Cara Membuat Takoyaki Enak Ala Jepang

Sipendik.com – Jenis makanan yang dijajakan saat ini sangat variatif dengan berbagai menu mulai dari makanan tradisional hingga makanan dari luar negeri. Nah, salah satu makanan dari negeri sebrang yang kini sering kita jumpai adalah takoyaki. Makanan yang berasal dari daerah Kansai, Jepang ini sekarang sudah mulai tersebar di berbagai penjuru di Indonesia dan biasanya dijual di pinggir jalan, di food court yang ada di mall, pameran makanan, maupun di restoran. Takoyaki memiliki bentuk seperti bola – bola kecil yang terbuat dari adonan tepung terigu dan berisi irisan daun bawang dan potongan – potongan gurita tetapi di Indonesia biasanya menggunakan irisan udang ataupun irisan sosis dan bakso. Takoyaki ini biasa dimakan sebagai camilan, cara memakannya dengan di tusuk – tusuk menggunakan tusuk gigi dan disiram menggunakan kuah saus ataupun mayones. Bagi Anda pecinta makanan dari Jepang tentu Anda sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Tetapi bagi sebagian orang mungkin masih belum terlalu akrab dengan takoyaki, karena takoyaki sendiri tersebar di Indonesia baru – baru ini. Penasaran dengan makanan ala Jepang ini? Anda bisa menikmati camilan lezat ini tanpa harus mencari penjual takoyaki, karena pada artikel kali ini sipendik akan memberikan ulasan mengenai cara membuat takoyaki enak ala Jepang yang mudah dan pastinya bisa Anda coba di rumah. Untuk bahan yang digunakan mugkin agak banyak, tetapi masih sering kita jumpai sehingga mudah untuk mendapatkannya.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat takoyaki adalah :

  • 50 gram tepung terigu dengan protein sedang
  • 50 gram keju cheddar, potong dadu
  • 80 gram margarin, kemudian dilelehkan
  • 250 ml susu cair
  • 2 buah sosis kemudian potong dadu kecil
  • 1 batang daun bawang,iris tipis
  • ½ sendok makan ragi instant
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 butir telur
  • Mayones dan nori

Langkah – langkah untuk membuat takoyaki:

  1. Pertama – tama campurkan tepung terigu dengan baking powder pada satu wadah. Setelah itu ayak kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  2. Masukkan ragi instant dan gula pasir ke dalam campuran tepung dan baking powder tadi.
  3. Siapkan satu wadah lagi, kemudian campurkan susu dan telur. Aduk hingga semua merata kemudian sisihkan.
  4. Langkah selanjutnya adalah campurkan tepung terigu yang telah diayak bersama baking powder tadi dengan campuran telur dan susu. Jangan lupa buatlah menyerupai sebuah lubang di tengah tepung terigu terlebih dahulu, baru masukkan campuran telur dan susu. Setelah itu aduk adonan sampai rata kemudian saring.
  5. Tambahkna margarin cair dan garam lalu aduk lagi sampai semua adonan tercampur rata. Diamkan adonan kurang lebih 15 menit.
  6. Sambil menunggu adonan, siapkan cetakan takoyaki. Anda bisa menggunakan cetakan poffertjes. Panaskan cetakan takoyaki, beri sedikit minyak atau margarin.
  7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah panas hingga setengah penuh. Kemudian tambahkanirisan daun bawang, potongan sosis, dan keju. Kemudian tuangkan lagi adonan sampai penuh. Putar – putar adonan saat memasaknya untuk mendapatkan bentuk bulat. Tunggu hingga matang kemudian angkat.
  8. Takoyaki buatan Anda siap untuk dihidangkan, jangan lupa tambahkan mayones dan nori di atasnya. Sebaiknya dinikmati selagi hangat

Itulah tadi cara membuat takoyaki enak ala Jepang yang bisa Anda coba di rumah. Untuk bagian isinya Anda bisa menambahkan bahan sesuai kesukaan Anda, seperti udang, gurita, dan jika Anda pun bisa menambahkan sayuran seperti irisan wortel, kubis, seledri dan sebagainya. Dengan adanya tambahan sayur tentu takoyaki buatan Anda tidak hanya enak untuk di makan tetapi juga sehat.