Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

cara menghilangkan karang gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami – Karang gigi atau sering disebut kalkulus gigi, merupakan sebuah plak yang muncul pada bagian sel-sela gusi atau gigi. Munculnya karang gigi ini disebabkan karena air liur yang semulanya bersifat basa tercampur dengan makanan yang bersifat asam.

Pada awalnya karang gigi berwarna kuning, namun lama kelamaan akan berubah warna menjadi kecoklatan. Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi, teh, dan merokok maka akan memperparah kondisi tersebut.
Ada banyak sekali efek negatif dari karang gigi antara lain seperti:

  • Menyebabkan bau mulut tak sedap
  • Menyebabkan gusi mengalami infeksi berbahaya
  • Munculnya gangguan pada sistem pernapasan
  • Penyebab munculnya gangguan pernapasan.

Nah agar Anda tidak terkena efek buruk karang gigi, silahkan lakukan beberapa tips mengatasi karang gigi secara alami berikut ini.

Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

1. Gosok gigi secara rutin

Sisa makanan yang menempel pada bagian gigi ataupun gusi dapat menjadi pemicu munculnya karang tersebut. agar makanan tersebut tidak menyebabkan karang gigi, menggosok gigi secara rutin setelah makan bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat.
Selain menggosok gigi secara rutin setelah makan, pastikan pula Anda juga menggosok gigi minimal 2x sehari. Hal ini berguna agar kuman dan bakteri tidak merusak gigi. Anda bisa melakukannya setelah mandi.

2. Biji asam kawak

Biji asam kawak memiliki sifat penghancur yang cukup kuat, sangat coock untuk menghancurkan adanya karang gigi membandel. Berikut cara menggunakan biji asam kawak tersebut.
Cara mengatasi karang gigi dengan asam kawak:

  • Sangrai biji asam kawak terlebih dahulu secukupnya saja
  • Kemudian haluskan biji asam kawak tersebut dengan menggunakan blender
  • Lalu gunakan halusan untuk menggosok pada bagian gigi dengan bantuan sikat gigi secara rutin.

3. Cengkeh

Selain biji asam kawak, diketahui cengkeh juga sangat efektif untuk menghilangkan karang gigi tersebut. tidak hanya menghilangkan karang gigi saja, tetapi cengkeh juga dapat membantu menghilangkan plak gigi akibat dari merokok.
Cara mengatasi karang gigi dengan cengkeh:

  • Sediakan terlebih dahulu 7 buah cengkeh
  • Haluskan cengkeh tersebut dan gunakan untuk menggosok gigi.
  • Lakukan secara rutin setelah Anda sikat gigi.

4. Gunakan buah apel

Buah apel mungkin sudah sangat terkenal dengan kandungan nutrisi di dalamnya, terutama nutrisi dalam bentuk serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. akan tetapi selain itu, sebenarnya buah apel sangat baik untuk mengatasi karang gigi.

Oleh sebab itu selalu konsumsi buah apel secara rutin agar karang gigi menjadi hilang. Sangat disarankan ketika mengonsumsi buah satu ini untuk tidak membuat kulitnya. Mengingat dari kulitnya inilah karang gigi tersebut bisa hilang dengan mudah.

5. Gunakan pasta gigi khusus

Tips mengatasi karang gigi yang terakhir adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus. Sangat penting apabila Anda memperhatikan pasta gigi yang digunakan. Karena jika pasta gigi tersebut tidak cocok, maka bukan malah membuat karang gigi hilang, tetapi malah akan meyebabkan semakin parah. Pilihlah pasta gigi yang banyak mengandung komposisi fluroid dan tartar control, karena kedua senyawa ini mampu menghancurkan adanya karang gigi secara maksimal.

Itulah beberapa tips dari sipendik tentang cara menghilangkan karang gigi secara alami mudah dan efektif. Terapkan serangkaian tips-tips diatas secara rutin setiap harinya, agar karang gigi Anda bisa hilang secara maksimal. salam 🙂