Cara Membuat Yoghurt Praktis di Rumah

Sipendik.com – Susu merupakan minuman yang menyehatkan sekaligus menyegarkan. bisa dipastikan hampir setiap orang sudah pernah menikmati minuman yang satu ini baik anak – anak maupun dewasa. Susu pun kini telah tersedia dengan berbagai pilihan rasa seperti susu vanila, coklat, madu, dan bahkan saat ini telah banyak kita temui kedai atau tempat makan yang menyediakan berbagai olahan susu lengkap dengan pilihan rasanya. Cara pengolahan dan pembuatannya pun berbeda – beda, salah satu hasil olahan susu yang terkenal sampai saat ini adalah yoghurt. Yoghut merupakan hasil olahan dari susu yang telah difermentasi dengan bakteri yang baik tentunya. Selain itu yoghurt biasanya diberi berbagai varian rasa yang membuat yoghurt ini terasa lebih nikmat dan menyegarkan. Minuman ini juga cocok sekali bagi Anda yang sedang diet dan menginginkan makanan yang enak dan tidak itu – itu saja karena yoghurt sendiri memiliki bnyak manfaat bagi tubuh kita dan dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Untuk bisa menikmati yoghurt biasanya kita membeli yoghurt dalam bentuk kemasan, makanan instant seperti ini tentu sudah banyak mengandung bahan tambahan seperti pewarna, pengawet, perasa dan lain sebagainya. Nah, jika Anda menginginkan yoghurt yang lebih sehat dan lebih aman Anda bisa membuat yoghurt sendiri di rumah. Mungkin bagi Anda yang belum tahu cara pembuatannya, hal ini akan terlihat sulit. Jangan khawatir, sebenarnya untuk membuat yoghurt tidaklah sulit dan bahan yang digunakan sangat mudah kita jumpai. Pada artikel kali ini sipendik akan memberikan informasi yang lengkap tentang cara membuat yoghurt praktis di rumah yang bisa Anda coba untuk mengisi waktu luang. Mari kitaa simak ulasan berikut ini.

Bahan dan peralatan yang digunakan untuk membuat yoghurt :

  • 1 liter susu putih cair
  • 2 sendok makan yoghurt plain ( berfungsi sebagai bakteri yoghurt yang masih aktif )
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Air bersih secukupnya
  • Air es secukupnya
  • Wadah bertutup
  • 2 buah panci, untuk merebus
  • Baskom
  • kulkas
  • Sendok
  • Termometer

Langkah – langkah membuat yoghurt :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus memanaskan susu cair terlebih dahulu. Untukmemanaskan susu cair, siapkan dua buah panci. Masukkan susu cair ke dalam panci pertama, kemudian panci kedua isi dengan air brsih secukupnya. Setelah itu panaskan panci berisi air kemudian letakkan panci yang berisi susu diatasnya. Panaskan susu hingga suhu mencapai 85 derajat celcius kemudian angkat.
  2. Turunkan suhu susu hingga 43 derajat celcius dengan cara merendam panci pada baskom berisi air es. Tambahkan yoghurt plain dan aduk hingga sampai pada suhu ruangan. Agar tercampur merata, Anda bisa menggunakan blender.
  3. Tuangkan campuran susu dan yoghurt plain ke dalam wadah tertutup rapat. Pastikan yoghurt pada kondisi hangat dengan suhu sekitar 38 derajat celcius. Rendam wadah dalam panci berisi air dan terus hangatkan menggunakan api kecil agar suhunya stabil.
  4. Diamkan selama tujuh jam. Setelah itu yoghurt akan memiliki tekstur seperti custard dan aroma seperti keju. Semakin lama di diamkan maka yoghurt akan semakin kental dan asam.
  5. Dinginkan yoghurt selama beberapa jam di dalam kulkas sebelum disajikan.

Itulah tadi cara membuat yoghurt praktis di rumah, tidak sulit seperti yang kita bayangkan kan? Jika Anda ingin menambahkan rasa pada yoghurt buatan Anda ini, Anda bisa menambahkan buah – buahan segar di dalamnya dan dipastikan rasanya akan lebih yummy. Selamat mencoba.