Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita Secara Alami

mengatasi keputihan

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita Secara Alami – Apakah miss V Anda terasa gatal dan mengeluarkan semacam lendir putih? jika hal tersebut benar demikian, maka Anda harus waspada karena bisa jadi itu merupakan gejala keputihan.

Keputihan dapat muncul disebabkan karena pengaruh jamur, kuman, bakteri, virus, ataupun parasit yang terdapat di dalam liang miss V. Meskipun sebenarnya keputihan banyak diderita oleh kaum wanita, tetapi jika penyakit tersebut dibiarkan akan sangat berbahaya sekali.

Ada banyak sekali cara mengobati keputihan pada wanita yang bisa kita lakukan. namun perawatan alamilah yang banyak dipilih oleh kaum wanita, karena selain mudah perawatan secara alami juga aman untuk miss V. Berikut ini sipendik sampaikan cara alami mengatasi keputihan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita Secara Alami

1. Gunakan pembalut yang tepat

Pembalut merupakan teman akrab wanita, terutam saat menstruasi tiba pembalut sangatlah diperlukan. Kegunaan dari pembalut adalah menyerap darah yang keluar agar tidak menetes atau membasahi celana yang digunakan. Akan tetapi tahukah Anda pemilihan pembalut yang kurang tepat dapat menyebabkan keputihan?
Oleh sebab itu mulai sekarang pilihlah pembalut yang tepat. saran kami memilih pembalut yang berbahan dasar alami, bantalan empuk, mudah menyerap air, dan berkualitas tinggi. selain memilih pembalut yang tepat, gantilah pembalut setelah 4 jam sekali.

2. Usahakan menjaga pH miss V

Menurut para dokter spesialis kewanitaan, pH miss V yang paling baik adalah 3,5. Apabila pH tersebut lebih dari itu atau malah kurang, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan organ kewanitaan itu sendiri. karena selain menyebabkan iritasi, hal ini juga dapat menyebabkan munculnya keputihan yang berbahaya.
Anda bisa menjaga pH tetap ideal dengan cara selalu membersihkan bagian miss V. Hindari menggunakan cairan semprot, karena hal tersebut akan menyebabkan pH terganggu. Gantiah dengan pembersih yang berbahan alami saja.

3. Bersihkan dengan tepat

Tidak hanya memilih pembersih saja yang harus diperhatikan, namun tehnik pembersihan juga harus selalu Anda perhatikan. Hal ini berguna agar kuman, bakteri, dan juga jamur hilang secara sempurna. Cara membersihkan miss V yang tepat adalah dengan memulai pembersihan dari depan sampai belakang. Atau dengan kata lain memulai dari vulva sampai ke bagian anus.

4. Gunakan daun sirih

Daun sirih sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai herbal yang sangat baik untuk merawat daerah kewanitaan. salah satunya bermanfaat untuk mengobati keputihan secara alami. hal ini dapat terjadi karena daun sirih mengandung senyawa minyak terbang (batlephenol) dan kavinol yang dapat membunuh kuman penyebab keputihan tersebut.

5. Memperbanyak konsumsi bawang putih

Mungkin banyak yang mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan. Akan tetapi sebenarnya bawang putih memiliki manfaat besar lainnya yakni salah satunya mampu mengatasi keputihan pada wanita.

Bawang putih mengandung senyawa antibakterial yang dapat membunuh kuman ataupun bakteri penyebab keputihan tersebut. maka dari itu konsumsilah bawang putih secara rutin setiap harinya.

Dengan melakukan serangkaian cara mengatasi keputihan pada wanita diatas secara rutin, maka bukan hanya keputihan Anda yang sembuh, tetapi organ kewanitaan Anda juga lebih sehat secara alami.

Itulah sajian informasi singkat yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda. salam 🙂