Cara Membuat Opor Ayam Kuning dan Gurih

Sipendik.com – Indobesia memiliki banyak sekali masakan tradisional salah stunya adalah opor ayam. Untuk jenis masakan yang satu pasti sudah sangat familiar dan sering kita temui sebagai teman menyantap nasi ataupun lontong. Sebagian orang menggunakan opor ayam sebagai menu wajib saat lebaran tiba dan disantap bersama dengan keluarga dan rekan-rekan. Sesuai dengan namanya opor ayam ini berbahan dasar ayam yang memiliki cita rasa khas rempah Indonesia, gurih, dan memiliki ciri khas dengan balutan kuah santan kuning. Masakan yang satu ini termasuk jenis makanan berat dan tergolong jenis masakan rumahan dan memiliki banyak penggemar. Untuk menikmati opor ayam yang lezat ini Anda tidak perlu menunggu datangnya moment tertentu seperti hari raya misalnya, karena Anda pun bisa mencoba membuat sendiri di rumah sebagai menu santap siang maupun makan malam bersama keluarga. Kali ini sipendik akan memberikan resep dan cara membuat opor ayam kuning dan gurih yang bisa Anda coba di dapur sendiri dan tentunya bahan yang digunakan pun tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Langsung saja kita simak langkah-langkah pembuatannya:

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat opor ayam kuning:

  1. 1 kg daging ayam, potong – potong ayam dengan ukuran sesuai dengan selera Anda
  2. 400 cc santan kelapa
  3. 2 lembar daun salam yang masih segar
  4. 3 batang serai, memarkan
  5. Minyak secukupnya untuk menumis
  6. Gula pasir secukupnya
  7. Garam secukupnya
  8. Penyedap rasa bila Anda menginginnkan
  9. 2 gelas air bersih

Bahan – bahan bumbu halus:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang merah
  3. 7 butir kemiri
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. 1 sendok teh merica
  6. ½ sendok teh pala
  7. Jahe sekitar 4 cm
  8. Lengkuas sekitar 4 cm
  9. Kunyit 4 cm atau secukupnya

Langkah – langkah dan cara membuat opor ayam:

  1. Cucilah sampai bersih daging ayam yang telah di potong – potong tersebut, kemudian rebus ayam dengan air yang telah di panaskan hingga mendidih, tunggu beberapa saat sekitar 5 menit.
  2. Langkah membuat opor ayam selanjutnya adalah panaskan wajan, tuangkan minyak secukupnya, lalu tumislah bumbu yang telah dihaluskan sampai berbau harum. Masukkan daun salam dan serai yang telah di memarkan, tunggu sampai layu. Jangan lupa untuk memasukkan gula pasir, garam, atau penyedap rasa secukupnya.
  3. Langkah yang dilakukan selanjutnya adalah masukkan daging ayam yang telah di rebus ke dalam bumbu. Masak kurang lebih 10 menit
  4. Tuangkan santan dan air, kemudian masak hingga santan mendidih dan mulai menyusut. Nah, padaa langkah ini cara membuat opor ayam kuning yang lezat sudah hampir selesai.
  5. Setelah matang, sajikan opor ayam kuning bersama ketupat, lontong atau nasi. Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan taburan bawang goreng di atasnya supaya lebih gurih.

Bagaimana? Sangat mudah dan praktis bukan? Biasanya permasalahan yang terjadi ketika membuat opor ayam adalah santan pecah, untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya pada saat memasak opor ayam dan ingin mengaduk kuah opor ayam yang telah diberi santan, aduklah dengan cara memutar ke dalam kemudian angkat. Bagi Anda yang ingin mencoba opor ayaam putih, Anda tinggal menghilangkan kunyit dari daftar bahan-bahan yang digunakan. Itulah tadi cara membuat opor ayam kuning dan gurih semoga bermanfaat dan selamat mencoba.