Cara Membuat Roti Maryam Khas Arab Sederhana

Sipendik.com – Kuliner saat ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, siapa yang tidak suka dengan makan ? Pasti setiap orsng sangat gemar makan ataupun sekedar ingin mencicipi makanan khas dari daerah lain yang memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Salah satu makanan yang unik, enak dan kini sudah mulai digemari di kalangan rakyat Indonesia adalah roti maryam. Roti maryam biasa disebut juga dengan roti cane atau roti canai yang berasal dari negara timut tengah yaitu Arab. Roti maryam terbuat dari tepung terigu dan bahan lain sebagai adonan, memiliki bentuk bulat yang terdiri dari beberapa lapis adonan yang telah dipipihkan dan dipadatkan kemudian digoreng atau dipanggang, ada juga sebagian yang menyajikan roti maryam dalam bentuk bulatan tetapi masih dalam bentuk pipihan panjang. Akhir – akhir ini roti maryam banyak diperbincangkan dan dicari karena roti maryam ini terkenal unik dan memiliki rasa yang enak. Dulu di negara Arab roti maryam biasanya disajikan dengan kuah kaldu, kuah rendang, gulai, ataupun original alias tanpa diberi kuah pelengkap. Nah, beda lagi dengan roti maryam saat ini, kini roti maryam tidak hanya disajikan dengan pelengkap kuah tetapi juga diberi toping yang manis – manis dengan menambahkan toping berupa taburan meses, parutan keju, roti maryam coklat, taburan gula pasir, dan masih banyak lagi. Bagaimana ? Anda penasaran dan ingin mencoba menikmati roti maryam ? Meskipun roti maryam sudah banyak dijajakan penjual saat ini, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya di rumah. Anda dapat mempraktekkan resep dan cara membuat roti maryam khas Arab sederhana yang mudah dan untuk dicoba dirumah berikut ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat roti maryam :

  • Tepung terigu protein tinggi 1/2 kg
  • Garam halus secukupnya
  • Susu bubuk full cream 4 sendok makan atau secukupnya
  • Telur 2 butir
  • Air hangat 200 ml
  • Margarin atau menteg 125 gram

Cara membuat roti maryam khas Arab :

  • Kocok lepas telur ayam pada wadah kemudian masukkan tepung terigu, tambahkan sedikit garam halus, dan tuangkan air hangat sedikit demi sedikit. Uleni adonan roti maryam hingga mendapatkan adonan yang kalis. Tipiskan atau pipihkan adonan menggunakan botol kaca atau penggulung dari kayu. Beri olesan mentega di bagian permukaan adonan. Gulung adonan kemudian padatkan.
  • Potong – potong adonan menjadi sekitar 6 cm lalu simpan ke dalam lemari es selama 15 menit. Setelah itu keluarkan adonan.
  • Buat adonan menjadi tipis – tipis atau pipih sesuai selera Anda. Jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal.
  • Siapkan oven untuk memanggang, jika tidak ada oven Anda bisa menggunakan wajan yang anti lengket. Panggang roti maryam hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa untuk membalik roti maryam agar tidak gosong.
  • Roti maryam buatan Anda siap untuk dinikmati. Lebih nikmat dihidangkan selagi hangat.

Itulah tadi cara membuat roti maryam khas Arab sederhana yang mudah dan cocok bagi Anda yang suka memasak ataupun bagi Anda yang masih pemula. Nikmati roti maryam bersama dengan kuah kari, gulai, ataupun dengan berbagai toping pilihan sesuai selera Anda. Sangat cocok dijadikan menu sarapan ataupun saat santai bersama keluarga, kerabat, dan sahabat tercinta. Jangan lupa kunjungi terus sipendik untuk mendapatkan resep, tips, dan informasi menarik lainnya.