Cara Membuat Pisang Coklat Lumer yang Enak

Sipendik.com – Pisang coklat merupakan salah satu makanan yang banyak di gemari dan dicari. Pisang coklat tergolong makanan ringan dengan nilai gizi tinggi yang di dapat dari bahan – bahan yang digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan gizi cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat ini pisang tidak hanya dimakan begitu saja, tetapi pisang sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai menu olahan makanan yang enak dan menyehatkan, salah satunya adalah pisang coklat. Sesuai dengan namanya bahwa pisang coklat merupakan olahan berbahan dasar pisang yang dibalut dengan kulit krispi goreng dan terdapat coklat diatasnya ataupun di dalamnya. Ada juga yang menambahkan toping berupa parutan keju. Pisang coklat sangat cocok dinikmati saat santai bersama keluarga dan teman baik di rumah, di tempat kerja, ataupun di sekolah. Makanan satu ini mampu merebut hati para penggemar makanan di berbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Rasanya yang manis dengan coklat lumer di dalamnya serta balutan kulit yang krispi membuat pisang coklat cukup diminati. Untuk mendapatkan pisang coklat tidaklah susah karena saat ini sudah banyak sekali pedagang jajanan pasar ataupun di warung yang menyediakan pisang coklat. Bagaimana ? Anda tertarik untuk mencicipi pisang coklat lumer yang lezat ? Meskipun sudah banyak yang menjual pisang coklat, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat sendiri dirumah. Untuk cara membuat pisang coklat lumer yang enak akan dibahas secara lengkap mulai dari bahan yang digunakan hinggaa langkah pembuatannya di bwah ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat pisang coklat lumer :

  • 5 buah pisang kepok atau pisang raja, belah menjadi 2 bagian secara memanjang
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 10 lembar kulit lumpia, Anda bia membelinya di pasar, di swalayan, atau membuatnya sendiri
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Langkah – langkah untuk embuat pisang coklat lumer:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur coklat bubuk dan gula pasir pada wadah yang telah Anda siapkan. Aduk hingga semua tercampur merata lalu sisihkan.
  • Lumuri seluruh bagian pisang yang telah dibelah tadi dengan campuran coklat dan gula yang sudah Anda buat.
  • Siapkan kulit lumpia, letakkan pisang yang telah dilumuri coklat tadi pada kulit lumpia. Gulung seperti melipat dadar gulung atau seperti membuat lumpia. Pastikan seluruh bagian pisang tertutup kulit agar coklatnya tidak keluar saat digoreng. Ulangi langkah ini hingga semua pisang habis.
  • Panaskan minyak pada wajan secukupnya. Setelah panas masukkan pisang coklat dan goreng hingga matang ditandai dengan pisang coklat berubah wara menjadi kecoklatan. Saat proses penggorengan pastikan nyala api dalam keadaan kecil agar tidak gosong. Setelah matang lalu angkat pisang coklat dari penggorengan dan tiriskan.
  • Siapkan wadah atau tempat penyajian. Letakkan pisang coklat pada wadah lalu hidangkan. Lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

Nah, itu tadi cara membuat pisang coklat lumer yang enak di rumah. Cukup sederhana dan mudah untuk di coba bukan ? Bahan – bahan yang digunakan tidak sulit untuk didapatkan dan sangat praktis. Untuk penyajian Anda dapat menambahkan toping sesuai selera seperti parutan keju, meses, susu kental manis, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba dan jangan lupa kunjungi terus sipendik untuk mendapatkan resep menarik lainnya.