Cara Membuat Tahu Crispy Gurih dan Renyah

Sipendik.com – Tahu merupakan teman makan yang hampir setiap hari kita jumpai. Cara mengolah dan jenisnya pun sangat bervariasi mulai dari krupuk tahu, tahu goreng, campuran sayur, tahu isi, tahu gejrot, sate tahu, tahu crispy, dan masih banyak lagi. Sekarang ini sudah banyak sekali penjual waralaba yang menjajakan tahu crispy, karena makanan ini sendiri memiliki cukup banyak penggemar dan tentunya memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah. Untuk rasa biasanyaa dapat bervariasi sesuai dengan kesukaan Anda tentunya, penjual tahu crispy biasanya menggunakan bumbu serbuk instan untuk mendapatkan berbagai varian rasa. Tahu crispy merupakan jajanan yang berbahan dasar tahu yang telah dibaluri dan dilumuri adonan dan bumbu. Penggemar tahu crispy kebanyakan adalah anak – anak karena anak cenderung menyukai makanan yanng gurih dan renyah. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat camilan ataupun teman makan bagi si kecil dan keluara, Anda bisa mencoba resep dar sipendik tentang cara membuat tahu crispy gurih dan renyah berikut ini. Cara membuatnya sangatlah mudah dan sederhana, untuk bahan yang digunakan cukup praaktis dan tidak sulit untuk ditemukan. Berikut merupakan resep dan langkah – langkah membuat tahu crispy.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat tahu crispy :

  1. Siapkan tahu 4 buah ( bisa tahu putih / tahu kuning )
  2. 2 butir telur ayam
  3. 100 gr tepung terigu
  4. 3 sendok teh tepung maizena atau tepung roti
  5. Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu halus yang diperlukan untuk membuat tahu crispy :

  1. 1 sendok teh merica atau sesuai selera
  2. Garam secukupnya
  3. 2 siung bawang putih

Cara membuat tahu crispy:

  1. Pertama – tama potonglah tahu menjadi bentuk kotak – kotak sekitar 3 cm atau bisa sesuai selera Anda.
  2. Haluskan semua bahan bumbu halus seperti bawang putih, merica dan garam. Beri sedkitit air, aduk – aduk lalu sisihkan.
  3. Siapkan satu wadah lagi, masukkan telur kemudian telur dikocok lepas.
  4. Masukkan tahu yang telah dipotong – potong ke dalam bumbu halus, diamkan sekitar 20 – 25 menit agar bumbu meresap pada tahu.
  5. Setelah bumbu meresap pada tahu, masukkan tahu ke dalam wadah yang telah berisi telur dan diamkan selama 6 menit.
  6. Selagi menunggu tahu direndam dalam telur, kita bisa menyiapkan dan membuat campuran tepung maizena dan tepung terigu, aduk – aduk sampai semua tercampur dan rata.
  7. Ambil tahu yang telah direndam dalam telur lalu masukkan ke dalam adonan tepung, jangan lupa guling – gulingkan tahu pada tepung hingga merata ke semua bagian.
  8. Siapkan dan panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng. Masukkan tahu ke dalam wajan untuk menggoreng. Usahakan saat mennggoreng apidalam kondisi sedang. Tunggu beberapa saat sampai tahu matang ditandai dengan tahu menjadi berwarna kecoklatan. Angkat tahu crispy dan tiriskan.
  9. Siapkan wadah untuk penyajian. Tahu crispy asli buatan Anda siap untuk dinikmati bersama si kecil dan keluarga tercinta.

Nah, itu tadi langkah – langkah dan cara membuat tahu crispy gurih dan renyah yang bisa Anda coba di rumah. Cukup mudah bagi pemula dan tentunya resep ini tidaklah sulit bagi Anda yang gemar memasak. Untuk penyajian, Anda bisa menambahkan acar, saus tomat ataupun saus cabai untuk cocolan saat menyantap tahu crispy ini, dan bagi Anda yang suka pedas Anda bisa memakannya dengan cabai. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.