cara menghilangkan ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang sering dialami oleh manusia. munculnya masalah ketombe disebabkan karena adanya pengelupasan sel-sel kulit mati yang berwarna putih. sebenarnya ketombe bukan masalah kulit kepala yang serius, akan tetapi meskipun begitu ketombe juga dapat menyebabkan rasa percaya diri menjadi turun drastis.

Untuk mengatasi ketombe membandel di kulit kepala sangatlah mudah sekali. cukup dengan membersihkan kulit kepala secara rutin saja sudah membantu menghilangkan masalah tersebut, namun ada beberapa orang yang memerlukan perawatan khusus untuk menghilangkan ketombe tersebut.
Nah jika Anda termasuk penderita ketombe yang sulit diatasi (membandel), berikut sipendik sajikan perawatan alami mengatasi ketombe membandel yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Tradisional

1. Hilangkan dengan cuka

Mungkin terdengar cukup aneh mengobati ketombe secara alami dengan cuka. Akan tetapi jangan salah, cuka sendiri merupakan bahan tradisional yang bersifat abrasif. Sifatnya inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelupaskan sel kulit mati penyebab ketombe di kulit kepala.
Caranya cukup dengan mencampurkan cuka kedalam air putih secukupnya saja. lalu gunakan air cuka tersebut untuk membilas rambut secara merata. Cara ini akan sangat efektif apabila dilakukan saat setelah Anda melakukan keramas.

2. Gunakan baking soda

Sama halnya dengan cuka, baking soda juga memiliki sifat abrasif yang dapat membantu Anda menyingkirkan masalah ketombe di kulit kepala. Selain bersifat abrasif, baking soda juga memiliki kandungan yang bersifat antibakterial. Dimana sifat antibakterial ini akan mencegah pertumbuhan kuman, bakteri, dan jamur di kulit kepala.
Pertama campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 cangkir air. kemudian gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut berketombe secara merata. Agar hasilnya maksimal lakukan perawatan ini setelah selesai keramas minimal 1 kali seminggu.

3. Obati dengan buah lemon

Buah lemon mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi. kandungan vitamin C ini dipercaya oleh para ahli sangatlah baik untuk meningkatkan regenerasi sel-sel kulit baru dan mengelupaskan sel kulit mati. Dengan demikian, lemon bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan ketombe di rambut.
Caranya sangatlah mudah sekali, pertama campurkan 1 perasan buah lemon dengan 1 cangkir air putih. kemudian gunakan campuran tersebut untuk memijat pada bagian kulit kepala Anda. setelah itu diamkan selama 30 menit dan akhiri dengan membilas air dingin sampai bersih.

4. Hilangkan ketombe dengan aloe vera

Aloe vera atau sering disebut dengan lidah buaya merupakan bahan alami tradisional yang banyak dimanfaatkan untuk merawat kesehatan rambut. mungkin diantara kita juga sudah banyak yang mengenal manfaat lidah buaya untuk rambut, dimana salah satunya bermanfaat mengelupaskan sel-sel kulit mati penyebab ketombe.
Caranya sebelum keramas atau mandi, cuci rambut Anda dengan menggunakan gel lidah buaya secara merata. Pada saat menggunakan lidah buaya tersebut, pastikan pula Anda meminjat lembut agar kandungan lidah buaya dapat meresap hingga kedalam akar rambut.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe membandel secara alami yang dapat Anda lakukan. cara diatas akan bekerja maksimal apabila Anda melakukannya secara rutin setiap harinya. usahakan setiap hari lakukan perawatan diatas minimal 1x saja.

Namun untuk cuka dan baking soda cukup Anda lakukan 2x seminggu saja. Karena sifatnya yang abrasif sangatlah tidak baik apabila digunakan secara berlebihan. selamat mencoba. Salam 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *