Cara Membuat Kue Nastar Empuk Spesial

Sipendik.com – Saat lebaran tiba bisa dipastikan banyak ditemui kue-kue khas lebaran yang dihidangkan untuk para tamu dan kerabat dekat. Salah satu kue khas lebaran adalah kue nastar. Siapa yang tidak kenal dengan kue yang satu ini? Kue satu ini memiliki ciri khas yaitu terdapat selai nanas di dalamnya. Ada juga sebagian orang yang menggunakan selai dengan rasa berbeda seperti bluberi, stroberi dan lainnya. Kue nastar ini berbentuk bulat dan terdapat topping diatasnya, seperti potongan keju, cengkeh dan kismis. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat kue nastar empuk spesial dan tentunya mudah untuk dipraktekan di rumah.

Bahan-bahan: 

  • 150 gr margarin
  • 100 gr butter
  • 90 gr gula halus
  • 50 gr susu bubuk
  • 350 gr tepung terigu protein rendah
  • 3 buah kuning telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Selai Nanas :

  • 1 buah nanas, dihaluskan dengan blender atau parut
  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir cengkeh
  • 2 batang kayu manis

Bahan untuk Olesannya :

  • 2 buah kuning telur
  • 1/2 sdt air
  • 1/2 sdt madu

Cara Membuat Selai Nanas dan Olesan

  1. Masaklah nanas yang telah dihaluskan menggunakan blender/parut, kayu manis dan cengkeh sampai air menyusut. Lalu masukkan gula pasir, aduk hingga selai menjadi padat dan dapat dibentuk.
  2. Bentuklah selai yang telah jadi menjadi bentuk bulatan-bulatan. Ukuran bulatan dapat dibuat sesuai selera tetapi jangan terlalu besar, untuk menghindari selai keluar dan dapat membuat kulit nastar retak.
  3. Untuk olesan kue nastar, masukkan 2 buah kuning telur, tambahkan 1/2 sdt air dan 1/2 sdm madu, lalu aduk hingga merata.

Cara Membuat Kulit Nastar

  1. Masukkan margarin, butter, gula halus, dan vanila bubuk ke dalam sebuah wadah, lalu kocok menggunakan mixer hingga adonan tercampur merata. Kemudian masukkan kuning telur satu per satu.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, lalu aduk adonan menggunakan sendok kayu atau spatula sampai tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan untuk dibentuk. Untuk adonan sisanya silahkan dibungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas.
  4. Giling adonan dengan ketebalan kurang lebih 1/2 cm. Sebelum adonan digiling, berikan alas plastik di kedua sisi. Cetaklah adonan menjadi bundar menggunakan gelas berdiameter kurang lebih 5 cm. Ambil satu bagian, beri isian selai dan bentuk bulat.
  5. Tatalah semua adonan yang telah diberi selai dan telah dibentuk bulat tadi di atas loyang yang sudah diberi alas kertas roti atau kertas minyak. Lalu masukkan ke dalam kulkas.
  6. Ambilah adonan yang belum dibentuk (adonan B), kemudian lakukan seperti pada nomor 5.
  7. Jika semua adonan telah dibentuk dan diberi selai, masukkan semuanya ke dalam kulkas, tunggu kurang lebih 1/2 jam agar adonan yang terakhir anda buat tadi agak lama didalam kulkas.
  8. Panaskan oven pada suhu 150° celcius.
  9. Panggang nastar kurang lebih 20 menit. Jika oven anda berukuran besar, anda dapat memanggang seluruh adonan nastar secara bersamaan. Tetapi jika oven anda berukuran kecil dan tidak dapat menampung semua adonan, maka pangganglah terlebih dahulu adonan nastar pertama, kemudian lanjutkan dengan adonan nastar yang kedua.
  10. Panggang selama 20 menit, keluarkan nastar dari oven lalu olesi pemukaan nastar. Kemudian, masukkan kembali ke dalam oven selama 15 menit hingga warna permukaan nastar menjadi kuning kecoklatan.
  11. Keluarkan nastar dari oven dan dinginkan
  12. Kue nastar siap disajikan.

Bagaimana? cukup mudah bukan cara membuat nastar? andapun bisa mengkreasikan selai yang akan digunakan sebagi isian kue nastar seperti selai coklat, nanas keju, dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai cara membuat kue nastar empuk spesial. Semoga anda berhasil membuat kue nastar yang enak ini. Jangan lupa kunjungi sipendik untuk resep-resep yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *