cara mengobati diabetes

Cara Mengobati Diabetes yang Benar dan Ampuh

Cara Mengobati Diabetes yang Benar dan Ampuh โ€“ Diabetes atau penyakit kencing manis, merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah cukup tinggi melebihi batas normal.

Meningkatnya kadar gula dalam darah dapat disebabkan karena sensitivitas hormon insulin dalam memecah glukosa mengalami gangguan. Apabila kondisi tersebut dibiarkan, nyawa penderita bisa melayang.

Sampai sekarang sebenarnya belum ada obat diabetes yang bisa menyembuhkan. Yang bisa kita lakukan sebagai penderita adalah dengan mengontrol kadar gula dalam darah agar tidak naik.

Dikutip dari berbagai portal kesehatan, berikut ini sipendik sajikan beberapa cara mengobati diabetes secara alami, yang tentunya aman dan mampu mengatur kadar gula dalam darah Anda.

Cara Mengatasi Diabetes yang Benar dan Tradisional

  1. Hindari makanan manis

Makanan manis merupakan salah satu penyebab munculnya diabetes, sebab makanan manis mampu meningkatkan kadar gula dalam darah. Bagi Anda penderita diabetes, hindari makanan-makanan manis sebisa mungkin.

Ada banyak sekali makanan manis yang wajib dihindari, pastikan makanan yang mengandung gula cukup tinggi. Seperti coklat manis, sirup manis, teh manis, dan lain sebagainya.

  1. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh Anda. Karena olahraga akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh bekerja secara maksimal.

Selain bermanfaat untuk merawat kesehatan, aktivitas fisik dalam olahraga juga cukup baik untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh kita.

Beberapa ahli berpendapat olahraga ringan seperti jogging, senam, dan yoga sangatlah baik untuk meningkatkan sensitivitas hormon insulin.

  1. Cukup istirahat, hindari bedagang

Cara menyembuhkan diabetes selanjutnya adalah dengan cukup istirahat. Tidur sangatlah penting untuk tubuh, tidak hanya untuk mengembalikan energi yang terbuang saja, tetapi tidur juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

Apabila biasanya Anda tidur setiap hari selama 6 jam atau bahkan kurang, silahkan tambah jatah tidur menjadi 8-10 jam setiap harinya. Selain memenuhi jatah tidur, Anda juga harus menghindari begadang. Sebab begadang akan membuat kadar gula dalam darah menjadi naik.

  1. Atur jadwal makan

Banyak sekali penderita diabetes yang tidak memperhatikan jadwal makan mereka, akibatnya kadar gula dalam darah meningkat cukup drastis. Terutama jika mereka juga memiliki riwayat obesitas (kegemukan).

Menurut sebuah ahli dari Universitas of Chicago Amerika Serikat, menghindari makan malam lebih dari jam 8 dan sarapan kurang dari jam 9 akan sangat baik untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Selain bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah, jadwal makan yang baik juga akan membuat Anda terhindar dari obesitas atau kegemukan akibat penimbunan lemak dan kalori berlebihan.

  1. Gunakan ramuan herbal

Memang saat ini telah banyak sekali obat-obatan yang mampu mengatasi penyakit diabetes, namun sebelum Anda mengonsumsi obat kimia tersebut lebih baik rawat terlebih dahulu dengan ramuan herbal.

Ada banyak sekali herbal alami yang berkhasiat mengobati diabetes. Herbal alami tersebut antara lain seperti daun salam, gingseng, lidah buaya, bawang putih, dan daun kemangi.

Anda bisa merebus herbal-herbal alami tersebut dan mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Namun sebelumnya, lebih baik tanyakan kepada dokter mengenai takaran/dosis yang pas untuk Anda.

Demikian sajian informasi singkat mengenai cara mengobati diabetes secara alami. Semoga informasi tips diatas dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi kesehatan bagi Anda, salam. ๐Ÿ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *