Cara Membuat Onde Onde Isi Kacang Hijau

Sipendik.com – Tidak dapat di pungkiri bahwa Indonesia memiliki makanan tradisional yang tak terhingga jumlahnya. Salah satu makanan tradisional yang masih eksis sampai sekarang dan masih banyak diminati oleh masyarakat luas adalah onde – onde. Tentu Anda sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Makanan yang termasuk jenis jajanan pasar ini berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Namun keberadaan onde – onde kini sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kita pun sering menemui onde – onde ini di pasar, di tempat makan, tempat penual jajanan pasar, dan lain sebagainya. Onde onde ini memiliki rasa yang gurih dan manis, terdapat isian kacang hijau yang telah dihaluskan, dan pada bagian kulitnya terdapat wijen yang menjadikan ciri khas dari onde – onde ini. untuk isian onde – onde saat ini sudah banyak di variasi seperti menggunakan coklat, keju, campuran kacang hijau, dan lain sebagainya. Dengan adanya variasi ini tentu saja semakin menambah minat para konsumen. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati jajanan tradisional ini dan ingin mencoba membuatnya sendiri dengan kreasi Anda, Anda bisa mencoba mempraktekkan resep dari sipendik mengenai langkah – langkah dan cara membuat onde – onde isi kacang hija di bawah ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat onde – onde :

  • 250 gram wijen
  • Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

Bahan untuk membuat isian onde – onde :

  • 225 gram kacang hijau, buang kulitnya
  • 120 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam halus
  • ¼ sendok teh vanili bubuk

Bahan untuk membuat bagian kulit onde – onde :

  • 500 gram tepung ketan
  • 100 gram tepung beras
  • 10 ml air panas
  • 250 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh garam halus

Cara membuat isi onde-onde:

  1. Rendamlah kacang hijau kurang lebih 4 jam. Kemudian cuci sampai bersih, dan bersihkan dari sisa kulit yang masih menempel.
  2. Rebus kacang hijau yang telah dibersihkan tersebut, tunggu sampai tanak. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Campurkan kacang hijau dengan semua bahan isi lainnya yang telah Anda siapkan seperti vanili, gula dan garam.
  4. Campurkan semua bahan hingga rata lalu haluskan atau hancurkan.
  5. Bentuklah adonan kacang hijau menjadi bulatan kecil, kemudian sisihkan.

Cara membuat onde – onde :

  1. Campurkan tepung ketan dan tepung beras ke dalam wadah kemudian aduk sampai tercampur rata.
  2. Setelah itu masukkan vanili dan juga garam, aduk adonan hingga tercampur merata.
  3. Cara membuat kulit onde – onde berikutnya adalah tambahkan air panas yang telah disediakan sedikit demi sedikit.
  4. Uleni adonan hingga terbentuk adonan yang kalis, setelah itu buatlah adonan menjadi bentuk bulat – bulat kecil. Pipihkan adonan kulit onde – onde tersebut kemudian buatlah cekungan, beri isian dengan adonan kacang hijau yang telah dibuat tadi. Bentuklah adonan menjadi bulat tertutup, rapatkan dan tekan pelan – pelan pada bagian yang masih terbuka agar semua bagian tertutup dan isian onde – onde tidak keluar.
  5. Gulingkan adonan tersebut ke dalam wijen dan pastikan seluruh permukaan sudah tertutup wijen, sisihkan.
  6. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan onde –onde tadi, tunggu hingga onde – onde matang ditandai dengan onde – onde yang sudah mengapung dan berwarna kecoklatan. Angkat kemudian tiriskan.
  7. Onde – onde kacang hijau siap untuk dinikmari.

Itu tadi cara membuat onde – onde isi kacang hijau, tentu tidak sulit untuk Anda coba di rumah. Untuk ukuran onde –onde, Anda bisa membuatnya sesuai dengan selera Anda. Biasanya untuk si kecil lebih menyukai ukuran yang relatif kecil seperti kelereng. Jika Anda menginginkan rasa yang berbeda, Anda bisa membuat isian onde – onde sesuai dengan kreasi Anda, seperti menambahkan keju, vanila, coklat dan sebagainya.

100
SHARES