Cara Mengendalikan Emosi Dengan Cerdas

cara mengendalikan emosi

Cara Mengendalikan Emosi Dengan Cerdas – Sebagai manusia yang hidup di dunia ini, kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya emosi. Sebab manusia sendiri tercipta pada dasarnya memiliki emosi yang timbul dari dalam hati atau perasaan.

Akan tetapi sebagai manusia yang cerdas, Anda harus bisa mengontrol emosi tersebut. Karena jika emosi tidak terkontrol, akan menyebabkan tindakan Anda menjadi merugikan. Baik merugikan bagi diri sendiri ataupun orang lain. Berikut sipendik informasikan beberapa cara mengendalikan emosi dengan cerdas yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengatur Emosi Dengan Mudah dan Pintar

  1. Meditasi

Meditasi bisa menjadi cara terbaik mengontrol emosi Anda. Ketika sebuah kesabaran sudah mencapai puncaknya, Anda dapat menenangkan diri dengan bermeditasi.

Tidak perlu Anda berkunjung ke tempat angker dan sunyi untuk bermeditasi, cukup cari ruangan yang tenang dan terhindar dari bising. Di ruangan tersebut usahakan Anda duduk dan berfokus pada sebuah titik selama 15-30 menit.

  1. Alihkan diri dari penyebab emosi

Emosi dapat muncul disebabkan karena sesuatu. Nah sesuatu yang menjadi penyebab emosi inilah yang seharusnya Anda hindari secepatnya. Bukan bermaksud lari atau minder, tetapi hanya untuk mengontrol kesabaran Anda.

Sebisa mungkin jauhkan diri sejenak dari permasalah yang menyebabkan emosi tersebut. Sebagai gantinya, Anda dapat menenangkan diri dengan istirahat tidur.

  1. Tenang, berfikir logis, bukan dengan emosi

Memang cukup sulit sekali apabila kita mengendalikan emosi saat ada sebuah masalah yang cukup besar dan membuat kita marah. Namun untuk menyelesaikan masalah tersebut cobalah Anda berfikir secara logis.

Caranya mudah sekali, Anda dapat menenangkan diri sejenak dan memikirkan keuntungan dan kerugian tindakan yang akan dilakukan nantinya. Dari keputusan Anda tersebut pilihlah yang paling banyak menguntungkan semua pihak (bukan Anda sendiri saja).

  1. Introspeksi

Inilah yang harus selalu Anda perhatikan ketika mengatur emosi yang keluar dari dalam. Intropeksi memang cukup sulit untuk kita lakukan, terutama bagi kita yang memiliki pangkat atau kedudukan lebih tinggi dari orang lain.

Meskipun begitu, Anda harus bisa mengintropeksi diri terhadap sebuah permasalah tersebut. Lihatlah masalah yang sedang dihadapi dengan sudut pandang yang berbeda-beda, baik dari sudut pandang Anda ataupun orang lain.

Dengan demikian, Anda bisa mengatur kesabaran yang ada dalam hati dan bahkan bisa menentukan keputusan yang bijak mengenai permasalahan tersebut.

  1. Ceritakan masalah kepada orang lain

Curhat (curahan hati) juga bisa Anda jadikan cara mengatur emosi. Dengan sharing masalah kepada teman, maka hati Anda akan jauh lebih plong. Terutama akan semaking plog apabila Anda mendapatkan solusi permasalah dari teman curhat tersebut.

Setelah hati sudah plong, maka pikiranpun juga akan jernih. Sehingga akibatnya emosi dapat terkontrol dengan baik.

  1. Selalu berfikir positif

Sikap berfikir positif haruslah selalu Anda terapkan dimanapun berada. Sebab dari sikap berfikir positif inilah Anda bisa dengan mudah mengendalikan kesabaran.

Untuk menumbuhkan sikap berfikir positif Anda dapat memulainya dengan tidak mencurigai orang lain, selalu tersenyum kepada orang lain, dan mengabaikan segala macam pembicaraan di belakang Anda.

Itulah beberapa tips cara mengendalikan emosi dengan cerdas dan pandai yang dapat kami sajikan. Terapkan semua tips diatas agar hidup Anda dipenuhi dengan kesabaran dan keikhlasan menghadapi sebuah masalah. Semoga dapat bermanfaat dan mampu menginspirasi kehidupan Anda. Salam. 🙂