Cara Membuat Origami Ayam Sederhana

cara membuat origami

Cara Membuat Origami Ayam Sederhana – Origami merupakan seni melipat kertas yang sudah cukup populer di Jepang. Ada banyak sekali jenis origami yang bisa kita bentuk, semua itu tergantung dari selera kita masing-masing.

Nah pada kesempatan kali ini sipendik akan mencoba mengajak Anda untuk membuat origami ayam yang cukup sederhana tetapi indah. Penasaran? Langsung saja simak cara membuat origami ayam sederhana berikut ini.

Cara Mudah Membuat Origami Ayam Sederhana

Langkah 1: sediakan kertas origami yang berukuran agak sedikit lebih besar atau tanggung, hal ini bertujuan agar mudah dalam melipatnya nanti. Namun apabila tidak ada kertas origami, Anda bisa menggunakan kertas lainnya.

Langkah 2: kertas origami berbentuk kotak persegi tersebut Anda lipat sampai berbentuk segitiga dengan cara melekatkan pada ujung-ujung kertasnya.  Kemudian buka lagi lipatan tersebutn agar kita mendapatkan garis tengah lipatan tersebut. Lakukan lipatan lagi untuk sisi ujung yang berbeda sampai terbentuk garis melintang dan berpusat pada bagian tengah kotak tersebut.

Langkah 3: Lipat bagian bawah ujung kertas origami tersebut ke bagian pusat garis tengah (garis bantu). Setelah itu, bagian bawahnya lagi lipat keatas dan impitkan pada garis bantu yang terletak melintang di tengah-tengah kertas tesebut. Lalu lipat ujung lancip tadi kembali ke bawah, sehingga membentuk semacam paruh ayam.

Langkah 4: Balikan kertas origami tersebut karena kita akan membuat jengger ayam. Lipat pada bagian ujung atas kertas origami tersebut sekiranya 1/3 atau ¼ dari garis diagonal mendatar. Agar lebih rapi, letakan ujung lipatan kertas tersebut sejajar dengan garis vertikal kertas origami tersebut. lalu lipat kembali ujung kertas tadi kearah atas hingga membentuk mirip jengger ayam.

Langkah 5: Setelah kita membuat paruh dan jengger ayam, kini kita akan membuat sisi wajah ayam tersebut. Caranya cukup mudah sekali, Anda tinggal melipat bagian sisi kanan dan kiri kertas origami tersebut ke bagian tengah. Pastikan antara sisi kanan dan kiri berjarak 2 atau 2,5 cm, agar sisi wajah ayam terlihat semakin proporsional.

Langkah 6: sekarang sebenarnya bentuk wajah ayam sudah jadi, akan tetapi belum terlihat indah. Anda dapat memperindah tampilan origami ayam tersebut dengan menggunakan spidol atau krayon warna. Terserah ingin menghiasi origami tersebut dengan variasi warna apa saja, tetapi jangan lupa berikan sentuhan bola mata pada bagian origami tersebut. hal ini bertujuan agar kesan ayam lebih menonjol.

Tips Agar Origami Terlihat Lebih Baik

Mungkin ketika membuat origami beberapa diantara kita akan mendapati sebuah bentuk yang kurang proporsional, baik itu pada bagian jengger, paruh, ataupun sisi wajah ayam.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat merapikan lipatan-lipatan yang telah Anda lakukan tadi. Usahakan semua lipatan tersebut telah lurus, Anda bisa mengetahui lurus atau tidaknya melalui garis-garis bantu yang telah dibuat tadi.

Namun jika kesulitan, Anda bisa menggunakan bantuan penggaris untuk meluruskan lipatan-lipatan tersebut. Dengan lipatan yang lurus dan rapi, maka origami ayam buatan Anda akan terlihat semakin indah.

Origami ayam sangat cocok apabila Anda jadikan sebagai pembelajaran anak-anak TK dan SD, sebab origami ayam sangatlah simpel dalam hal pembuatannya.

Itulah sajian informasi singkat seputar cara membuat origami ayam dengan mudah dan praktis. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda. Selamat mencoba sendiri di rumah, salam. 🙂