Cara Membuat Pangsit Goreng Renyah di Rumah

Sipendik.com – Pamgsit merupakan salah satu camilan yang banyak memiliki penggemar diberbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga dewasa. Sebenarnya pangsit termasuk ke dalam dimsum yang terbuat dari kulit dan bahan isisan. Kulit terbuat dari adonan tepung terigu dan tepung kanji serta bumbu – bumbu kemudian di giling dan di potong – potong menjadi bentuk kotak – kotak sedangkan bahan isian umumnya terbuat dari daging ayam cincang, udang cincang, serta tambahan bebagai irisan sayur dengan tambahan bumbu tentunya. Di Indonesia cara memasak pangsit umunya dengan di rebus dan di goreng yang disajikan bersama dengan mie pangsit ataupun bakso. Pangsit goreng biasanya juga disediakan untuk camilan saat santai bersama keluarga. Nah, pada artikel kali ini sipendik akan membahas secara lengkap tentang cara membuat pangsit goreng yang sangat mudah dan sederhana untuk dicoba di rumah. Bahan yang digunakan juga sangat praktis dan mudah sekali untuk dijumpai. Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya tentang cara membuat pangsit berikut ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kulit pangsit :

  • Tepung terigu 200 gram
  • Tepung kanji 35 gram
  • Telur ayam 1 butir
  • Margarin 1,5 sendok makan
  • 1,5 sendok teh garam halus
  • Baking powder ¼ sendok teh
  • Air bersih 40 ml

Bahan isian pangsit :

  • Daging ayam 150 gram, cincang
  • Bawang putih 2 siung, cincang halus
  • Daun bawang 1 batang, iris halus
  • Garam halus ¾ sendok teh
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • Minyak secukupnya untuk menumis dan menggoreng pangsit

Langkah – langkah untuk membuat pangsit :

  1. Membuat kulit pangsit : siapkan wadah untuk membuat adonan kulit pangsit. Masukkan semua bahan kulit pangsit, lalu uleni hingga rata dan terbentuk adonan yang kalis. Untuk membentuk kulit pangsit, giling adonan sampai tipis kemudian potong – potong kotak sesuai selera Anda, sisihkan.
  2. Cara membuat isisan pangsit : panaskan minyak secukupnya saja untuk menumis. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Masukkan daging ayam cincang, masak sampai daging ayam berubah warna atau setengah matang. Tambahkan irisan daun bawang dan yang terakhir tambahkan merica bubuk dan garam halus. Aduk – aduk dan masak hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Langkah selanjutnya yaitu membuat pangsit. Ambil satu lembar kulit pangsit, tambahkan bahan isian yang sudah di masak tadi pada bagian tengah kulit pangsit. Kemudian lipat – lipat seperti pangsit pada umunya dan rekatkan menggunakan air. Lakukan hingga semua bahan habis.
  4. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng pangsit. Goreng pangsit sampai matang ditandai dengan pangsit berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat lalu tiriskan.
  5. Siapkan wadah penyajian, tuang pangsit ke dalam wadah dan hidangkan selagi hangat.

Itulah tadi cara membuat pangsit goreng renyah di rumah yang bisa langsung Anda coba untuk memberikan hidangan dan camilan lezat yang bergizi bagi keluarga Anda. Bahan isian pangsit dapat disesuaikan dengan selera Anda, Anda juga bisa menambahkan isan wortel, kentang, telur puyuh, dan lain sebaginya untuk menambah cita rasa dari pangsit goreng buatan Anda. Untuk bahan perekat kulit pangsit, selain menggunakan air Anda juga bisa menggunakan putih telur agar merekat lebih kuat. Jika Anda tidak mau ribet dan lebih menghemat waktu saat membuat pangsit, Anda bisa menggunakan kulit pangsit instan yang biasa terdapat di pasaran. Selamat mencoba.