Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami

Sienddik.com – Gangguan pada gigi dan mulut yang sering terjadi salah satunya adalah pembengkakan gusi. Gusi merupakan suatu jaringan kokoh yang berwarna merah muda, terdapat pembuluh darah berukuran kecil dengan jumlah yang banyak, gusi ini menempel pada gigi serata membungkus tulang rahang atas dan bawah. Gusi yang mengalami pembengkakan tentu akan sangat mengganggu dan terasa sakit bahkan rasa sakitnya bisa sampai ke kepala. Sehingga gusi yang bengkak perlu penanganan yang cepat agar tidak menimbulkan rasa tidak nyaman. Nah, sebenarnya apa saja sih penyebab gusi bengkak ? Gusi yang bengkak umumnya disebabkan oleh menumpuknya plak atau karang gigi yang terbentuk saat proses makan dan minum sehingga plak mengandung banyak bakteri yang mengganggu kesehatan gusi, selain itu pembengkakan gusi juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus atau jamur, kekurangan vitamin C, kekurangan gizi, penggunaan gigi palsu atau perlengkapan gigi yang kurang tepat, penggunaan pasta gigi atau cairan untuk kumur, serta efek dari obat fenobarbital, dilantin, atau penghambat saluran kalsium. Jika Anda pernah mengalami pembekakan pada gusi dan sangat terganggu dengan keadaan yang demikian, Anda perlu mencoba cara mengatasi gusi bengkak dengan menggunakan bahan alami dan tentunya sangat mudah untuk dicoba. Kali ini sipendik akan memberikan informasi lengkap tentang cara mengobati gusi bengkak secara sederhana dengan menggunakan bahan alami. Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

  1. Air lemon

    Siapkan buah lemon segar, ambil ¼ bagian kemudian peras dan ambil airnya lalu tambahkan ½ gelas air hangat aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur – kumur, lakukan cara ini 2 kali dalam sehari secara rutin.

  2. Larutan garam

    Buatlah larutan garam dengan cara mencampurkan 1 sendok makan garam dengan 1 gelas belimbing air hangat. gunakan untuk berkumur – kumur dua kali dalam sehari

  3. Perbanyak minum air putih

    Usahakan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Dengan mengkonsumsi air putih yang cuku setiap hari dapat berguna dalam proses pembersihan gusi dan mulut, selain itu air putih juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti memperlancar pencernaan dan menyehatkan tubuh.

  4. Gunakan minyak cengkeh

    Siapkan minyak cengkeh lalu oleskan sedikit pada gusi yang bengkak. Oleskan 3 kali dalam sehari setelah atau sesudah makan.

  5. Pemijatan pada daerah pembengkakan gusi

    Lakukan pijat pada pipi di bagian gusi yang bengkak. Pijat secara perlahan – lahan dengan lembut. Lakukan gerakan memijat melingkar, jangan terlalu keras agar Anda tidak merasa kesakitan.

  6. Pergi ke dokter

    Jika langkah di atas dirasa kurang memberikan efek yang baik pada gusi, segera kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Itulah tadi cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Bahan – bahan yang digunakan umunya sangat sering kita jumpai sehingga untuk mendapatkan bahan bakunya tidaklah sulit. Sebelum terjadi pembengkakan gusi, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan untuk menghindari gusi bengkak seperti menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari yaitu setelah makan dan malam hari sebelum tidur, pilih bulu sikat yang lembut untuk menghindari adanya luka pada gusi, mengkonsumsi makanan dengan gizi imbang, hindari merokok, serta usahakan jangan terlalu stres.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *