Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

menghilangkan bau badan

Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap – Bau badan kurang sedap dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, kurangnya menjaga kebersihan tubuh, berkembangnya bakteri akibat sisa keringat, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya bau badan bukan merupakan sebuah penyakit yang serius, namun jika baunya sangat tidak sedap akan menyebabkan penampilan kita menjadi buruk. Berikut ini sipendik sampaikan beberapa cara mudah menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

1. Hindari makanan penyebab bau badan

Salah satu penyebab munculnya bau badan adalah makanan yang Anda konsumsi. Sisa senyawa racun dari makanan yang Anda konsumsi akan dikeluarkan oleh kelenjar keringat di bagian ketiak. Makanan seperti daging merah, kopi, bawang merah, bawang putih, dan makanan pedas dapat menjadi pemicu bau keringat tersebut.
Maka dari itu agar kelenjar keringat tidak melakukan ekskresi berlebihan pada bagian ketiak, hindari makanan-makanan penyebab bau badan diatas. Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

2. Selalu terapkan gaya hidup bersih dan sehat

Keadaan tubuh yang kurang bersih dapat menimbulkan munculnya bau badan tak sedap. Hal ini dapat terjadi karena saat tubuh jarang dibersihkan, kuman dan bakteri banyak berkembang melalui sisa-sisa keringat, terutama pada bagian ketiak. Bakteri dan kuman inilah yang menyebabkan bau badan menjadi tidak sedap.
Untuk mengatasi bau badan tak sedap, selalu terapkan gaya hidup bersih dan sehat. Anda bisa selalu rutin mandi setiap harinya minimal 2 kali. Jangan lupa membersihkan bagian ketiak secara rutin setiap kali mandi.

3. Cukur bulu ketiak

Selain kotoran, kuman dan bakteri juga dapat berkembang biak dengan mudah pada bulu ketiak yang lebat. Semakin lebat bulu ketiak yang Anda miliki maka resiko bau badan tak sedap Anda semakin besar. oleh sebab itu pastikan Anda selalu rutin mencukur bulu ketiak tersebut agar tidak menjadi sarang kuman ataupun bakteri.

4. Cuci pakaian secara teratur

Kebersihan badan memang sangat penting untuk menghilangkan bau ketiak. Namun kebersihan badan tidak akan menjadi berguna apabila pakaian Anda jarang dicuci. Karena bakteri dan kuman penyebab bau badan juga dapat berkembang di pakaian tersebut.
Maka dari itu, selalu cuci bersih pakaian Anda secara teratur sebelum digunakan. Selain itu hindari pula menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan menyebabkan ketiak tidak bisa bernapas lega. Pakailah pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat.

5. Selalu gunakan deodorant dan anti-perspirant setelah mandi

Menggunakan deodorant merupakan cara mudah menghilangkan bau badan dengan cepat. Namun pastikan Anda juga menggunakan anti-perspirant. Karena anti-perspirant akan membantu Anda mengurangi jumlah keringat yang keluar, sehingga bau badan tidak akan muncul saat siang hari tiba.
Salah satu anti-perspirant yang bisa Anda gunakan adalah cuka. Oleskan cuka dengan kapas secara merata pada kedua ketiak Anda sebelum menggunakan deodorant. Lakukan penggunaan deodorant dan anti-perspirant ini setelah Anda mandi.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan tak sedap. lakukan cara-cara diatas rutin setiap harinya agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi solusi masalah Anda. salam 🙂