Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami – Telat haid 1 atau 2 hari itu sangatlah wajar-wajar saja, akan tetapi apabila Anda sudah mengalami telat haid melebihi satu Minggu, itu berarti ada yang tidak beres dalam tubuh Anda.

Biasanya telat datang bulan identik dengan hamil, namun tidak semua telat datang bulan dapat disebabkan oleh kehamilan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker serviks pun dapat juga muncul ditandai dengan telat haid atau datang bulan.

Apabila kondisi semacam itu dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan sangat buruk bagi sistem reproduksi dalam tubuh Anda. Berikut ini ada beberapa tips dari sipendik cara mengatasi telat datang bulan yang bisa Anda coba langsung praktekan sekarang juga.

Cara Mudah Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami

  1. Ramuan daun pepaya

Menurut Dr. Boyke Dian Nugraha, seorang ahli bagian reproduksi wanita, mengungkapkan bahwa konsumsi daun pepaya sangatlah baik untuk melancarkan haid atau datang bulan yang mengalami gangguan.

Caranya dengan merebus daun pepaya yang masih segar. Rebus 2 daun pepaya dengan 1 gelas air, apabila Anda ingin lebih silahkan tambah daun dan air dengan takaran 2 : 1.

Setelah merebus daun tersebut, ambil air rebusannya. Kemudian madukan asam jawa dan garam. Konsumsilah ramuan tersebut dalam keadaan hangat secara rutin setiap pagi dan menjelang tidur malam.

  1. Gunakan jeruk nipis

Jeruk nipis sangat terkenal sebagai buah yang memiliki rasa cukup masam. Namun dibalik rasa masamnya tersebut, jeruk nipis mengandung berbagai macam senyawa bernutrisi.

Mulai dari kandungan vitamin C, kandungan mineral alami, antioksidan, dan masih banyak lagi. kandungan-kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Menurut Dr. Setiawan Damilartha, buah jeruk nipis sangatlah bermanfaat untuk mengatasi telat datang bulan. Cara mengolahnya adalah dengan menyiapkan 3 sendok makan perasan jeruk nipis,

Kemudian campur perasan tersebut dengan 1 sendok makan madu dan secangkir air hangat. Kemudian konsumsi ramuan tersebut secara rutin minimal 3 kali sehari.

  1. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan saja, namun lebih dari itu olahraga juga sangat bermanfaat untuk mengatasi telat haid secara alami.

Ada banyak sekali olahraga yang baik untuk haid, namun Dr. OZ menyarankan untuk melakukan olahraga yoga saja. Sebab olahraga satu ini selain bisa mengendalikan hormon reproduksi, yoga juga akan membuat tubuh Anda semakin rileks dan tenang.

  1. Istirahat secara teratur

Istirahat sangatlah baik dalam berbagai bidang kehidupan. Selain bermanfaat untuk merileksasi organ-organ tubuh dan meningkatkan energi, istirahat ternyata juga bisa menjadi cara mengatasi telat haid secara alami yang paling ampuh.

Telah banyak sekali ahli dan ilmuwan yang telah memberikan tips istirahat terbaik bagi tubuh kita. Apabila setiap harinya Anda beristirahat selama 6 jam atau bahkan kurang, silahkan tambah jatah istirahat tidur menjadi 8-10 jam.

Dengan memenuhi istirahat tidur ini, maka hormon reproduksi dalam tubuh Anda akan bekerja secara maksimal, termasuk salah satunya hormon yang mengontrol munculnya haid.

Itulah beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami yang dapat kami sajikan. Selain menerapkan cara-cara diatas, Anda juga harus rutin berkonsultasi ke dokter atau ahlinya, terutama jika telat datang bulan yang Anda alami sudah lebih dari 2 Minggu.

Semoga dapat bermanfaat, salam. 🙂