bisa membuat kue lumpur sendiri dengan berbagai variasi rasa dan ukuran tentunya. Jangan lupa kunjungi terus sipendik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

87
SHARES