Cara Membuat Lemper Isi Abon Spesial

Sipendik.com – Lemper merupakan salah satu makanan khas asli dari Indonesia yang sudah tersebar di hampir seluruh daerah. Lemper umumnya terbuat dari ketan putih kukus yang di dalamnya berisi aneka jenis daging, ataupun abon kemudian di bungkus menggunakan daun pisang lalu di kukus kembali. Menggunakan daun pisang sebagai bungkus lemper akan menambah cita rasa dari lemper. Lemper biasanya dinikmati sebagai pengganjal perut sebelum memakan makanan berat seperti nasi ataupun menu utama lainnya. Nah, umumnya jenis makanan ini tersedia saat ada acara – acara tertentu seperti acara adat, pernikahan, syukuran, dan masih banyak lagi. Untuk bisa menikmati lemper saat ini sangatlah mudah, karena hampir setiap toko kue dan jajanan pasar menyediakan makanan satu ini. Seiring dengan berjalannya waktu, lemper kini mulai tersedia dalam berbagai variasi rasa seperti lemper isi abon, lemper isi daging, lemper abon ikan, lemper kukus, lemper bakar, bahkan sekarang juga ada lemper isi sayur. Meskipun sudah banyak penjual lemper di pasaran tidak ada salahnya jika Anda mencoba resep dan cara membuat lemper isi abon dari sipendik karena bisa dipastikan bahan yang digunakan lebih sehat dan lebih aman untuk dikonsumsi. Langsung saja kita simak cara membuat lemper.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat lemper isi abon :

  • Abon sapi untuk bahan isian secukupnya atau sesuai selera
  • Beras ketan putih kualitas bagus 800 gram
  • Garam halus ¼ sendok teh
  • Santan kelapa 350 ml
  • Daun pandan 1 yang masih segar 1 lembar, cuci bersih dan buat simpul
  • Daun pisang yang masih baru secukupnya untuk bahan membungkus lemper
  • Plastik secukupnya

Langkah – langkah untuk membuat lemper :

  1. Pertama – tama rendam beras ketan menggunakan air selama 3 jam. Kemudian cuci bersih menggunakan air mengalir sampai bersih lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya kukus beras ketan yang sudah dibersihkan. Kukus sekitar 15 menit sampai ketan setengah matang lalu angkat.
  3. Tambahkan santan kelapa, daun pandan, dan garam dapur. Aduk – aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  4. Mulailah untuk mengukus ketan kembali sampai matang dan tanak, pengukusan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Angkat dan tiriskan sampai ketan dingin.
  5. Langkah selanjutnya yaitu membuat lemper. Ambil 2 sendok makan ketan, letakkan pada plastik lalu pipihkan ketan.
  6. Setelah berbentuk pipih, masukkan abon sapi secukupnya saja atau sesuai selera. Bentuk menggumpal dan lonjong seperti lemper pada umumnya dengan posisi masih dialasi plastik. Usahakan bentuk lemper rapi kemudian bungkus menggunakan daun pisang. Lakukan hingga semua bahan habis.
  7. Siapkan panci untuk mengukus lemper. Kukus lemper yang sudah Anda buat tadi sampai matang. Proses pengukusan membutuhkan waktu sekitar 30 menit lalu angkat.
  8. Lemper buatan Anda siap untuk dinikmati.

Itu tadi cara membuat lemper isi abon spesial yang bisa langsung Anda coba di rumah dengan menggunakan bahan dan cara yang sangat sederhana. Lemper sangat cocok dinikmati saat kumpul bersama keluarga, kerabat, dan sahabat bersama dengan secangkir teh hangat. lemper juga bisa digunakan untuk bekal sekolah ataupun saat kerja sebagai pengganjal perut. Anda bisa melibatkan si kecil saat membuat lemper agar si kecil mengerti dan paham tentang cara dan proses mengolah lemper yang biasa di jual di pasaran. Selamat mencoba.

9
SHARES