Cara Membuat Tape Ketan Hitam Manis dan Legit

Sipendik.com – Makanan atau jajanan hasil dari fermentasi sangat banyak jenisnya, salah satunya adalah tape ketan. Tape merupakan hasil olahan makanan yang melalui proses fermentasi pada saat pembuatannya. Tape memiliki cita rasa yang manis dan sedikit asam dengan tekstur yang lebih lembut dan legit. Makanan satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas nusantara yang kerap kita jumpai pada acara – acara tertentu, sebagai campuran untuk membuat dawet, campuran untuk membuat kue ataupun pada penjual jajanan pasar. Tape tergolong ke dalam jenis makanan basah tetapi tape mampu bertahan hingga kurang lebih satu minggu. Pada artikel kali ini sipendik akan mengulas secara lengkap tentang cara membuat tape ketan hitam yang sederhana dan bisa dicoba dirumah. Jadi jika Anda ingin menikmati tape, Anda tidak perlu jauh jauh keluar rumah untuk mencarinya karena bisa dibilang saat ini sangat jarang sekali penjual yang memang menyediakan tape ketan. Tape sendiri bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti tape ketan (ketan putih), tape ketan hitam, dan tape singkong. Untuk membuatnya sebenarnya sangatlah mudah tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti penambahan ragi yang harus disesuaikan perbandingannya dengan bahan yang digunakan. Jika ragi terlalu banyak maka tape akan terasa asam dan teksturnya cenderung keras. Untuk mendpatkan tape ketan hitam yang manis dan legit simak ulasan cara membuat tape ketan hitam berikut ini.

bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat tape ketan hitam manis dan legit :

  • 1 kilogram beras ketan hitam
  • 4 gelas blimbing air panas
  • 4 butir ragi tape
  • 4 sendok makan gula pasir halus
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus tape ketan hitam

Langkah – langkah untuk membuat tape ketan hitam :

  • Cuci ketan hitam terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir kemudian rendam dengan air bersih secukupnya selama satu malam lalu tiriskan.
  • Kukus ketan hitam hingga setengah matang lalu tuangkan air panas sebanyak 4 gelas ke dalam kukusan ketan. Aduk – aduk kembali dan masak hingga kukusan ketan hitam matang. Angkat dan tiriskan pada wadah atau tempat yang lebar seperti nampan besar.
  • Siapkan wadah yang berukuran cukup besar, tata daun pisang untuk alas nampan dan menutupi semua bagian nampan. Masukkan sebagian ketan hitam yang telah dikukus, ratakan. Taburkan gula halus, tambahkan kembali ketan hitam diatasnya. Lakukan langkah ini sampai 3 atau 4 lapis.
  • Tutup menggunakan daun pisang pada bagian permukaannya.
  • Diamkan atau biarkan ketan selama 3 hari 2 malam, baru bungkusan bisa dibuka dan dihidangkan.

Demikian tadi cara membuat tape ketan hitam manis dan legit yang sangat sederhana dan mudah untuk dicoba. Dengan membuat tape ketan hitam sendiri di rumah Anda bisa mendapatkan hasil yang manis, enak, dan legit yang tentunya lebih terjamin dan terjaga kebersihan dan keamanan bahan yang digunakan. Tape ketan hitam sangat cocok dinikmati saat santai di rumah ataupun saat kumpul bersama dengan keluarga dan kerabat tercinta.