cara menghilangkan ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Sipendik.com – Ketombe merupakan salah satu momok menakutkan yang sering dihadapi oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Bagi sebagian orang masalah kulit kepala dan rambut rontok hanya cukup diatasi dengan menggunakan shampoo saja. Tapi masalahnya, memakai shampoo saja hanya akan membuat ketombe balik lagi, karena shampoo hanya bersifat menghilangkan ketombe secara sementara. Cara menghilangkan ketombe yang membandel dapat diatasi dengan cara alami dan aman. Kelebihan lain menggunakan bahan alami yaitu bisa menghilangkan ketombe sampai pada akar-akarnya. Sebaiknya jangan menggunakan bahan-bahan kimia untuk menghilangkan ketombe karena hanya akan membuat ketombe semakin parah dan akut. Kali ini sipendik akan mengulas tentang Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat. Berikut ini bahan-bahan untuk menghilangkan ketombe  secara alami yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar Anda:

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel

1. Menggunakan Jeruk Nipis

menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis
menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahui keampuhan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe membendel. Sejak dahulu jeruk nipis diketahui bagus untuk kesehatan kulit kepala dan tentunya ampuh untuk mengusir ketombe. Caranya sangat mudah, Anda pun bisa melakukan sendiri di rumah. Yang perlu Anda siapkan yaitu jeruk nipis sekitar 4 – 5 buah, kemudian belah menjadi dua bagian lalu peras dan campurkan air perasan jeruk nipis ke dalam wadah perasan nanas dengan volume sekitar 100 ml. Tidak lupa tambahkan 100 ml air santan, lalu aduk sampai merata bahan-bahan tersebut. Hasil dari racikan Anda kemudian basuhkan ke bagian kepala Anda, pijat-pijak lembut agar campuran jeruk nipisnya meresap ke kulit kepala. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan shampoo, dan lakukan secara rutin sekitar 2 kali dalam seminggu. Campuran jeruk nipis ini selain bisa menghilangkan ketombe juga dapat mengurangi rambut rontok

2. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe membandel dengan menggunsksn minyak kelapa. Minyak kelapa secara alami bisa menghentikan penyebaran ketombe serta bisa melembabkan kulit kepala dan mencegah ketombe balik lagi. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok cukup mudah, Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Caranya yaitu siapkan air perasan jeruk lemon kemudian campur dengan minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan secara menyeluruh ke lapisan kulit kepala dan rambut lalu pijat-pijat selama sekitar 10 menit. Tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara alami dan cepat ini rutin selama 2-3 kali setiap minggu.

3. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan alami yang cukup manjur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi kelenjar minyak berlebih di kulit kepala, bagus juga untuk menjaga kadar pH pada kulit kepala dan membantu mengurangi pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan kulit kepala berketombe.

Cara menghilangkan ketombe yang parah menggunakan baking soda cukup mudah. Basahi rambut Anda kemudian oleskan segenggam cairan baking soda pada bagian kulit kepala, diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan rambut serta kulit kepala menggunakan air hangat. Lakukan metode ini rutin selama 1-2 kali tiap minggu. Kami sarankan untuk tidak mencuci rambut sehabis melakukan perawatan rambut ini.

4. Cuka Putih

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat bisa juga menggunakan cuka putih. Cuka putih merupakan bahan alami yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah. Cuka putih bersifat asam asetat yang bisa untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab munculnya  ketombe serta membantu merawat rambut yang rusak.

Yang perlu Anda persiapkan yaitu satu setengah cangkir cuka dengan dua cangkir air kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut, sebaiknya Anda melakukan setelah mencuci rambut. Alternatif lain yaitu dengan menggosok kulit kepala memakai campuran cuka putih, minyak zaitun dan air. Tunggu selama 10 menit lalu bersihkan rambut dengan air dan shampo susu.

5. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat bisa menggunakan minyak zaitun, selain efektif untuk mengatasi masalah kutu rambut, minyak zaitun juga manjur untuk menghilangkan ketombe membandel yang bisa membuat kulit kepala Anda terasa gatal. Caranya oleskan secara merata minyak zaitun pada kulit kepala sambil dipijat lembut, diamkan selama beberapa saat atau diamkan selama satu malam dan bersihkan keesokan harinya.

Demikianlah artikel sipendik tentang Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat , semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain dan follow media sosial sipendik. Selamat mencoba 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *