Cara Membuat Sushi Roll Sederhana

Sipendik.com – Sushi merupakan makanan khas dari negara Jepang yang kini sudah banyak di gandrungi di Indonesia. Rasanya yang enak dan tentu saja memiliki kandungan gizi tinggi ini mampu menarik hati para pecinta kuliner di berbagai kalangan. Saat ini sudah banyak sekali penjual ataupun tempat makan yang menawarkan menu khas dari negeri sakura tersebut. Sushi merupakan olahan makanan yang berbahan dasar nasi, yang diberi isian seperti ikan salmon, daging, ataupun sayuran serta dilapisi dengan nori atau rumput laut. Pada umumnya sushi dibuat dengan cara di gulung kemudian dipotong – potong sehingga sushi berbentuk bulat – bulat yang menjadikan ciri khas dari sushi. Cita rasa yang cocok dilidah orang Asia menjadikan makanan ini laris manis di penjuru negara. Penasaran untuk membuat sushi sendiri di rumah ? Dan apa saja bahan – bahan serta langkah pembuatannya sehingga sushi yang dihasilkan enak ? Jangan khawatir, pada artikel kali ini sipendik akan membahas tentang cara membuat sushi roll sederhana yang bisa Anda coba di rumah, jadi Anda tidak perlu pergi jauh – jauh ke luar rumah ataupun ke restoran mahal untuk bisa menikmati sushi. Membuat sushi sendiri di rumah tentu tidak kalah kelezatannya. Bahan yang digunakan sangat mudah kita jumpai dan cara pembuatannya cukup sederhana meskipun terlihat ribet dan sulit. Resep ini sangat cocok bagi pemula karena sangat mudah dan praktis. Langsung saja kita simak langkah- langkah pembuatan sushi berikut ini.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat sushi :

  • 540 gr beras jepang atau bisa juga beras koshihikari
  • 200 gr ikan salmon segar, potong – potong sekitar 1 cm
  • 935 ml air putih
  • 125 ml cuka beras
  • 2 sendok makan gula
  • ½ sendok teh garam halus
  • 6 lembar nori merk apa saja
  • 1 buah alpokat, kupas dan iris – iris tipis

Bahan pelengkap untuk penyajian :

  • Saus kedelai
  • Acer jahe
  • Pasta wasabi

Cara membuat sushi roll sederhana di rumah :

  1. Cuci beras menggunakan air bersih yang mengalir. Cuci hingga bersih.
  2. Siapkan panci kemudian masukkan beras yang telah dicuci ke dalam panci tersebut. Tutup panci kemudian masak hingga mendiddih menggunakan api besar. Lalu kecilkan api dan masak lagi sekitar 12 menit hingga airnya terserap. Angkat dan diamkan dalam keadan tertutup sekitar 10 menit. Langkah selanjunya adalah pindahkan nasi ke dalam wadah yang berukuran cukup besar.
  3. Campurkan cuka beras, gula, dan garam ke dalam mangkuk kecil, aduk hingga merata. Tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam panci besar yang telah berisi nasi. Aduk perlahan hingga semua tercampur merata. Tunggu sekitar 15 menit hingga nasi benar – benar dingin.
  4. Siapkan telenan yang telah diberi alas, taruh nori di atas alas tersebut, bagian yang mengkilap menghadap ke bawah. Pastikan tangan Anda dalam keadan basah saat menyebarkan nasi. Sebarkan nasi secukupnya di atas nori, sisakan masing – masing 3 cm di setiap sisi nori.
  5. Taruh salmon segar dan alpokat di bagian tengah nasi. Tekan sedikit bagian isian sambil menggulung sushi.
  6. Siapkan pisau tajam dan pastikan dalam kondisi lembab untuk memotong sushi. Potonglah kira – kira 1,5 cm atau sesuai selera Anda.
  7. Siapkan piring saji, hidangkan bersama dengan saus kedelai, acar jahe, dan pasta wasabi.

Nah, itulah tadi cara membuat sushi roll sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Meskipun sangat mudah tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar sushi buatan Anda terlihat rapi dan menarik. Hindari memasukkan bahan isian yang terlalu banyak karena dapat mengakibatkan sushi tidak rapi saat di gulung, untuk menggulung sushi disarankan menggunakan tikar bambu dan jangan terlalu keras saat menekan sushi karena dapat merusak bentuk. Selamat mencoba.