Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Cara-Mengobati-Sariawan

Cara Mengobati Sariawan Dengan Mudah dan Cepat – Tidak bisa dipungkiri, sariawan merupakan gangguan kesehatan mulut yang sering diderita hampir setiap penduduk Indonesia. Munculnya sariawan salah satunya dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin C.

Sariawan sebenarnya bukanlah sebuah penyakit yang serius dan membahayakan, namun apabila sariawan dibiarkan akan menjadi sangat parah. Bahkan beberapa orang bisa mengalami kesulitas berbicara.

Untuk mengatasi sariawan ada banyak sekali cara yang bisa kita tempuh, mulai dari penggunaan produk tetes obat sariawan sampai dengan perawatan secara alami.

Bagi Anda yang ingin merawat secara alami, silahkan simak 5 cara mengobati sariawan dengan mudah dan alami dari sipendik berikut ini.

Cara Mengatasi Sariawan Dengan Cepat dan Mudah

  1. Garam dan baking soda

Garam dan baking soda merupakan dua bahan tradisional yang cukup baik untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda, termasuk salah satunya baik untuk mengobati sariawan pada mulut.

Caranya campurkan antara baking soda dan garam, tambahkan sedikit air sampai terbentuk semacam pasta. Kemudian gunakan pasta tersebut dengan cara menempelkan pada bagian sariawan.

  1. Air kepala

Air kepala mengandung senyawa elektrolit dan antibakterial yang cukup tinggi. Berkumur dengan air kepala dipercaya mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan yang sedang Anda alami.

Selain membantu menghilangkan sariawan secara alami, konsumsi air kepala secara rutin juga akan membantu menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh Anda.

  1. Kunyit

Kunyit terkenal sebagai rempah yang berguna untuk memberi warna masakan agar lebih menarik secara alami. Namun selain itu, kunyit ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi sariawan di mulut.

Caranya haluskan kunyit, lalu peras halusan tersebut sampai menghasilkan air berwarna kekuning-kuningan. Air inilah yang nantinya Anda gunakan sebagai obat tetes sariawan di mulut.

  1. Konsumsi jambu biji dan buah jeruk

Sariawan dapat muncul disebabkan salah satunya karena tubuh kekurangan asupan vitamin C. Untuk memenuhi vitamin tersebut Anda dapat memperbanyak konsumsi buah-buahan.

Dari banyaknya buah-buahan yang ada, kami sangat menyarankan Anda mengonsumsi jambu dan jeruk. Sebab dua jenis buah ini tergolong memiliki kadar vitamin C jauh lebih tinggi dari pada yang lainnya. Baik itu jambu merah, jambu biji, jambu putih, jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk limau, ataupun yang lainnya.

  1. Selalu rajin bersihkan gigi

Kebersihan gigi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Karena jika gigi kotor, maka akan menimbulkan berbagai macam masalah. Mulai dari gigi berlubang, gusi berdarah, sakit gigi, sampai dengan sariawan.

Anda dapat menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi setelah makan, baik itu setelah sarapan ataupun makan malam. Selain itu, menggunakan produk mounthwash juga akan membuat kesehatan mulut dan gigi Anda lebih terjamin.

  1. Konsumsi banyak air putih

Cara mengatasi sariawan yang terakhir adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Air mineral/putih sangatlah baik untuk kesehatan tubuh Anda, termasuk salah satunya kesehatan mulut dan gigi.

Dengan adanya keseimbangan cairan dalam tubuh, maka sariawan yang sedang Anda alami akan sembuh dengan sendirinya. Usahakan setiap hari Anda mengonsumsi lebih dari 10 gelas air putih.

Demikian sajian informasi seputar cara mengobati sariawan secara alami, mudah, dan cepat. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi perawatan bagi Anda. Selamat mencoba dan sampai jumpa. 🙂