cara membuat stiker

Cara Membuat Stiker Sendiri di Rumah

Cara Membuat Stiker Sendiri di Rumah โ€“ Stiker merupakan sebuah gambar yang bisa kita tempelkan pada benda tertentu. Stiker bisa ditempelkan karena memiliki perekat yang terletak di belakang gambar.

Stiker sendiri dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni stiker bening dan striker tidak bening. Stiker bening berguna agar bagian dalam benda yang kita tempel bisa terlihat jelas.

Dalam pembuatan stiker ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan, masing-masing cara membuat stiker tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Seperti membuat stiker dengan sablon, membuat stiker dengan cetak offset, ataupun cetak secara digital.

Namun bagi Anda yang ingin membuat stiker sendiri di rumah, silahkan langsung saja simak dan terapkan cara mudah membuat stiker dari sipendik berikut ini.

Cara Mudah Membuat Stiker Sendiri di Rumah

Bahan-bahan:

– Komputer lengkap dengan printer (alat pencetak)

– Kertas stiker HVS (mirip dengan kertas HVS biasa yang diatasnya bisa digunakan untuk mencetak gambar printer rumahan)

– Kertas stiker bening atau bisa disebut dengan plastik stiker transparan.

– Alat-alat berupa penggaris, gunting, dan cutter.

Cara praktis membuat stiker sendiri di rumah:

  1. Langkah pertama buka komputer Anda, kemudian sambungkan ke jaringan internet dan mulai browsing gambar-gambar untuk stiker nantinya.

Catatan: Gambar bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing, bisa gambar kartun, gambar pahlawan, artis idola, ataupun foto diri Anda sendiri.

  1. Setelah mendapatkan gambar yang sesuai dengan selera, silahkan lakukan editting gambar tersebut. Agar lebih mudah Anda bisa menggunakan CorelDraw, Photoshop, ataupun aplikasi edit gambar lainnya. Usahakan setiap objek gambar yang ingin digunakan bersih dan terlihat lebih tajam.
  2. Langkah selanjutnya adalah melakukan pencetakan, siapkan printer yang telah terhubung dengan komputer. Caranya ambil kertas stiker HVS tadi, kemudian cetak gambar yang ada dalam komputer diatasnya. Pastikan tinta printer terisi penuh, sebab jika masih sedikit warna pada gambar tidak akan maksimal dan tajam.
  3. Sebenarnya pada langkah ini stiker Anda sudah jadi, namun agar stiker tahan lama silahkan lapisi dengan menggunakan plastik stiker transparan. Untuk melakukannya perhatikan berikut ini.

– Ambil gambar hasil print out tadi.

– Secara perlahan-lahan tempelkan plastik stiker transparan diatas gambar tersebut. Gunakan bantuan pengaris agar plastik tidak menggelembung.

– Pastikan stiker bening tersebut menempel secara sempurna dan rapi diatas gambar.

  1. Berikutnya kita bisa melakukan pembentukan stiker tersebut agar semakin menarik. Caranya Anda bisa menggunakan gunting dan cutter pada bagian lancipnya. Usahakan mengunting stiker tersebut mengikuti pola tepian gambar dengan rapi. Selain membentuk stiker mengikuti pola gambar, Anda juga bisa membentuk stiker menjadi kotak ataupun bulat sesuai selera masing-masing.
  2. Nah sekarang Anda sudah bisa membuat stiker tersebut. Untuk menempelkannya silahkan buka lem yang ada dibalik gambar, kemudian tempelkan di tempat kering sesuai selera Anda.

Bagaimana, mudah bukan? selain mudah membuatnya, stiker tersebut juga akan lebih awet dan tahan lama. Sebab kita tadi menggunakan stiker bening untuk melapisi kertas tersebut. Sehingga meskipun terkena air atau goresan, stiker tidak mudah terlepas dari benda yang kita tempel.

Itulah sajian informasi singkat mengenai cara membuat stiker sendiri di rumah yang dapat kami hadirkan untuk Anda. Semoga dapat bermanfaat dan selalu menjadi sumber referensi bagi Anda, salam ๐Ÿ™‚

4 thoughts on “Cara Membuat Stiker Sendiri di Rumah”

  1. bisa gak kalo gak di edit fotonya? soalnya ane gabisa ngedit di photoshop,
    kalo bisa kasih video tutorial lah ๐Ÿ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *