cara mengatasi sakit gigi

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang โ€“ Sakit gigi dapat muncul disebabkan salah satunya karena gigi berlubang. Munculnya gigi berlubang sendiri dapat diakibatkan karena adanya bakteri dan kuman pada bagian gigi tersebut.

Sakit gigi dapat membuat segala aktivitas yang kita lakukan menjadi tidak maksimal dan menyenangkan, terutama saat mengonsumsi makanan. Sebab konsumsi makanan akan menyebabkan rasa sakit menjadi semakin parah dan bahkan bisa menimbulkan pendarahan gusi.

Kebanyakan masyarakat mengonsumsi obat sakit gigi untuk mengatasi masalah tersebut. Memang obat mampu menghilangkan sakit gigi dengan cepat, tetapi sebenarnya hilangnya sakit gigi tersebut hanyalah bersifat sementara saja. Berikut kami sajikan 5 cara mengatasi sakit gigi yang ampuh, aman, dan sembuh selamanya.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

1. Selalu rutin membersihkan gigi dan mulut

Mulut dan gigi yang kotor sangatlah buruk, karena bakteri dan kuman akan mudah sekali berkembangbiak pada mulut yang kotor. Terlebih pada bagian gigi berlubang yang Anda miliki.

Maka dari itu, hilangkan kuman dan bakteri tersebut dengan cara selalu rutin membersihkan gigi. Tidak hanya mampu membuat gigi terhindar dari kuman dan bakteri saja, tetapi dengan selalu menjaga kebersihan, sakit gigi yang sedang Anda alami bisa sembuh dengan sendirinya.

2. Gunakan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang cukup terkenal dengan rasa masamnya, namun dibalik rasa masam tersebut ternyata jeruk nipis mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi.

Kandungan antibakterial dalam jeruk nipis mampu membantu kita memusnahkan kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Berkumurlah dengan perasan jeruk nipis selama 15 menit. Selain membantu menghilangkan sakit gigi, air jeruk nipis tersebut juga cukup berkhasiat untuk mengobati sariawan.

3. Garam

Ternyata dibalik rasanya yang asin, garam mengandung senyawa yodium yang cukup tinggi. kandungan senyawa satu ini menurut para ahli sangatlah bermanfaat untuk menutup dentin gigi yang terbuka, dimana dentin terbuka inilah yang menyebabkan munculnya sakit gigi.

Tidak diperkenankan bagi Anda untuk mengunyah garam secara langsung, seba yodium tidak akan mampu mencapai ke sela-sela gigi. Namun Anda bisa melarutkan garam tersebut kedalam air mineral secukupnya, kemudian gunakan untuk berkumur selama 15 menit atau sampai gigi terasa cukup nyaman.

4. Gunakan belimbing wuluh

Sama halnya dengan jeruk nipis, belimbing wuluh juga memiliki rasa masam dan kandungan antibakterial yang cukup tinggi. Apabila Anda sakit gigi, kami sarankan untuk mengigit buah belimbing wuluh sampai sakit tersebut agak sedikit reda.

Namun apabila saat mengigit terasa sakit, silahkan haluskan buah belimbing wuluh dan peras airnya. Kemudian air tersebut Anda gunakan sebagai obat tetes sakit gigi.

5. Bawang merah/putih

Baik bawang merah ataupun putih, kedua bumbu dapur ini sangatlah bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi dengan cepat. Hal ini dapat terjadi karena bawang mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi.

Selain mampu melawan bakteri dan kuman, kandungan anti-inflamasi pada bawang juga dipercaya mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang tersebut. Seperti rasa linu, nyeri, perih, kesemutan, dan sejenisnya.
Caranya haluskan bawang merah/putih, kemudian jejalkan halusan tersebut pada bagian gigi yang terasa sakit. Setelah tidak terasa sakit, silahkan berkumur dengan menggunakan air hangat.

Itulah sajian informasi singkat dari sipendik seputar cara mengatasi sakit gigi secara alami ampuh dan mudah. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh. ๐Ÿ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *