Cara Membuat Puding Jagung Santan yang Lembut

Sipendik.com – Puding merupakan salah satu makanan yang memiliki bentuk dan tekstur seperti jeli. Bedanya, jeli biasanya memiliki warna yang lebih cerah dari pada puding. Warna – warna pada puding biasanya adalah warna pastel karena adanya bahan tambahan seperti susu dan santan. Untuk makanan yang satu ini tentu Anda sudah sering melihat bahkan menikmatinya. Puding biasanya disajikan saat hari – hari besar, acara tertentu, snack, oleh – oleh, dan sebagai camilan saat santai di rumah, di sekolah, ataupun di tempat kerja dan biasanya puding disantap sebagai menu penutup saat makan. Di tempat makan dan restoran juga banyak menyediakan menu ini dengan berbagai variasi rasa dan bentuk. Nah, jika Anda bosan dengan puding yang itu – itu saja, Anda bisa mencoba membuat puding jagung santan, tanpa perlu menggunakan bahan puding instant. Rasa manis dari jagung dan segarnya santan mampu menjadikan puding jagung ini terasa lebih enak, nikmat, dan menyehatkan. Puding jagung memiliki banyak jenis seperti puding jagung santan, puding jagung lapis coklat, puding jagung tanpa santan, puding jagung kukus, puding jagung maizena, dan masih banyak lagi. Dan yang akan sipendik bahas saat ini adalah puding jagung santan. Sudah bisa dipastikan puding jagung santan ini sangat lembut dan lumer di mulut. Bagaimana ? Anda penasaran dan tertarik untuk menikmatinya ? Jangan khawatir, Anda bisa mencoba resep dan cara membuat puding jagung santan yang lembut tanpa harus pergi keluar rumah, mencari penjual puding jagung, ataupun menunggu penjual keliling yang belum tentu ada. Dengan membuat sendiri di rumah tentu makanan yang dihasilkan lebih higinis dan lebih aman untuk di makan. Berikut ini adalah langkah – langkah pembuatan puding jagung santan.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat puding jagung :

  • Jagung manis 2 buah, bersihkan dari kulit dan rambutnya kemudian sisir dan sisihkan
  • Santan kelapa 800 ml
  • Gula pasir 6 sdm
  • Tepung maizena 3 sdm, larutkan menggunakan air. Sisihkan
  • Garam 1 sdt
  • Agar – agar bubuk 1 bungkus, merk apa saja

cara membuat puding jagung santan yang lembut :

  • Blender semua jagung yang telah Anda sisir bersama dengan santan. Blender hingga halus kemudian sisihkan.
  • Siapkan wadah ukuran sedang. Masukkan agar – agar bubuk ke dalam panci tadi, tambahkan gula pasir, garam, dan jagung yang telah diblender bersama dengan santan tadi. Aduk – aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  • Masaklah puding hingga matang, jangan lupa untuk terus mengaduk secara perlahan – lahan. Masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air. Masak kembali kurang lebih 4 menit sambil terus diaduk pelan – pelan.
  • Siapkan cetakan untuk mencetak uding jagung buatan Anda. Angkat puding yang telah matang kemudian tuangkan pada cetakan. Tunggu beberapa saat hingga puding agak dingin dan uap panasnya hilang. Selanjutnya masukkan ke dalam lemari es.
  • Puding jagung santan buatan Anda siap untuk dinikmati
  • Porsi ini cukup untuk empat orang

Nah, itu tadi cara membuat puding jagung santan yang lembut. Tidak sulit dan sangat praktis untuk di coba di rumah. Bahan yang digunakan juga mudah kita jumpai. Untuk cetakan puding sebaiknya gunakan cetakan yang unik dan menarik. Dengan adanya bentuk yang bagus dan unik tentu membuat siapa saja yang melihatya langsung penasaran dan ingin segera menikmatinya.