Cara Membuat Selai Nanas Rumahan yang Lezat

Sipendik.com – Selai merupakan salah satu hasil olahan makanan awetan yang terbuat dari sari buah – buahan atau buah asli yang telah melalui proses sedemikian rupa dengan penambahan gula sehingga menghasilkan tekstur yang kental atau setengah padat. Nah, tahukah Anda bahwa gula yang digunakan dalam pembutan selai jumlahnya lumayan banyak bahkan mencapai 30 % dari total berat buah yang digunakannya ? Jadi gula ini berfungsi sebagai pengental dan juga pengawet, tidak heran jika selai yang ada di pasaran bertekstur kental dan rasanya manis. Untuk menikmatinya, selai tidak hanya dimakan begitu saja, tetapi dimakan bersama roti dengan cara dioleskan untuk sarapan atau bisa juga untuk bahan isian pembuatan roti seperti kue nastar bahkan bisa juga sebgai pemanis dan perasa minuman seperti yoghurt dan es krim. Saat ini sudah banyak sekali swalayan ataupun toko makanan yang menyediakan selai dengan berbagai macam pilihan rasa sehigga sangat mudah bagi kita untuk bisa menikmatinya. Untuk selai sudah dipastikan hampir semua orang sudah tahu dan sudah pernah mencicipi, tetapi bagaimana dengan proses pembuatannya ? Untuk membuat selai sebenarnya sangatlah mudah dan baahan yang digunakan tidaklah sulit untuk didapatkan, kali ini sipendik akan mengulas secara lengkap tentang cara membuat selai khususnya selai nanas. Sebenarnya selai banyak sekali macamnya seperti selai kacang, selai strawberry, selai coklat, dan masih banyak lagi. Yuk kita intip cara membuat selai nanas rumahan yang lezat dan sederhana berikut ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat selai nanas :

  • Nanas masak 500 gram, kupas dan cuci bersih dengan air mengalir
  • Gula pasir 150 gram
  • Bubuk kayu manis 1,5 sendok makan
  • Bubuk pala 1,5 sendok makan
  • Cengkeh 3 buah
  • Air bersih 100 ml

Langkah – langkah untuk membuat selai nanas :

  • Siapkan blender, masukkan nanas dan air ke dalam blender. Blender hingga buah nanas benar – benar halus.
  • Siapkan panci untuk merebus nanas, tuang buah nanas yang telah dihaluskan ke dalam panci, tambahkan gula pasir, bubuk kayu manis, bubuk pala, dan cengkeh. Masak sampai mendapatkan hasil yang kental dan mengering sekitar 1 jam sambil diaduk – aduk. Saat merebus selai gunakan api kecil agar tidak gosong dan matangnya merata. Setelah matang kemudian angkat dan diamkan hingga dingin.
  • Selai buatan Anda siap untuk dinikmati.

Nah, itu tadi cara membuat selai nanas rumahan yang lezat dan sangat praktis tentunya. Selai sendiri biasanya bisa tahan selama 6 bulan asalkan cara menyimpanannya benar. Agar mendapatkan selai yang bisa tahan lama, sebaiknya simpan selai dalam wadah yang steril yaitu dengan cara merebus hingga mendidih botol yang akan digunakan untuk menyimpan selai, kemudian angkat menggunakan penjepit lalu tiriskan dengan keadaan telungkup, selanjutnya masukkan selai ke dalam botol steril tersebut dan yang terakhir kukus selai bersama dengan botolnya selama 20 menit. Saat proses perebusan selai sebaiknya masukkan gula pasir saat nanas sudah mendidih karena jika gula dimasukkan saat awal memasak akan menyebabkan gula menjadi karamel dan selai menjadi pahit. Dan saat memasaknya harus terus diaduk agar tidak gosong dan bisa matang secara merata. Untuk pembuatan selai bisa menggunakan buah yang lainnya, usahakan menggunakan buah yang memang musim pada saat itu untuk mempermudah mendapatkan bahan buahnya. Selamat mencoba.

14
SHARES