Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

cara menghilangkan komedo

Sipendik.com – Anda mempuyai masalah dengan komedo? Apa sih sebenernya komedo itu. Komedo terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul tonjolan kecil warna putih yang biasa disebut whitehead dan tonjolan hitam yang disebut blackhead. biasanya yang umum terjadi di sekitar wajah dan hidung Anda. Komedo bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi udah tahu kan sekarang komedo itu apa, sebaiknya perlu penanganan khusus dengan cara alami untuk menghilangkan komedo. Jangan sampai dibiarkan dan dipencet-pencet komedonya, bisa-bisa nyesel nanti 😀 . Kali ini sipendik akan mengulas tentang Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami di hidung dan wajah, disimak ya 🙂

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Berikut ini sipendik akan jabarkan beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo secara alami dan cepat. Anda tidak perlu lagi pergi ke klinik kecantikan dengan biaya yang tidak murah, dan yang kami sampaikan ini merupakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar. Cara ini bisa Anda terapkan baik di sekitar hidung atau wajah. Berikut ulasannya:

1. Pepaya

buah pepaya

Siapa sangka ternyata buah pepaya sangat bermanfat untuk perawatan dan kecantikan kulit wajah. Pepaya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo putih atau komedo hitam membandel. Yang perlu Anda buat ialah masker wajah berbahan dasar buah pepaya. Caranya cukup mudah pepaya dicuci bersih kemudian kupas kulitnya lalu blender hingga menyerupai bubur, kemudian oleskan ke sekitar wajah atau hidung yang terdapat komedo. Tunggu beberapa saat lalu bilas memakai air bersih. Sebaiknya Anda lakukan ketika menjelang tidur atau saat bangun pagi.

2. Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah buaya ini ternyata sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah dan rambut. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang membandel. Kami sarankan sebaiknya Anda mulai sekarang menanam sendiri lidah buaya di pekarangan rumah, karena nantinya banyak hal yang bisa kita dapatkan dari tanaman lidah buaya. Oke, lanjut aja bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan komedo. Caranya siapkan satu helai lidah buaya lalu potong menjadi dua bagian. Ambil gel yang terdapat di lidah buaya kemudian oleskan di sekitar hidung atau wajah yang terdapat komedo. Sebaiknya dilakukan secara rutin 1-2 kali sehari hingga komedo memudar dan hilang sama sekali. Anda juga dapat langsung memblender lidah buaya jika dirasa gel yang diambil tadi masih kurang.

3. Uap Air Panas

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia perdapuran maka tidak akan asing dengan hal ini 😀 , Nyatana uap air panas bagus untuk menghilangkan komedo yang membandel. Cara ini tentunya alami dan tanpa bahan kimia seperti produk kosmetik sebelah :p . Caranya cukup mudah kok, rebus air dengan ditambahkan sedikit garam lalu tunggu hingga airnya mendidih., lalu airnya taruh di baskom. Sebaiknya Anda meutup kepala Anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah Anda ke baskom yang telah terisi air panas tadi. Cara ini juga ampuh untuk memperlancar peredaran darah serta bagus untuk menyembuhkan flu dan batuk

4. Jus Lemon

Dari dulu memang jus lemon sudah terkenal bagus untuk perawatan kulit, dan ternyata lemon juga bagus untuk menghilangkan komedo secara alami. Sifat lemon yang efektif menghilangkan minyak berlebih pada wajah, tentunya memiliki beberapa keuntungan sebagai obat komedo. Maka tidak heran jika produk-produk perawatan kulit sekarang banyak yang menggunakan bahan dasar lemon.

Caranya cukup mudah yaitu siapkan jus lemon, minyak almond dan gliserin. Untuk kedua bahan terakhir Anda bisa membelinya di toko kosmetik. Kemudian blender ketiga bahan tersebut sampai halus. Selanjutnya oleskan campuran tersebut ke area yang berkomedo baik wajah maupu hidung. Tunggu sampai sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini bukan saja bisa menyembuhkan dan menghilangkan komedo namun flek-flek hitam di wajah juga akan memudar. Lakukan secara rutin minimal sehari satu kali.

5. Putih Telur

Anda cukup memakai putih telurnya saja untuk pengobatan dan menghilangkan komedo, yang kuning terlurnya bisa digoreng belakangan :p . Caranya mudah kok, balurkan putih telur ke area wajah yang terdapat komedo hingga merata. Kami anjurkan menambahkan satu sendok madu untuk hasil yang lebih maksimal. Diamkan selama 30 menit. Lalu basuh dengan air hangat.

Itulah tadi kelima ulasan sipendik tentang Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Ada baiknya untuk memilih salah satu dari kelima pilihan di atas. Hasil yang baik tentunya dilakukan secara rutin. Sebaiknya jangan menunggu wajah atau hidung terkena komedo baru melakukan perawatan kulit. Lakukan hal di atas jika dalam keadaan terpaksa saja, maksudnya wajah sudah terlanjur berkomedo 😀 . Cara yang paling baik tentunya mencegah timbulnya komedo. Berikut ini tips-tips mencegah timbulnya komedo.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo

  • Membasuh wajah 2 kali sehari memakai pembersih minyak
  • Sebisa mungkin hindari rokok dan lingkungan berpolusi, memakai masker adalah sebuah pilihan bijak
  • Pakai make-up, lotion hingga pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak
  • Bersihkan sisa-sisa make-up menjelang tidur memakai air hangat
  • Sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan berminyak seperti makanan goreng dan fast food. Bagi penggemar cokelat, sebaiknya mulai sekarang mengurangi konsumsi cokelatnya. Cokelat bisa memicu timbulnya komedo.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung beta karoten. Untuk buah-buahan seperti pisang, jeruk, mangga, pepaya, blewah, semangka dan lain-lain. Sayuran seperti lobak, wortel, sayur sawi, bayam juga memiliki kandugan beta karoten yang tinggi
  • Hindari memencet atau meremas komedo yang timbul di wajah atau hidung. Hal tersebut bisa menimbulkan bekas luka dan bisa menyebabkan bakteri menyebar hingga menimbulkan komedo baru

Demikianlah artikel sipendik tentang Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami , semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila dalam kurun waktu tertentu komedo tidak kunjung hilang, sebaiknya berkonsultsi pada dokter spesial kulit untuk memperoleh perawatan lanjutan.

Baca juga artikel kami yang lain seputar tips kesehatan, kecantikan hingga artikel tentang peluang bisnis. Salam.

Tampilkan Komentar (1)