Cara Membuat Susu Kedelai Tidak Langu

Sipendik.com – Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang menyegarkan sekaligus minuman yang sangat menyehatkan karena di dalamnya memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan susu kedelai terletak pada kedelai sebagai bahan baku utama meliputi karbohidrat, serat atau fiber, vitamin E, vitamin K, asam lemak essensial, dan lisin. Susu kedelai merupakan minuman yang mengandung sumber protein lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat susu kedelai sendiri di rumah, Anda bisa mencoba resep cara membuat susu kedelai tidak langu. Pada artikel kali ini akan dibahas mulai dari bahan, cara membuat, hingga penyajiannya.

Bahan untuk membuat susu kedelai :

  1. 1/2 kg kacang Kedelai atau sesuai kebutuhan
  2. Gula pasir secukupnya atau sesuai selera
  3. Garam secukupnya
  4. 1 bungkus vanili (cukup untuk 1/2 kg kedelai)

Peralatan yang digunakan untuk membuat susu kedelai:

  1. Blender
  2. Kompor
  3. Panci
  4. Kain tipis dan pastikan kain yang bersih

Langkah-langkah cara membuat susu kedelai :

  1. Cuci kedelai hingga bersih lalu rendam pada air bersih selama 8 – 12 jam atau sampai mengembang dan empuk. Gantilah air untuk merendam setiap 4 jam sekali.
  2. Langkah selanjutnya, bilas dengan air sampai bersih.
  3. Kemudian rebus kedelai hingga matang atau agak empuk, lalu tiriskan.
  4. Tunggu hingga hangat atau agak dingin lalu blender menggunakan perbandingan 1:2 yang artinya 1 kedelai banding 2 air untuk mendapatkan susu kedelai dengan kekentalan yang sedang.
  5. Kemudian hasilnya disaring menggunakan saringan berupa kain tipis yang bersih. Penyaringan dapat dilakukan dengan cara diperas agar seluruh kandungan kedelai bisa keluar.
  6. Hasil yang dikeluarkan berupa susu yang masih mentah kemudian rebus hingga mendidih. Cukup rebus sekali saja.
  7. Rebus dengan kondisi api kecil dan biarkan di atas api selama 15 menit sambil terus di aduk –aduk, dengan tujuan agar susu kedelai lebih tahan lama dan tidak cepat basi. Selain itu juga agar susu kedelai yang dihasilkan bisa tercampur dengan baik atau tidak terjadi endapan saat di biarkan.
  8. Langkah selanjutnya tambahkan gula dan garam sesuai dengan selera, masukkan vanili sebagai penambah aroma. Jika Anda menginginkan variassi rasa yang lain Anda bisa menambahkan jahe, perasa strawberry, melon, pandan, durian dan sebagainya.
  9. Susu kedelai siap dihidangkan

Susu kedelai yang nikmat dan tidak langu buatan Anda sudah siap untuk disantap hangat-hangat. Jika Anda menginginkan susu kedelai yang segar, Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu, lebih segar bila dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Nah, itu tadi cara membuat susu kedelai tidak langu, sangat mudah untuk dicoba di rumah bukan? Jangan lupa kunjungi sipendik untuk mendapatkan informasi menarik yang lainnya.