Cara Membuat Tempe Bacem Lembut dan Enak

Sipendik.com – Tempe merupakan salah satu teman makan yang biasanya digunakan sebagai lauk ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi terutama kandungan proteinnya. Selain pritein tempe juga mengandung berbagai unsur yang bermanfaat bagi tubuh seperti lemak, karbohidrat, serat, enzim, dan vitamin. Tempe kini menjadi menu yang sangat disukai oleh masyarakat, selain rasanya yang enak dan memiliki nilai gizi tinggi, harga untuk bisa menikmati tempe ini sangatlah terjangkau. Sajian tempe yang banyak kita temui biasanya adalah tempe goreng maupun tempe yang diolah menjadi sayur. Jika Anda bosan dengan olahan tempe yang itu – itu saja, Anda bisa mencoba mengolah tempe ini menjadi olahan tempe bacem. Tempe bacem merupakan makanan khas dari Jawa tengah dengan cita rasa manis yang berasal dari gula merah yang terdapat pada bahan – bahan yang digunakannya, tekstur dari tempe bacem tentunya lebih lembut jika dibandingkan dengan olahan tempe lainnya. Tempe bacem biasanya menjadi menu favorit di warung makan dan sangat cocok digunakan sebagai pelengkap makan sop, sambal, nasi rames, dan lain sebagainya. Penasaran dengan cara membuat tempe bacem ? Jangan khawatir, pada artikel kali ini sipendik akan memberikan resep cara membuat tempe bacem lembut dan enak yang sederhana dan mudah untuk dicoba dirumah. Bagi Anda yang masih pemula, resep ini tidaklah sulit untuk dipraktekkan. Langsung saja kita simak langkah – langkah pembuatan tempe bacem.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat tempe bacem lembut dan enak :

  • 10 buah / potong tempe. Ukuran sesuai selera
  • 3 lembar daun salam yang masih segar
  • 1 sendok teh asam jawa
  • Air kelapa. Diambil dari 2 buah kelapa
  • Minyak goreng secukupnya unuk menggoreng

Bahan untuk bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawaang merah
  • 1 ruas lengkuas, geprek atau memarkan
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 50 gram gula merah
  • Garam secukupnya

Cara membuat tempe bacem lembut dan enak :

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cara diblender atau ditumbuk, sisihkan.
  2. Masukkan air kelapa pada satu wadah, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam, dan asam jawa. Kemudian aduk hingga semua bumbu tercampur merata.
  3. Masukkan semua potongan tempe ke dalam panci yang telah berisi bumbu – bumbu, kemudian tutup.
  4. Rebus hingga air kelapa menyusut dan habis, serta bumbu telah meresap. Angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan minyak secukupnya. Kemudian gorenglah tempe yang telah direbus bersama bumbu – bumbu tadi hingga warnanya menjadi kecoklatan. Angkat dan hidangkan. Saat pennggorengan usahakan nyala api dalam keadaan sedang.
  6. Tempe bacem yang lembut buatan Anda siap untuk disajikan.

Bagaimana ? sanga mudah dan praktis bukan untuk membuat tempe bacem sendiri di rumah ? Dengan menyajikan tempe bacem sendiri di rumah Anda pun sudah menghidangkan menu tradisional asli dari Indonesia yang sehat bagi keluarga tentunya. Meskipun kini sudah banyak kita jumpai penjual yang menawarkan tempe bacem sebagai salah satu menu andalannya, tetapi memasak sendiri di rumah tentu saja lebih sehat dan lebih terjaga kebersihannya. Tanpa harus mengeluarkan banyak uang, Anda pun bisa menikmati hidangan yang istimewa satu ini. Nah, itulah tadi resep tentang cara membuat tempe bacem lembut dan enak yang bisa Anda coba di dapur Anda. Semoga bermanfaat.