Cara Membuat Teh Tarik Spesial Khas Melayu

Sipendik.com – Teh tarik merupakan salah satu minuman khas melayu yang sangat populer di kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Sesuai dengan namanya teh tarik terbuat dari bahan baku berupa teh yang dicampur susu dengan cara pembuatan yang unik yaitu ditarik – tarik atau dipindahkan dari satu gelas ke gelas lain dan dilakukan dengan cara berulang hingga menghasilkan buih, biasanya menggunakan dua gelas yang memiliki gagang. Minuman ini umumnya dijual oleh orang India muslim yang berada di Malaysia maupun Sigapura. Tetapi seiring berjalannya waktu, teh tarik sekarang sangat mudah untuk ditemui, banyak penjual maupun tempat makan yang menyediakan menu minuman ini bahkan dibeberapa tempat teh tarik menjadi minuman favorit para pengunjung. Nah, jika Anda ingin menikmati teh tarik ini Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah tanpa harus pergi jauh – jauh ke luar rumah untuk mencari penjual teh tarik. Pada artikel kali ini sipendik akan memberikan resep dan tips cara membuat teh tarik yang lezat dan tidak kalah dengan yang ada di tempat makan lain. Langsung saja mari kita simak apa saja bahan yang digunakan serta langkah – langkah pembuatan teh tarik.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat teh tarik :

  • Teh hitam bubuk
  • 2 butir kapulaga
  • 1 batang kayu manis
  • 1 potong gula aren
  • ¾ cangkir susu kental manis
  • 1 gelas air

Langkah – langkah membuat teh tarik :

  • Siapkan panci untuk merebus teh. Masukkan teh bubuk ke dalam panci, tuangkan air dan masukkan kapulaga kemudian masak sampai mendidih kemudian angkat, tunggu beberapa saat sampai agak hangat.
  • Jika airnya sudah cukup pekat tuangkan susu kental manis lalu aduk merata.
  • Siapkan 2 gelas berukuran besar dan memiliki gagang kemudian masukkan teh tarik ke dalam gelas yang sudah Anda siapkan tadi. Mulailah untuk membuat teh tarik dengan cara menuangkan teh tarik dari satu gelas ke gelas lainnya secara gantian dan berulang – ulang. Lakukan sampai teh tarik berbusa agar teh dan susu menyatu.
  • Teh tarik buatan Anda siap untuk dinikmati.

Itulah tadi resep sederhana dan cara membuat teh tarik spesial khas melayu yang cukup mudah untuk dicoba di rumah untuk dinikmati bersama keluarga dan kerabat saat santai. Jika Anda ingin menikmati teh tarik dalam keadaan dingin, Anda bisa menambahkan es batu sesuai dengan selera Anda. Untuk membuat teh tarik usahakan menggunakan teh hitam bubuk karena teh ini memiliki aroma dan rasa yang lebih sedap jika dibandingkan dengan teh lainnya. Susu yang digunakan juga usahakan menggunakan susu kental manis karena penggunaan susu kental manis mampu menghasilkan buih yang lebih banyak serta cita rasa yang lebih nikmat, jika menggunakan susu cair bisa menyebabkan teh tarik memiliki tekstur cenderung encer. Agar menghasilkan rasa teh tarik yang lebih nikmat, sebaiknya teh tarik ditarik lebih lama karena kelezatan teh tarik salah satunya terdapat pada proses ini, semakin lama menarik maka akan semakin lezat. Meskipun terbilang mudah, tetapi untuk dapat menarik tehnya diperlukan latihan agar teh tidak tumpah. Gelas yang digunakan untuk membuat teh tarik adalah gelas yang terdapat gagang untuk memudahkan kita saat proses menarik tehnya. Selamat mencoba.