Cara Membuat Sale Pisang Manis dan Renyah Sederhana

Sipendik.com – Jenis camilan ataupun makanan yang tersebar di Indonesia saat ini sangatlah beragam. Bahkan`camilan kini bukan hanya dimakan saat santai ataupun ada tamu yang sedang berkunjung ke rumah, camilan juga bisa dijadikan sebagai buah tangan atau oleh – oleh saat Anda berkunjung ataupun sedang berlibur di suatu daerah. Nah, pastinya setiap daerah memiliki makanan dengan ciri khasnya masing – masing yang sangat disayangkan jika Anda lewatkan. Salah satu makanan atau camilan yang kerap dijadikan oleh – oleh adalah sale pisang. Sale pisang merupakan makanan khas dari Kota Kembang Bandung, Jawa Barat yang terbuat dari bahan baku berupa pisang matang yang diiris tipis memanjang kemudian dijemur dan dilumuri adonan kemudian digoreng. Citarasa yang enak, manis, legit dan renyah ini membuat sale pisang cukup digemari dikalangan masyarakat. Mungkin sebagian besar dari kita sudah sangat akrab dengan sale pisang bahkan sudah sering menyantapnya, tetapi apakah Anda tahu bagaimana proses pembuatannya ? Pada artikel kali ini sipendik akan membahas tentang cara membuat sale pisang manis dan renyah yang sangat sederhana dan bisa Anda coba di rumah tanpa membutuhkan waktu yang lama. Untuk mendapatkan dan bisa menikmati sale pisang memang sangatlah mudah karena hampir semua pusat oleh – oleh di Indonesia sudah menyediakan sale pisang ini. meskipun sudah banyak yang menjual tidak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang lebih terjamin keamanannya bukan ? Langsung saja kita simak ulasan tentang cara membuat sale pisang berikut ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat sale pisang :

  • Pisang ambon matang 20 buah
  • Tepung beras 200 gr
  • Tepung sagu 100 gr
  • Vanili ½ sendok teh
  • Air bersih 400 ml
  • Gula pasir 6 sendok makan
  • Air kapur sirih secukupnya

Langkah – langkah untuk membuat sale pisang ;

  • Kupas kulit pisang ambon. Mulailah untuk mengiris pisang tipis – tipis dan memanjang. Lakukan hal yang sama hingga semua pisang habis.
  • Siapkan nampan, letakkan pisang ke dalam nampan kemudian jemur dibawah terik matahari hingga kering. Jika musim hujan dan tidak memungkinkan untuk melaakukan penjemuran pisang, bisa disiasati dengan mengoven pisang ambon. Setelah benar – benar kering kemudian angkat.
  • Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng pisang. Goreng pisang hingga warnanya menjadi kecoklatan. Gunakan api sedang saat proses penggorengan agar matangnya rata dan tidak gosong. Angkat kemudian tiriskan.
  • Sambil menunggu pisang agak dingin, mulailah membuat adonan untuk baahan pencelup sale pisang. Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung sagu, gula pasir, vanili, air kapur sirih, dan air bersih. Aduk – aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  • Celupkan semua pisang yang telah digoreng ke dalam adonan lalu panaskan minyak secukupnya dan mulailah untuk menggoreng pisang yang telah dicelupkan ke dalam adonan. Goreng hingga warnanya kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
  • Sale pisang buatan Anda siap untuk disajikan.

Itulah tadi cara membuat sale pisang manis dan renyah sederhana yang sangat mudah untuk dicoba di rumah. Resep diatas merupakan resep untuk membuat sale pisang dengan rasa original, jika Anda ingin menikmati sale pisang dengan rasa yang berbeda Anda bisa menambahkan coklat, keju, bahkan strawberry. Untuk buah pisangnya Anda juga bisa menggunakan pisang raja, pisang kepok, atau bisa juga menggunakan pisang emas.